Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

303 Pemuda Ansor Jember ikuti Diklat Banser yang ke XXIX

303 Pemuda Ansor Jember ikuti Diklat Banser yang ke XXIX Ratusan Banser mengikuti Diklatsar di Lapangan Glantangan
JEMBER, PENA NUSANTARA - GP Ansor Jember menggelar Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Dasar (Diklatsar) Banser Angkatan XXlX  yang digelar selama tiga hari, mulai Jumat (14/12/2018) hingga Minggu (16/12/2018) di Lapangan Glantangan Tempurejo Jember.

Ketua GP Ansor Jember melalui Wakasatkoryon Banser Jember Mahfudi mengatakan, Diklatsar Banser Angkatan XXlX ini mendapat sambutan luar biasa. Animo kaum muda Nahdliyin untuk mengikutinya cukup tinggi.

"Jumlah pesertanya mencapai sekitar 303 orang. Kami benar-benar tidak menyangka jumlahnya akan sebesar itu," ujarnya, Sabtu (15/12).

Periode ini kata Mahfudi, dibilang sangat luar biasa bagi Banser sebab dari ratusan peserta tersebut tidak hanya diikuti kader dari 25 kecamatan di kabupaten Jember namun juga luar kabupaten dan provinsi, seperti Yogyakarta, Bangkalan dan Pamekasan Madura. 

"Dan para peserta ini dari berbagai macam kedudukan sebelum seperti dari unsur kepala desa, pendamping desa hingga para mahasiswa yang semangat membaranya juga ikut dalam pelatihan tersebut," jelasnya.

Hal itu menunjukkan, bahwa meskipun masyarakat Jember tergolong campuran dari ras dan bahasa tapi Islam kulturalnya masih cukup kuat.

Selain itu, lanjutnya, mengikuti pendidikan ini sangat penting terutama untuk mentransfer akidah ahlusunnah wal jamaah annahdiyah, sebagai benteng terhadap faham yang tidak menyepakati Pancasila dan NKRI sebagai kesepakatan final bangsa Indonesia.

Selama mengikuti Diklatsar, ratusan peserta akan digodok di tengah perkebunan , dengan diberi berbagai materi. Seperti materi tentang ke Ansor an, ke NU an, ke Aswaja an, ke Banser an, dan wawasan kebangsaan. 

Ditambah lagi, materi yang tak kalah pentingnya yakni Kamtibmas dan dasar lalu lintas, teknik pengamanan, tata upacara, dan sejumlah materi lapangan lainnya juga diberikan dengan pemateri dari pihak kepolisian Polres Jember dan Kodim 0824 Jember. 

"Kita ingin berbagai materi tersebut dapat menempa kader Banser yang militan, untuk mengawal Pancasila dan NKRI harga mati serta menjadi benteng NU dan para ulama," tegas Mahfudi.


4 Polsek di Jember Kini Telah Bersertifikat
Rabu, 21-11-2018 - 12:00:00

4 Polsek di Jember Kini Telah Bersertifikat

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menerima 4 sertifikat Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) dari Badan Pertanahan Nasional . . .
Headline | 107 Kali dibaca
Dengan Metode Assessment Bupati Jember Optimis Dapat Pejabat yang Tepat
Kamis, 15-11-2018 - 17:30:00

Dengan Metode Assessment Bupati Jember Optimis Dapat Pejabat yang Tepat

JEMBER, PENA NUSANTARA - Metode assessment center atau penilaian kompetensi, sangat penting untuk mengukur sejauh mana kompetensi yang dimiliki seseorang, . . .
Headline | 134 Kali dibaca
Baznas Jember Dirikan Posko Bantuan di Banyuwangi
Minggu, 24-06-2018 - 18:00:00

Baznas Jember Dirikan Posko Bantuan di Banyuwangi

JEMBER, PENA NUSANTARA - Banjir bandang yang menerjang ratusan rumah di Kabupaten Banyuwangi, Jumat (22/6) kemarin mengundang aksi kemanusiaan dari . . .
Headline | 268 Kali dibaca
Pemuda di Jember Gelapkan Motor Bermodus Tagih Utang
Kamis, 25-01-2018 - 16:17:48

Pemuda di Jember Gelapkan Motor Bermodus Tagih Utang

JEMBER PENA NUSANTARA - Ada-ada saja modus pelaku penggelapan yang terjadi di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Untuk mengelabui korbannya, pelaku . . .
Hukum Kriminal | 275 Kali dibaca
Top