Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Pemdes Rowotamtu Salurkan Anggaran Ratusan Juta untuk RTSM

Pemdes Rowotamtu Salurkan Anggaran Ratusan Juta untuk RTSM Salah satu penerima bantuan jalin Matra membubuhkan tanda tangan absen hadir
JEMBER, PENA NUSANTARA - Pemerintah pusat pada tahun 2018 memiliki Program Jalin Matra, dimana anggaran pada program tersebut dialokasikan ke daerah pedesaan yang termasuk dalam kategori sangat membutuhkan. Anggaran Jalin Matra yang digulirkan ke desa ditujukan untuk rumah tangga miskin. 

Desa Rowotamtu, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, Jawa Timur menjadi salah satu desa yang menerima bantuan anggaran pusat tersebut. Kepala Desa Rowotamtu Sumali saat ditemui disela penyerahan bantuan Jalin Matra mengatakan, dirinya sangat bersyukur atas bantuan yang diterima masyarakat melalui pemerintah setempat.

Sebab dengan adanya bantuan tersebut masyarakat yang belum dapat bantuan dari anggaran DD bisa tercover melalui Jalin Matra. 

"Karena masih ada warga saya yang masih belum kebagian bantuan dikarenakan anggaran (DD) banyak saya alokasikan untuk (pembangunan) infrastruktur dan pengembangan BUMDes. Maka dari itu dengan adanya program tambahan ini warga yang belum tercover di anggaran DD bisa dapat melalui program Jalin Matra," ujarnya, di Balai Desa Rowotamtu, Selasa (11/12). 

Kades yang sudah menjabat selama 2 periode ini menuturkan, jumlah anggaran yang diterima oleh Pemdes Rowotamtu cukup besar mencapai ratusan juta rupiah. 

"Desa Rowotamtu mendapatkan bantuan program Jalin Matra sebesar 130.625.000 untuk 45 RTSM (Rumah tangga sangat membutuhkan) namun yang direalisasikan sebesar 112.500.000 dan sisanya untuk operasional, dan itu sudah menjadi ketentuan yang ada. Operasional tersebut untuk gaji pendamping yang dari desa dan honor bendahara juga diambilkan dari BOP (operasional) tersebut," imbuhnya. 

Adapun alokasi tersebut untuk setiap RTSM mendapatkan bantuan Rp. 2.500.000 dengan rincian Rp. 250.000 untuk sembako dan Rp 2.250.000 untuk modal usaha. Bantuan tersebut kata Sumali, bukan dalam bentuk uang atau cash melainkan berupa bantuan pembelian etalase untuk toko, becak untuk usaha, motor untuk ngojek, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Sumali berharap dengan adanya bantuan saat ini dapat memberdayakan masyarakat desa, karena terbantukan segala kebutuhannya yang saat ini menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari.


Bendahara Desa di Bondowoso Simpan Uang Negara Rp 10 Juta
Sabtu, 19-01-2019 - 16:30:00

Bendahara Desa di Bondowoso Simpan Uang Negara Rp 10 Juta

BONDOWOSO, PENA NUSANTARA - Inspektorat Daerah Kabupaten Bondowoso, tengah mempersiapkan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SisKeuDes) Online untuk memantau serapan Dana . . .
Headline | 69 Kali dibaca
Top