Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Bupati Faida Dukung Pengembangan Industri Kreatif Jember

Bupati Faida Dukung Pengembangan Industri Kreatif Jember Bupati Faida, menunjukkan salah satu desain batik khas Jember, di Griya Batik Notohadinegoro. (Foto: Ist)
JEMBER, PENA NUSANTARA – Pemerintah Kabupaten Jember, terus mendukung pengembagan industri kreatif di wilayah setempat, salah satunya adalah industri batik lokal Jember. Karena hal itu, merupakan program ke 19 dari 22 Program Kerja Pemkab Jember di bawah pemerintahan Bupati dr Hj Faida, MMR dan Wakil Bupati Jember, Drs Abdul Muqit Arief.

Menurut Faida, Jember mempunyai potensi batik yang luar biasa. Karyanya tidak hanya memenuhi pasar lokal dan nasional, tetapi sudah memenuhi pasar internasional. Berbagai motif khas Jember menghiasi dalam batik tersebut. Desainnya juga selalu ada yang baru dan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Perhatian luar biasa terhadap karya batik Jember ditunjukkan Bupati Faida saat mengunjungi salah Galeri Batik Notohadinegoro di wilayah Kelurahan Wirolegi, Kecamatan Sumbersari.

“Pasar batik Jember sudah di kenal hingga luar negeri. Dan Batik Notohadinegoro merupakan salah satu galeri batik, selain itu juga ada Batik Rolla, Batik Prolltape, Batik Sumberjambe, Batik Balung, Wuluhan, hingga Muse 331 serta batik khas Jember lainnya,” ujar dia.

Bupati yang pernah meraih penghargaan Satya Lencana dari Presiden RI ini menambahkan, pihaknya selalu berupaya mendukung pengembangan industri kreatif dari lokal Jember seperti batik dan juga industri kreatif lainnya, karena di Jember juga dikenal sebagai sentra industri kreatif seperti manik-manik serta alat musik tradisional: Jimbe.

“Industri kreatif dari masyarakat haruslah mendapat dukungan pemerintah agar mampu menunjang ekonomi rakyat dan mendukung pariwisata daerah yang ada. Hal ini tak lepas dari 22 program kerja Pemkab Jember,” imbuhnya, menjelaskan.

Untuk itu Faida berharap, seluruh elemen masyarakat dapat mendukung pengembangan industri kreatif yang ada di Kabupaten Jember. Pemerintah juga terus berupaya membantu industri kreatif yang ada dengan mengikutsertakan pameran, memberikan pembinaan serta bantuan lainnya. 

Rencananya, Batik Notohadinegoro akan mewakili Jember pada 8 Oktober mendatang pada pameran dan show di Makassar dengan tema Dewi Rengganis. (*)


Ajari Berbisnis Vian Dorong Santri Masa Kini Kembangkan Ekonomi Kreatif
Sabtu, 25-01-2020 - 23:40:00

Ajari Berbisnis Vian Dorong Santri Masa Kini Kembangkan Ekonomi Kreatif

JEMBER, PENA NUSANTARA - Di era sekarang ini, bicara pondok pesantren sudah tidak melulu soal pendidikan agama. Beragam inovasi sesuai . . .
Citizen Reporter | 424 Kali dibaca
Bupati Faida Sebut Potensi Tahu dan Tempe Sebagai Destinasi Wisata Baru
Sabtu, 06-07-2019 - 20:00:00

Bupati Faida Sebut Potensi Tahu dan Tempe Sebagai Destinasi Wisata Baru

JEMBER, PENA NUSANTARA – . . .
Headline | 128 Kali dibaca
Mayat Janda Ditemukan Mengambang di Sungai Bondoyudo Jember
Selasa, 25-06-2019 - 15:20:00

Mayat Janda Ditemukan Mengambang di Sungai Bondoyudo Jember

JEMBER, PENA NUSANTARA - Sesosok mayat perempuan ditemukan warga di aliran Sungai Bondoyudo di Dusun Semboro Lor Desa Semboro Kecamatan . . .
Headline | 555 Kali dibaca
Bupati Faida Puji SMP 2 Jember, Kenapa?
Sabtu, 02-03-2019 - 22:00:00

Bupati Faida Puji SMP 2 Jember, Kenapa?

JEMBER, PENA NUSANTARA - SMP 2 Jember menghelat lomba bernama Spada Competition XIV 2019. Siapa nyana, kegiatan ini dihadiri Bupati . . .
Headline | 431 Kali dibaca
Top