Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Petani di Jember Bisa Bon Bibit dan Pupuk via Kartu Tani

Petani di Jember Bisa Bon Bibit dan Pupuk via Kartu Tani Bupati Faida bersama Tim Kementrian Pertanian Secara Simbolis Melakukan Tanam Padi Sebagai Penanda Dimulainya Gerakan Kawal Musim Tanam
JEMBER, PENA NUSANTARA - Menandai dimulainya Gerakan Mengawal Musim Tanam OKMAR 2018/2019, Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, beserta Direktur Pupuk dan Pestisida Kementerian Pertanian (Kementan RI) Dr. Ir. Muhrizal Sarwani, MSc dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melakukan penanaman padi secara simbolis di Desa Jatisari, Kecamatan Jenggawah.

“Kegiatan yang kita lakukan adalah untuk memberikan dukungan dan semangat kepada petani dengan gerakan padat karya tunai, gotong royong 200 orang bekerja secara bersama-sama. Ini semuanya kalangan petani dari wilayah setempat,” kata Bupati Faida, Rabu (5/12) siang.

Menurutnya, selain menyiapkan lahan untuk penanaman, juga dilakukan perbaikan irigasi guna menunjang suksesnya sektor petanian. Sehingga, hal itu menjadi suatu kegiatan sinergis.  

“Terimakasih kepada kementerian pertanian, ini menunjukkan bahwa pemerintah pusat memiliki kepedulian terhadap masyarakat dengan hadir di tengah-tengah masyarakat, khususnya para petani,” imbuhnya.

Bupati Faida senang dengan hadirnya Kementan ke Jember, bahkan dia menyebut pemerintah pusat tidak hanya kerja di kantor-kantor kementerian saja. Namun, hadir secara langsung ditengah-tengah masyarakat dengan Pemerintah Kabupaten Jember.

“Ini yang diinginkan masyarakat sebenarnya, langsung bekerja dengan lepas dasi sejahterakan rakyat. Tak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Jember mendukung program inklusi keuangan karena ini juga ada di RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) kita,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya akan mengembangkan lagi inklusi keuangan pertanian di Jember. Caranya dengan meninggalkan kebiasaan konvensional. Jadi, cara-cara cash harus diganti dengan pembayaran non-tunai.

“Kita lebih luaskan lagi inklusi keuangan untuk pertanian dan termasuk untuk pupuk ini sudah waktunya meninggalkan cara-cara cash, sudah harus non tunai karena ini jaman now dan tinggalkan cara keuangan petani yang jaman old,” tandasnya.

Dia menambahkan, bahwa pemerintah daerah akan menyiapkan lahan-lahan pertanian tambahan. Bersinergi dengan aparatur TNI untuk mengembangkan ekspor cokelat dan kopi. Bahkan, petani akan dibantu untuk ketersediaan bibit tanaman dan pelatihan-pelatihan pertanian.

“Sejatinya inti dari mengembangkan pertanian adalah dengan mengembangkan kualitas sumberdaya pertanian,” kata Faida.  

Sementara Direktur Pupuk dan Pestisida Kementrian Pertanian RI Muhrizal Sarwani menjelaskan, bahwa apa yang dilakukannya adalah bentuk kerjasama atau win-win solution antara pemerintah pusat dan daerah. Pihaknya juga mendorong agar petani dapat memanfaatkan adanya program kartu tani. 

“Kartu tani itu dibuat untuk menebus pupuk, kemudian berkembang. Didalam kartu tani ada Kredit Usaha Rakyat, itu diperbantukan sesuai lualasan lahannya. Jadi untuk membeli bibit ataupun pupuk, petani tinggal memanfaatkan kartu tani yang berbentuk bon-tunai,” katanya.

Selain itu, kata Muhrizal, untuk meningkatkan kesejahteraan petani, pemerintah tidak akan melakukan pembiaran begitu saja setelah terselenggaranya Gerakan Mengawal Musim Tanam OKMAR 2018/2019, karena mereka akan mengawalnya hingga akhir.

“Untuk pengawalan, ya sampai panen. Karena setelah panen itu mereka harus mengembalikan uang yang dipinjamnya melalui KUR itu,” pungkasnya.


Mulia, Varietas Kakao Terbaru dari Jember Disebut Bisa Tingkatkan Produksi Kakao Nasional
Selasa, 27-11-2018 - 20:00:00

Mulia, Varietas Kakao Terbaru dari Jember Disebut Bisa Tingkatkan Produksi Kakao Nasional

JEMBER, PENA NUSANTARA - Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslit Koka) Jember dipercaya menjadi tuan rumah Temu Lapang Koka 2018. . . .
Headline | 110 Kali dibaca
Pemkab Jember Diganjar Penghargaan Natamukti Karena UMKM
Jumat, 16-11-2018 - 12:00:00

Pemkab Jember Diganjar Penghargaan Natamukti Karena UMKM

JEMBER, PENA NUSANTARA - Pemerintah Kabupaten Jember dibawah kepemimpinan dr. Hj. Faida, MMR dan Drs. KH. A Muqit Arief terus . . .
Headline | 61 Kali dibaca
SPBU di Jember Terbakar, 1 Bus Hangus, Sopir Jadi Korban
Selasa, 06-11-2018 - 23:00:00

SPBU di Jember Terbakar, 1 Bus Hangus, Sopir Jadi Korban

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kebakaran hebat terjadi di SPBU Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember hari ini, Selasa (6/11) sekitar pukul . . .
Headline | 442 Kali dibaca
Bupati Faida Pastikan Jember Siap Laksanakan Tes CPNS untuk 5 Kabupaten Kota
Rabu, 24-10-2018 - 23:00:00

Bupati Faida Pastikan Jember Siap Laksanakan Tes CPNS untuk 5 Kabupaten Kota

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kabupaten Jember, akan menjadi tuan rumah pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk lima kabupaten, . . .
Headline | 195 Kali dibaca
Top