Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Jember Jadi Tuan Rumah Pemetaan Kompetensi Jabatan Pelaksana

Jember Jadi Tuan Rumah Pemetaan Kompetensi Jabatan Pelaksana Wilayah Kerja Kantor Regional II BKN Surabaya Gelar Pemetaan Kompetensi Jabatan Pelaksana di Pendapa Kabupaten Jember
JEMBER, PENA NUSANTARA - Kabupaten Jember menjadi tuan rumah Pemetaan Kompetensi Jabatan Pelaksana Berbasis CAT atau Computer Assisted Test Wilayah Kerja Kantor Regional II BKN Surabaya. Acara yang diikuti oleh Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Jember ini diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara di Pendapa Wahyawibawagraha, Selasa (25/9). 

Bupati Jember dr Faida MMR saat sambutan menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah pusat yang telah memilih Jember sebagai tempat pemetaan kompetensi bagi 3 kota kabupaten. 

"Pemetaan kompetensi ini merupakan kesempatan emas. Tanpa penilaian dan pemetaan tidak akan menghasilkan kinerja yang baik," tuturnya, di depan Kepala Kantor Regional II BKN Surabaya Tauchid Djatmiko SH.MSi dan Kepala BKPSDM Kota Probolinggo Drs. Rachma Deta Antariksa.

Saat ini, kata bupati, masih ada pejabat eselon yang belum menempati posisi jabatan. Pemetaan diberikan untuk aparatur sipil negara dengan eselon 3A, 3B, 3C, dan 3D, serta eselon 4A yang belum menduduki jabatan struktural tapi bukan juga fungsional.

Dia mengaku, akan memilih sendiri siapa saja yang akan memimpin berdasarkan PUPNS (Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil). Pada tahap-tahap berikutnya, semua dapat kesempatan penilaian dan peserta dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Karena namanya uji kompetensi bukan dengan penerawangan tapi perlu dengan seleksi yang profesional," katanya. 

Sementara, Tauchid Djatmiko memaparkan, pemetaan ini bertujuan mengetahui peta kompetensi pelaksana karena isunya, pelaksana menjadi beban birokrasi. 

Tauchid mengharapkan, pemetaan ini mendapat kesimpulan yang tidak benar bahwa, pelaksana menjadi beban birokrasi. "Karena selama ini birokrasi tanpa pelaksana lumpuh juga," ujarnya. 

Untuk diketahui, pelaksanaan kompetensi memiliki kuota 7500 pegawai pelaksana. Kuota akan dibagi ke 39 instansi di wilayah Jawa Timur yang pelaksanaannya diantaranya di wilayah Madura dan Lamongan. 

Tauchid mengatakan, penyebaran pelaksanaan pemetaan kompetensi ini, juga menjadi salah satu ajang uji coba atau gladi kotor pelaksanaan CPNS nanti. Dengan adanya peta kompetensi pelaksanaan ini, dapat menjadi dasar dalam program-program kepegawaian, di antaranya pengembangan kompetensi, pengembangan karir dan penempatan pegawai dengan tepat. 

Tauchid menyampaikan, peta kompetensi sangat diperlukan dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, ada dua kata kunci tentang pemerintahan yaitu efektif, efektif menentukan kebijakan-kebijakan dan efisien, efisien menggunakan anggaran serta waktu dan sebagainya.


Dosen Unmuh Jember Jadi Korban Laka Kereta Jaya Baya vs L300
Rabu, 09-01-2019 - 20:00:00

Dosen Unmuh Jember Jadi Korban Laka Kereta Jaya Baya vs L300

JEMBER, PENA NUSANTARA - Peristiwa kecelakaan maut yang melibatkan Mitsubishi L300 dengan Kereta Api Jaya Baya di Beji Pasuruan, Rabu . . .
Headline | 226 Kali dibaca
Jember Makin Ramai Destinasi Wisata
Sabtu, 15-12-2018 - 15:00:00

Jember Makin Ramai Destinasi Wisata

JEMBER, PENA NUSANTARA - Pengelola tempat wisata dituntut untuk mampu menciptakan beragam inovasi agar objek wisata yang dikelolanya menarik minat . . .
Headline | 384 Kali dibaca
Aplikasi Siskeudes Hadir untuk Permudah Pengelolaan Keuangan Desa
Rabu, 12-12-2018 - 12:00:00

Aplikasi Siskeudes Hadir untuk Permudah Pengelolaan Keuangan Desa

JEMBER, PENA NUSANTARA - Sebanyak 28 TFK dan Pendamping Desa se-Kabupaten Jember mengikuti workshop digelar di Gedung serbaguna, Hotel . . .
Citizen Reporter | 67 Kali dibaca
Berkat JFC Jember Jadi Tuan Rumah Raker dan Seminar Nasional AIPNEMA 2018
Selasa, 27-11-2018 - 23:40:00

Berkat JFC Jember Jadi Tuan Rumah Raker dan Seminar Nasional AIPNEMA 2018

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kabupaten Jember terpilih menjadi tuan rumah Rapat Kerja Tahunan dan Seminar Nasional Asosiasi Institusi Pendidikan Ners . . .
Headline | 77 Kali dibaca
Top