Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Berkat JFC Jember Jadi Tuan Rumah Raker dan Seminar Nasional AIPNEMA 2018

Berkat JFC Jember Jadi Tuan Rumah Raker dan Seminar Nasional AIPNEMA 2018 Bupati Jember dr Faida MMR dan Ketua AIPNEMA Edi Susanto
JEMBER, PENA NUSANTARA - Kabupaten Jember terpilih menjadi tuan rumah Rapat Kerja Tahunan dan Seminar Nasional Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Muhammadiyah Aisyiyah (AIPNEMA) se-Indonesia Tahun 2018. Alasannya, karena Jember memiliki keunikan yang khas yaitu Jember Fashion Carnaval (JFC).

Ketua AIPNEMA Seluruh Indonesia H. Edi Susanto mengatakan, pihaknya berkomunikasi secara intensif dan menawarkan alternatif-alternatif tempat kepada anggotanya se Indonesia. Namun, semuanya bersepakat tahun ini diselenggarakan di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Terkait dengan tempat, kami mencoba menawarkan kepada 47 AIPNEMA seluruh Indonesia, karena sebelum ini dilakukan di Luar Jawa, kemudian mayoritas memilih Jember untuk tahun 2018 ini karena JFC yang dikenal di Indonesia bahkan di dunia," ujarnya Selasa, (27/11) di Pendopo Wahyawibawagraha Jember.

AIPNEMA bergerak dalam bidang pendidikan keperawatan. Sehingga, kata dia, diperlukan adanya sinergitas secara kelembagaan antara pendidikan ners dengan masyarakat untuk mewujudkan peningkatan derajat kesehatan yang selama ini nyatanya banyak terjadi disparitas.

"Sumbangsih kami sebenarnya bagaimana kita bisa mencetak perawat profesional yang mampu memberikan pelayanan terbaik di masyarakat. Sehingga, akan mengurangi angka atau jumlah kesakitan. Karena orang akan datang sebelumsakit parah, mungkin dengan promosi kesehatan akan mengurangi angka kesakitan itu," imbuhnya.

Sementara Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR menjelaskan, Jember merupakan daerah yang memiliki banyak perguruan tinggi negeri dan swasta. Sehingga, potensinya sangat cocok untuk pengembangan wisata edukasi dan Raker Tahunan dan Seminar Nasional AIPNEMA salah satu bentuknya.

"Sinergi dan komunikasi kita dengan rektor Unmuh Jember, menjadikan Jember sebagai tuan rumah acara AIPNEMA se-Indonesia. Ini satu kekuatan yang besar, oleh karenanya sebuah kehormatan Jember bisa diambil menjadi tuan rumah," kata Bupati Faida.

Dia menambahkan, bahwa yang mengikuti event tersebut berasal dari lintas kabupaten/kota dan provinsi. Bahkan, salah satu peserta terjauh itu berasal dari Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Faida menginginkan agar forum tersebut mampu menghasilkan rumusan tentang pengembangan SDM kesehatan.

"Kami ingin pertemuan ini menjadi sharing-sharing dan sinergi bahwa sejatinya keperawatan ini potensinya luar biasa untuk membantu pemerintah bagi problem kesehatan. Maka kami memberikan masukan-masukan program praktek komunitas dan praktek lapangan. Seyogyanya, memilih tema ini sesuai dengan masalah kesehatan di daerah. Contohnya  masalah tingginya angka kematian ibu dan bayi," pungkasnya.


Dosen Unmuh Jember Jadi Korban Laka Kereta Jaya Baya vs L300
Rabu, 09-01-2019 - 20:00:00

Dosen Unmuh Jember Jadi Korban Laka Kereta Jaya Baya vs L300

JEMBER, PENA NUSANTARA - Peristiwa kecelakaan maut yang melibatkan Mitsubishi L300 dengan Kereta Api Jaya Baya di Beji Pasuruan, Rabu . . .
Headline | 227 Kali dibaca
PT. KAI Daop 9 Jember Eksekusi Belasan Rumah Warga di Sekitar Stasiun
Kamis, 06-12-2018 - 13:00:00

PT. KAI Daop 9 Jember Eksekusi Belasan Rumah Warga di Sekitar Stasiun

JEMBER, PENA NUSANTARA - Puluhan petugas dari Polres Jember, TNI, Satpol PP Pemkab Jember, dan security PT. KAI Daop 9 . . .
Headline | 135 Kali dibaca
Bupati Inhil Hadiri Rakornas Evaluasi P3MD 2018
Rabu, 14-11-2018 - 21:40:00

Bupati Inhil Hadiri Rakornas Evaluasi P3MD 2018

INHIL, PENA NUSANTARA - Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan menghadiri rapat koordinasi nasional Evaluasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa . . .
Headline | 73 Kali dibaca
Landasan Bandaranya Cocok, Jember Jadi Tuan Rumah Kejurnas Terbang Layang
Jumat, 26-10-2018 - 20:10:00

Landasan Bandaranya Cocok, Jember Jadi Tuan Rumah Kejurnas Terbang Layang

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kejuaraan Nasional Terbang Layang digelar di Jember mulai 26 - 31 Oktober 2018. Uji tanding yang . . .
Headline | 49 Kali dibaca
Top