Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Rapat Konsolidasi, PLD Kabupaten Jember Bahas RKTL 2019

Rapat Konsolidasi, PLD Kabupaten Jember Bahas RKTL 2019 Sejumlah Pendamping Desa Lokal Kabupaten Jember Mengadakan Rapat Koordinasi Internal
JEMBER, PENA NUSANTARA - Pendamping Lokal Desa Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa atau PLD P3MD menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Internal untuk mengevaluasi kinerja pendampingan di internal PLD selama setahun terakhir.

Rakoryang dilaksanakan di Cafe Gotong Royong Desa/Kecamatan Sukorambi pada Sabtu (15/12) itu membahas peningkatan kapasitas PLD dan Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) untuk 2019. 

Salah satu PLD dari Kecamatan Kencong, Rofik Efendi saat dikonfirmasi mengatakan Rakor Internal PLD adalah satu tonggak utama dalam sejarah perjalanan pengabdian PLD di Kabupaten Jember dalam menumbuhkan kristalisasi semangat untuk mewujudkan cita-cita menjadikan desa yang mandiri dan berdaulat. 

Rofik menjelaskan, sebagai tenaga pendamping profesional, PLD memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun bangsa karena punya tugas yang sangat mulia yaitu mendampingi desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa. 

"Kita ketahui bersama bahwa, pendampingan desa adalah kegiatan untuk melakukan tindakan pemberdayaan masyarakat melalui asistensi, pengorganisasian, pengarahan, dan fasilitasi desa yang mana merupakan amanat UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa," urainya, Minggu (16/12). 

Melalui Rakor Internal juga dijabarkan kunci untuk mencapai keberhasilan dalam membangun desa. Rofik menyatakan, PLD harus menyatukan tekad dan menggelorakan semangat untuk membangun bangsa dari desa demi mewujudkan desa yang kuat, maju, dan mandiri menuju masyarakat adil, makmur, dan sejahtera. 

Salah satu implementasi dari UU Desa adalah kebijakan Program Dana Desa yang merupakan salah satu Nawacita pemerintahan Jokowi-JK, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran.

Menurut Rofik, hasil pemanfaatan Dana Desa dalam 4 tahun terakhir salah satunya untuk membangun berbagai infrastruktur yang menunjang produktivitas dan kualitas hidup masyarakat. 

"Dana Desa yang diberikan pemerintah dapat mengatasi kemiskinan dan ketimpangan, menurunkan jumlah desa tertinggal, termasuk juga menangani stunting. Dan, keberhasilan Program Dana Desa tidak terlepas dari peran PLD untuk membebaskan desa dari kemiskinan dan mewujudkan kemandirian," tandasnya.


Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemkab Jember Sosialisasikan UU RI Nomor 7 2017
Kamis, 13-12-2018 - 17:00:00

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemkab Jember Sosialisasikan UU RI Nomor 7 2017

JEMBER, PENA NUSANTARA - Pemkab Jember melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) melaksanakan Sosialisasi Undang-undang Republik Indonesia Nomor 7 . . .
Headline | 177 Kali dibaca
Kerja Konkret, Bupati Faida Dukung SDGs di Kabupaten Jember
Kamis, 11-10-2018 - 17:00:00

Kerja Konkret, Bupati Faida Dukung SDGs di Kabupaten Jember

JEMBER, PENA NUSANTARA - Sustainable Development Goals (SDGs) adalah tujuan/program pembangunan berkelanjutan dimana terdapat 17 tujuan dengan 169 capaian yang . . .
Headline | 143 Kali dibaca
Terkait GTT dan PTT, Dispendik Jember Targetkan Selesai Juli 2018
Minggu, 24-06-2018 - 21:00:00

Terkait GTT dan PTT, Dispendik Jember Targetkan Selesai Juli 2018

JEMBER, PENA NUSANTARA - Plt Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Pemkab Jember Muhammad Ghozali menargetkan, apa yang dialami Guru Tidak Tetap . . .
Headline | 1121 Kali dibaca
Kabupaten Jember Raih Prestasi di Manado TII 2017
Selasa, 21-11-2017 - 17:35:01

Kabupaten Jember Raih Prestasi di Manado TII 2017

MANADO, PENA NUSANTARA - Kabupaten Jember yang merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur, dalam ajang pameran di berbagai . . .
Pemerintahan | 152 Kali dibaca
Top