Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Bupati Jember Melalui Dipemasdes Lakukan Percepatan Penyaluran DD Tahap 3

Bupati Jember Melalui Dipemasdes Lakukan Percepatan Penyaluran DD Tahap 3 Kepala Dipemasdes Pemkab Jember Eko Heru Sunarso Memimpin Rapat Koordinasi
JEMBER, PENA NUSANTARA - Akhir November kemarin Dana Desa tahap 3 telah disalurkan dari rekening kas uang negara (RKUN) ke rekening kas uang daerah (RKUD) Kabupaten Jember.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dipemasdes) Pemkab Jember sebagai leading sektor pembangunan dan pemberdayaan desa didaerah pun mulai melakukan percepatan dalam penyaluran DD tahap 3 ke seluruh desa di Kabupaten Jember. 

Kepala Dipemasdes Ir. Eko Heru Sunarso dalam rapat koordinasi tingkat kabupaten bersama stakeholder terkait menyampaikan, upaya percepatan ini dilakukan atas instruksi langsung dari Bupati Jember Faida beberapa waktu lalu agar anggaran DD yang masih di RKUD untuk segera digelontorkan ke setiap desa melalui RKDes atau rekening kas desa.

Sebab, sesuai ketentuan dari pemerintah pusat bahwa anggaran RKUN setelah digulirkan ke RKUD dalam waktu paling lama 7 hari harus segera tersalurkan ke desa. 

"Saya selaku kepala dinas mendapat perintah langsung dari bupati agar segera menyalurkan anggaran tersebut secepat mungkin," ucap mantan Kepala Dinas Sosial yang memiliki quick respon terhadap permasalahan di desa ini, Jumat (7/12) siang.

Selain itu kata Heru, bupati juga menginginkan agar pembangunan di desa segera dilaksanakan sehingga kegiatan Sarpras maupun Non Sarpras segera bisa diselesaikan. Untuk sementara, pada pencairan DD tahap ketiga ini tidak semua desa kebagian anggaran, sesuai data ada lebih 20 desa yang belum menerima.

"Jumlah desa yang telah menerima penyaluran DD berdasarkan data yang kami miliki sudah mencapai lebih dari 50%. Saat ini DD tahap 3 sudah disalurkan di 198 desa dan yang belum direalisasikan hanya sekitar 28 desa saja," ungkap Heru.  

Dia berharap, dari sisa desa yang masih belum mendapatkan anggaran DD tahap 3 ini agar pendamping desa yang ada ikut memfasilitasi percepatan turunnya dana segar tersebut, agar progres penyaluran DD ini selesai dalam tempo waktu yang telah ditetapkan.

Sehingga, dalam sisa waktu ini bisa digunakan untuk melaksanakan kegiatan di desa secara serentak dan dapat terselesaikan tepat waktu sesuai harapan Bupati Jember.


Dosen Unmuh Jember Jadi Korban Laka Kereta Jaya Baya vs L300
Rabu, 09-01-2019 - 20:00:00

Dosen Unmuh Jember Jadi Korban Laka Kereta Jaya Baya vs L300

JEMBER, PENA NUSANTARA - Peristiwa kecelakaan maut yang melibatkan Mitsubishi L300 dengan Kereta Api Jaya Baya di Beji Pasuruan, Rabu . . .
Headline | 227 Kali dibaca
Bupati Inhil Lakukan Peninjauan di DPMD dan Disdik
Senin, 03-12-2018 - 14:00:00

Bupati Inhil Lakukan Peninjauan di DPMD dan Disdik

INHIL, PENA NUSANTARA - Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan meninjau 2 instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil. 2 instansi yang . . .
Headline | 37 Kali dibaca
BI Jember Dorong Pengembangan Perbankan Syariah Lewat ISEF
Minggu, 02-12-2018 - 22:00:00

BI Jember Dorong Pengembangan Perbankan Syariah Lewat ISEF

JEMBER, PENA NUSANTARA - Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR menghadiri acara Pameran Perbankan Syariah dan UMKM, Road to Indonesia . . .
Headline | 66 Kali dibaca
RTM di Gumukmas Jember Keluhkan Penyaluran Bantuan Ternak
Minggu, 25-11-2018 - 23:00:00

RTM di Gumukmas Jember Keluhkan Penyaluran Bantuan Ternak

JEMBER, PENA NUSANTARA - Berbagai cara telah dilakukan pemerintah pusat demi kesejahteraan rakyat. Banyak program diluncurkan oleh pemerintahan Jokowi melalui . . .
Headline | 244 Kali dibaca
Top