Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Penjelasan Kasatlantas Jember Tentang Syarat Tes Kesehatan SIM

Penjelasan Kasatlantas Jember Tentang Syarat Tes Kesehatan SIM Pemohon SIM mendapatkan pengarahan dari petugas Satpas
JEMBER, PENA NUSANTARA - Tes kesehatan merupakan salah satu syarat mutlak selain ujian praktik dalam mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) baik perpanjangan maupun pembuatan SIM baru. Kendati demikian, pemohon SIM tidak bisa sembarangan memeriksakan kesehatannya dan melampirkan surat keterangan sehat dari dokter praktik atau Faskes sesuai keinginan mereka. 

Kasatlantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael menuturkan, surat sehat harus dikeluarkan oleh dokter yang memiliki kompetensi atau ahli di bidangnya. "Ada syarat surat kesehatan dari dokter, bisa didapatkan dari mana saja yang memiliki kompetensi di bidangnya," katanya saat dikonfirmasi, Sabtu (5/1). 

Namun, dia menjelaskan, tidak semua fasilitas kesehatan bisa dijadikan rujukan bagi pemohon untuk tes kesehatan dalam pembuatan SIM. Ketentuan ini sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkap) nomor 7/2012 tentang Surat Izin Mengemudi. Dalam implementasinya, hanya dokter yang sudah mendapat rekomendasi dari Kedokteran Kepolisian yang bisa mengeluarkan surat keterangan sehat. 

Edwin mengimbau, agar pemohon SIM melakukan cek kesehatan ke dokter/faskes yang telah direkomendasikan, hal ini untuk meminimalisir pengecekan yang asal-asalan atau tidak sesuai aturan. Sesuai Perkap 9 Tahun 2012 Pasal 35 poin 6 menyebutkan pemeriksaan kondisi kesehatan jasmani meliputi penglihatan, pendengaran, dan fisik atau jasmani dilakukan oleh dokter yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter. Sedangkan pada poin ke 7 menyebutkan, dokter sebagaimana yang dimaksud diatas harus mendapat rekomendasi dari Kedokteran Kepolisian. 

Dengan adanya rekomendasi, maka faskes akan mengikuti aturan kesehatan yang disesuaikan dengan syarat-syarat untuk mendapatkan SIM. Meski demikian, Edwin menegaskan, tidak juga ada penolakan atas lampiran surat keterangan sehat dari luar selama pemeriksaan lengkap dan memenuhi syarat atau sesuai Perkap. 

"Kalau (di) tempat lain yang lengkap pemeriksaannya yang sesuai dengan persyaratan (Perkap), maka tidak mungkin ada penolakan," terangnya.


Tekan Angka Kecelakaan Polres Jember Kampanyekan Keselamatan Berkendara
Minggu, 20-01-2019 - 15:00:00

Tekan Angka Kecelakaan Polres Jember Kampanyekan Keselamatan Berkendara

JEMBER, PENA NUSANTARA - Dari data yang dikeluarkan Korlantas Polri korban akibat kecelakaan lalu lintas didominasi oleh kalangan milenial. Alhasil, . . .
Headline | 82 Kali dibaca
Menyasar Kampus, Satlantas Polres Jember Beri Pemahaman Berlalulintas
Sabtu, 12-01-2019 - 22:00:00

Menyasar Kampus, Satlantas Polres Jember Beri Pemahaman Berlalulintas

JEMBER, PENA NUSANTARA - Unit Dikyasa Satlantas Polres Jember memberikan pelatihan tentang cara berlalulintas yang baik melalui Pendidikan masyarakat (Dikmas) . . .
Headline | 97 Kali dibaca
Cegah Laka di Perlintasan KA, Satlantas Polres Jember Cek EWS di Beberapa Lokasi
Jumat, 04-01-2019 - 18:40:00

Cegah Laka di Perlintasan KA, Satlantas Polres Jember Cek EWS di Beberapa Lokasi

JEMBER, PENA NUSANTARA - Satlantas Polres Jember bersama Dinas Perhubungan Pemkab Jember melakukan survey lapangan di beberapa tempat, Jumat (4/01). . . .
Headline | 101 Kali dibaca
Perkuat Nilai Pancasila di Masyarakat Bakesbangpol Jember Gelar Sarasehan Pancasila
Rabu, 12-12-2018 - 13:00:00

Perkuat Nilai Pancasila di Masyarakat Bakesbangpol Jember Gelar Sarasehan Pancasila

JEMBER, PENA NUSANTARA - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Jember menggelar Sarasehan Pancasila, mengangkat tema "Wujudkan Pancasila Sebagai Landasan . . .
Headline | 126 Kali dibaca
Top