Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Ratusan Bocah TK di Jember Belajar Manasik Haji di Ponpes

Ratusan Bocah TK di Jember Belajar Manasik Haji di Ponpes Para peserta yang merupakan siswa TK bersiap mengikuti simulasi manasik haji di Ponpes Riyadus Sholihien, Jember. (Foto: penanusantara.id/Ihya Ulumiddin)
JEMBER, PENA NUSANTARA - Sekitar tujuh ratusan siswa Taman Kanak-Kanak (TK) dari tiga kecamatan di Jember memenuhi kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Riyadus Sholihien di Jalan Patimura Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, Senin (4/9/2017). Ratusan bocah itu mengikuti Manasik Haji Kecil (MHK) yang didampingi para orang tua dan guru mereka masing-masing.

Ketua Panitia MHK 2017, Hanati menyampaikan, kegiatan yang dimulai sejak pukul tujuh pagi ini bertujuan untuk mengenalkan ritual ibadah haji sejak usia dini. Menurutnya, para peserta kali ini berasal dari Kecamatan Patrang, Sumbersari dan Kaliwates.

“Harapannya, kelak ketika mereka dewasa memiliki semangat untuk menunaikan Rukun Islam kelima, yakni melaksanakan ibadah haji,” ujarnya.

Senada dengan dia, Ketua Persatuan Guru Taman Kanak-kanak Muslimat Nahdlatul Ulama Kotib Jember, Umi Haroh menjelaskan, selain mengenalkan ritual ibadah haji kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk generasi yang cinta Allah dan rasulnya, serta mampu menumbuhkan semangat berhaji sejak dini.

Umi menambahkan, kegiatan keagamaan yang dilakukan dengan berpraktik langsung seperti ini, para peserta akan memiliki ingatan yang baik, sehingga di masa mendatang mereka dapat memiliki semangat untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Jember, Imam Bukhori meminta, agar kegiatan MHK tersebut rutin dilaksanakan oleh siswa TK. Karena menurutnya, mereka merupakan penerus bangsa, yang dari pundak merekalah kamajuan bangsa dan daerah ditentukan.

“Oleh karena itu penanaman ilmu agama dan juga praktik di lapangan akan mampu membentuk jiwa Islami yang kuat,” tuturnya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari salah satu orang tua siswa yang mengikuti MHK tersebut. Pria bernama Muklis ini mengungkapkan, adanya kegiatan MHK itu dinilainya dapat memberikan semangat sejak dini serta ilmu pengetahuan baru, utamanya tentang tata cara beribadah haji.

“Saya pribadi sangat mendukung kegiatan MHK ini, agar anak saya memiliki semangat beribadah haji sejak kecil. Selain itu, juga agar tahu tata cara pelaksanaan ibadah haji di masa depan,” pungkasnya. (*)


Seorang TNI di Jember Terpilih Jadi Kades
Jumat, 20-09-2019 - 22:00:00

Seorang TNI di Jember Terpilih Jadi Kades

JEMBER, PENA NUSANTARA - Sutejo. Anggota TNI dari satuan Kodim 0824 Jember ini mengajukan pensiun lebih awal. Bukan tanpa alasan. . . .
Citizen Reporter | 119 Kali dibaca
Atasi Stunting di Jember Bhayangkari Luncurkan Si CAnTing
Jumat, 16-08-2019 - 13:00:00

Atasi Stunting di Jember Bhayangkari Luncurkan Si CAnTing

JEMBER, PENA NUSANTARA – . . .
Headline | 268 Kali dibaca
Belasan Alumni SMA 3 Jember Bagikan Ratusan Nasi Bungkus di Liposos
Senin, 20-05-2019 - 07:00:00

Belasan Alumni SMA 3 Jember Bagikan Ratusan Nasi Bungkus di Liposos

JEMBER, PENA NUSANTARA - Bulan Ramadhan menjadi ajang untuk berlomba-lomba menabur kebaikan. Berbagi dengan sesama menjadi satu sarananya. Seperti yang . . .
Headline | 169 Kali dibaca
Aksi Ratusan Santri di Jember Mengecam Fadli Zon
Minggu, 10-02-2019 - 14:00:00

Aksi Ratusan Santri di Jember Mengecam Fadli Zon

JEMBER, PENA NUSANTARA - Sebuah puisi karya Fadli Zon memantik reaksi keras dari kalangan umat islam di Indonesia. Bahkan, di . . .
Headline | 436 Kali dibaca
Top