Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Silo Terusik, Faida Pastikan Tambang Blok Silo Tidak Akan Dilelang

Silo Terusik, Faida Pastikan Tambang Blok Silo Tidak Akan Dilelang Bupati Jember, Faida memberikan keterangan kepada sejumlah media di Hotel Aston
JEMBER, PENA NUSANTARA - Tambang emas di Kecamatan Silo (Blok Silo), Kabupaten Jember kembali memanas. Itu terjadi setelah Kecamatan Silo didatangi Warga Negara Asing (WNA) dan beberapa oknum PNS Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, melakukan survey lokasi mengenai keberadaan tambang emas di sana. Kedatangan mereka sempat dihadang oleh warga setempat, bahkan, nyaris diamuk oleh massa penolak tambang.

Menanggapi hal itu, Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR mengatakan, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Karena baginya, hal tersebut menyangkut keinginan warga masyarakat Jember, khususnya warga Silo. 

"Tidak ada blok tambang Silo itu. Karena memang sampai sekarang belum dianulir. Namun saya pastikan, bahwa tidak akan ada pelelangan, karena bisa beroperasinya tambang diperlukan adanya suatu proses lelang," katanya, Kamis (6/12) di Hotel Aston.

Terkait proses lelang, lanjut Faida, pihaknya telah mendapatkan kepastian dari Dirjen Mineral dan Batubara Kementrian ESDM, bahwa proses lelang itu bisa berjalan dengan baik apabila melibatkan instansi ESDM yang ada di pusat, provinsi dan daerah. Meski untuk kewenangan pelelangan diberikan oleh pemerintah yang di provinsi yaitu gubernur.

"Saya yakin bahwa tidak akan bisa dijalankan proses lelang itu, kecuali ada sinergitas antara pusat, provinsi dan daerah. Dengan begitu, Pemkab Jember mengambil sikap, kami tetap berkomitmen karena masyarakat sendiri yang tidak menginginkan tambang di Silo," imbuhnya.

Dia menambahkan, Dirjen Mineral dan Batubara menyampaikan bahwa tidak ada yang bisa dilakukan oleh siapapun untuk saat ini. Termasuk kegiatan survey atau apapun itu, sebelum ada legal aspek yang jelas. 

"Jadi siapa pun yang datang, entah itu calon investor ataupun yang tertarik dengan tambang di Jember, ya kegiatan kunjungannya ibarat turis. Tidak bisa melakukan apapun, apalagi urusan tambang. Kita minta pemerintah pusat melalui rekomendasi Provinsi Jawa Timur untuk menganulir lampiran 4 (empat) tentang Blok Silo sebagai satu komitmen," pintanya.

Bupati Faida mengimbau kepada seluruh masyarakat Jember, khususnya warga Silo agar tetap kondusif. Karena Bupati dan Wakil Bupati Jember sudah satu suara dengan masyarakat, jangan sampai terjadi aksi kekerasan terhadap siapapun. Apalagi sampai ada korban jiwa.


Kapolres Jember Redam Aksi Massa Penolak Tambang Blok Silo
Rabu, 05-12-2018 - 18:20:00

Kapolres Jember Redam Aksi Massa Penolak Tambang Blok Silo

JEMBER, PENA NUSANTARA - Keberadaan tambang emas Blok Silo di Kecamatan Silo, Kabupaten Jember kembali memicu gejolak. Ratusan warga masyarakat . . .
Headline | 348 Kali dibaca
Bupati Faida Pastikan Jember Siap Laksanakan Tes CPNS untuk 5 Kabupaten Kota
Rabu, 24-10-2018 - 23:00:00

Bupati Faida Pastikan Jember Siap Laksanakan Tes CPNS untuk 5 Kabupaten Kota

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kabupaten Jember, akan menjadi tuan rumah pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk lima kabupaten, . . .
Headline | 195 Kali dibaca
Kembali, Bupati Faida Tegaskan Program Bantuan Tidak Boleh
Rabu, 03-10-2018 - 20:30:00

Kembali, Bupati Faida Tegaskan Program Bantuan Tidak Boleh 'Dibagi Roto'

JEMBER, PENA NUSANTARA - Bupati Jember dr Faida MMR melakukan kunjungan kerja ke Desa Gambiran, Kecamatan Kalisat, dan Desa Sukogidri, . . .
Headline | 100 Kali dibaca
BPD Tak Tanda Tangan, Pilkades Jerambang Dinilai Tidak Sah
Kamis, 07-12-2017 - 06:01:32

BPD Tak Tanda Tangan, Pilkades Jerambang Dinilai Tidak Sah

INDRAGIRI HILIR, PENA NUSANTARA – Pemilihan Kepala Desa Jerambang, Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, masih menyisakan masalah. Meski . . .
Pemerintahan | 350 Kali dibaca
Top