Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Sekti Jember Dorong Pembentukan Gugus Tugas Reforma Agraria

Sekti Jember Dorong Pembentukan Gugus Tugas Reforma Agraria Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo Foto Bersama SEKTI Jember
JEMBER, PENA NUSANTARA - Dewasa ini, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo kerap menggelar  Cangkrukan Bermutu (Cerutu) atau kongkow-kongkow bareng warga masyarakat. Tergres, pada Sabtu (5/1) malam di kediamannya, Kusworo menggelar kegiatan yang sama dengan mengundang 10 pimpinan wilayah Serikat Tani Independen (Sekti) Jember.

Di depan tamu yang hadir Kusworo menyampaikan, aparat kepolisian bertanggung jawab atas terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat. Salah satu kewenangannya adalah menerima laporan keluhan dan kritikan.

"Kami menaruh harapan kepada teman-teman Serikat Tani Independen untuk bisa menjaga kondusifitas wilayahnya masing-masing desa, jangan sampai terjadi konflik sosial dan komunal. Jika ada aspirasi-aspirasi yang ingin disampaikan, bisa melalui mekanisme yang berlaku sesuai dengan peraturan perundang-undangan," jelas dia di rumah dinasnya.

Tak hanya itu, seandainya ada sengketa-sengketa atau terdapat kasus di masyarakat, Kusworo berharap untuk tidak nekat main hakim sendiri, sehingga melanggar hak asasi manusia. Karena semua sudah ada jalur hukumnya yang diundangkan oleh pemerintah.

Dari pertemuan malam itu muncul salah satu kesepakatan bersama yaitu mendorong terbentuknya Gugus Tugas Reforma Agraria. Kendati demikian, kata Kusworo, tentu hal ini masih perlu dikomunikasikan lebih lanjut. 

"Agar bisa bekerja lebih efektif agar masing-masing menjadi jelas mana bidang tanah yang  HGU dan milik masyarakat, sehingga bisa lebih tegas dengan adanya pembagian pembagian wilayah sesuai dengan kepentingan masing-masing," tegasnya.

Sementara Plt Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jember, Taufik Hariyanto menjelaskan, inisiatif tentang Gugus Tugas Reforma Agraria harus melalui mekanisme dan ketentuan yang sudah diatur, yaitu di tingkat kabupaten membentuk tim terlebih dahulu.

"Kami insyaallah mendukung penuh harapan dan keinginan para anggota Sekti dan masyarakat pada umumnya dengan jalur yang ada dan sesuai aturan," janjinya .

Untuk itu, sambung Taufik, harus segera dibentuk Gugus Tugas Reforma Agraria, sebagai wadah untuk membahas persoalan petani, perhutani dan perkebunan ataupun PTP, sebagai ketua itu Bupati, Sekda, dan melibatkan perwakilan dari petani itu sendiri.

"Berikan kami waktu untuk bisa menghadap ke bupati, untuk menjelaskan tentang pentingnya Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Jember. BPN hanya sebagai pelaksana tugas harian di lapangan, bagaimana pun, bupati merupakan kepala daerah yang sebagai ketua tim," pungkasnya.


BI Jember Dorong Pengembangan Perbankan Syariah Lewat ISEF
Minggu, 02-12-2018 - 22:00:00

BI Jember Dorong Pengembangan Perbankan Syariah Lewat ISEF

JEMBER, PENA NUSANTARA - Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR menghadiri acara Pameran Perbankan Syariah dan UMKM, Road to Indonesia . . .
Headline | 66 Kali dibaca
Atlet Difabel Jember Borong 8 Medali di Turnamen Pekan Paperda ke-VI Jatim
Minggu, 25-11-2018 - 14:00:00

Atlet Difabel Jember Borong 8 Medali di Turnamen Pekan Paperda ke-VI Jatim

JEMBER, PENA NUSANTARA - Para atlet difabel andalan Kabupaten Jember yang diberangkatkan ke Turnamen Pekan Paperda ke-VI Jawa Timur di . . .
Headline | 81 Kali dibaca
Bupati Jember Ingatkan Pelaku Usaha Tidak Telat Bayar Pajak
Senin, 19-11-2018 - 20:00:00

Bupati Jember Ingatkan Pelaku Usaha Tidak Telat Bayar Pajak

JEMBER, PENA NUSANTARA - Sebanyak 684 sertifikat surat izin telah diberikan kepada 231 pemohon perizinan, oleh Bupati Jember dr Faida . . .
Headline | 164 Kali dibaca
Pemkab Jember Kawal Rekrutmen Ratusan Karyawan Transmart
Senin, 06-08-2018 - 16:00:00

Pemkab Jember Kawal Rekrutmen Ratusan Karyawan Transmart

JEMBER, PENA NUSANTARA - Hari pertama pendaftaran penerimaan karyawan Transmart Jember diserbu oleh ratusan pekerja yang didominasi oleh warga Jember . . .
Headline | 483 Kali dibaca
Top