Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Kapolres Jember Redam Aksi Massa Penolak Tambang Blok Silo

Kapolres Jember Redam Aksi Massa Penolak Tambang Blok Silo Kapolres Jember Kawal Langsung Pengamanan Sejumlah Orang yang Diduga Akan Melakukan Eksplorasi Tambang
JEMBER, PENA NUSANTARA - Keberadaan tambang emas Blok Silo di Kecamatan Silo, Kabupaten Jember kembali memicu gejolak. Ratusan warga masyarakat Silo dari desa Pace dan desa sekitarnya melakukan penghadangan dan mengamankan sejumlah tamu tak diundang, Rabu (5/12). 

Warga menduga mereka akan melakukan eksplorasi tambang di sana. Kecurigaan itu semakin membuat warga yakin setelah para tamu asing itu melakukan pengukuran tanah.

Beruntung mereka tidak menjadi sasaran amukan massa setelah jajaran Polres Jember dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Kusworo Wibowo bisa sedikit meredam emosi warga. 

Gerak cepat kepolisian tidak terlepas dari informasi masyarakat setempat yang melaporkan tentang penghadangan oleh ratusan massa penolak tambang terhadap sejumlah orang yang ditengarai akan melakukan aktivitas penambangan.  

Turunnya langsung orang nomor satu di kepolisian Jember yang kerap  dielu-elukan massa ketika terjadi unjuk rasa ini rupanya bisa mendinginkan suasana.

Kusworo pun meminta warga agar tetap tenang dan memasrahkan semua kepada pihak kepolisian. Kendati demikian, para tamu asing itu mendapat pengawalan ketat dari polisi yang membawanya ke Mapolres untuk dimintai keterangan.

Belakangan diketahui, para tamu misterius itu adalah 2 orang staf Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur dan 3 orang Warga Negara Asing (WNA) sebagai investor.

Kepada wartawan Kapolres menyebut, kedatangan 2 staf ESDM dan  3  WNA  untuk melakukan survey lokasi. Ia menegaskan, warga silo tidak menginginkan adanya pertambangan di wilayah mereka. 

"Atas kejadian ini warga bisa melaporkan kepada Dinas ESDM Provinsi Jatim," tuturnya, di Mapolres. 

Salah satu staf Dinas ESDM Provinsi Jatim saat dikonfirmasi mengatakan, dirinya hanya melakukan survey saja tidak ada yang lain.

"Hanya mau lihat-lihat tidak melakukan penelitian," ujarnya. Dia pun mengakui sebelumnya tidak melakukan koordinasi dengan perangkat desa atau tokoh masyarakat setempat. 

Sementara itu, Taufiq Nurahmadi tokoh masyarakat di sana mengungkapkan, sejak SK Menteri ESDM tentang Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) mencantumkan wilayah Blok Silo, warga telah mendirikan posko dan memeriksa setiap warga yang tidak dikenal. Hal itu, katanya, sebagai antisipasi dan penegasan bahwa warga menolak segala bentuk pertambangan. 

Keluarnya Surat Keputusan Menteri ESDM No. 1802 K/30/MEM/2018 tentang WIUP dan Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus (WIUPK) periode 2018 rupanya menjadi magnet bagi investor untuk mengeruk hasil sumber daya alam di Kecamatan Silo, Jember. 

Padahal, jelas-jelas penolakan adanya aktivitas pertambangan di Blok Silo bukan hanya disuarakan oleh warga saja tapi juga oleh Bupati Jember, Faida. Bahkan, Bupati Faida secara langsung menyatakan penolakannya kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan di Jakarta, Kamis (20/9).


PMII Jember bersama Bupati Faida Sepakat Tolak Izin Tambang Emas Silo
Jumat, 07-12-2018 - 14:00:00

PMII Jember bersama Bupati Faida Sepakat Tolak Izin Tambang Emas Silo

JEMBER, PENA NUSANTARA - Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR dan seluruh kader PC PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) Jember . . .
Headline | 195 Kali dibaca
Silo Terusik, Faida Pastikan Tambang Blok Silo Tidak Akan Dilelang
Kamis, 06-12-2018 - 13:40:00

Silo Terusik, Faida Pastikan Tambang Blok Silo Tidak Akan Dilelang

JEMBER, PENA NUSANTARA - Tambang emas di Kecamatan Silo (Blok Silo), Kabupaten Jember kembali memanas. Itu terjadi setelah Kecamatan Silo . . .
Headline | 487 Kali dibaca
Kerjasama Polres Jember dan Front Pembela Islam, Seperti Ini Wujudnya!
Sabtu, 01-12-2018 - 18:00:00

Kerjasama Polres Jember dan Front Pembela Islam, Seperti Ini Wujudnya!

JEMBER, PENA NUSANTARA - Polres Jember kembali mengadakan bhakti sosial dengan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian sembako kepada masyarakat. . . .
Headline | 177 Kali dibaca
Kejari Jember Kirim Duta Ikuti Lomba Tingkat Provinsi
Selasa, 27-11-2018 - 20:00:00

Kejari Jember Kirim Duta Ikuti Lomba Tingkat Provinsi

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kejaksaan Negeri Jember mengadakan seleksi Lomba Pidato dan Cerdas Cermat setingkat SMP dan MTS se-Kabupaten Jember. . . .
Headline | 69 Kali dibaca
Top