Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Kades dan Perangkat Dalami Pengetahuan Tentang Pengelolaan Keuangan Desa

Kades dan Perangkat Dalami Pengetahuan Tentang Pengelolaan Keuangan Desa Foto : Umam
JEMBER, PENA NUSANTARA - Sedikitnya 24 perangkat dan kepala desa serta operator dari Desa Semboro dan Desa Sidomekar mengikuti workshop yang digelar di Aula Desa Semboro, Sabtu (12/01). Dalam workshop ini para peserta dikenalkan dengan aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes) dengan versi terbaru yaitu 2.0.

Dian Pandu, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Semboro Jember mengatakan, bahwa aplikasi Siskeudes ini sebagai alat pengawasan internal Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Desa sendiri terhadap seluruh pemerintah desa di Indonesia dalam pengelolaan keuangan dan dana desa.

“Dengan aplikasi ini, aplikasi yang berbasis komputer dan online bisa dikendalikan masing-masing mulai dari penataan usaha dokumen-dokumennya, laporan-laporannya dengan aplikasi ini. Dan bisa langsung di monitor oleh kecamatan dan Pemkab Jember sendiri,” ujarnya.

Banyak desa-desa yang selama ini kurang tepat sasaran dalam penggunaan dana desa dan masih kurang efisien, dan kepala desanya kata Pandu, tidak tahu uanganya untuk apa. 

"Maka dengan adanya aplikasi ini mudah-mudahan anggaran dana desa bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," katanya.

“Harapannya dengan besarnya dana yang dikucurkan ke desa. Dan adanya aplikasi ini diharapkan akuntabilitasnya pertanggung jawabannya kepala desa dan yang mengelola keuangan bisa lebih baik,” ucap Pandu.


Aplikasi Siskeudes Hadir untuk Permudah Pengelolaan Keuangan Desa
Rabu, 12-12-2018 - 12:00:00

Aplikasi Siskeudes Hadir untuk Permudah Pengelolaan Keuangan Desa

JEMBER, PENA NUSANTARA - Sebanyak 28 TFK dan Pendamping Desa se-Kabupaten Jember mengikuti workshop digelar di Gedung serbaguna, Hotel . . .
Citizen Reporter | 67 Kali dibaca
Sekdes Dijadikan Persyaratan Mutlak Mencairkan Anggaran Desa
Selasa, 11-12-2018 - 17:25:00

Sekdes Dijadikan Persyaratan Mutlak Mencairkan Anggaran Desa

JEMBER, PENA NUSANTARA - Jabatan sekretaris desa memiliki peran yang cukup vital dalam pembangunan di suatu desa. Orang kedua setelah . . .
Citizen Reporter | 65 Kali dibaca
Kades Jubung: Siskeudes Penting Agar Pengelolaan Keuangan Desa Berjalan Baik
Senin, 03-12-2018 - 20:00:00

Kades Jubung: Siskeudes Penting Agar Pengelolaan Keuangan Desa Berjalan Baik

JEMBER, PENA NUSANTARA - Pemerintah terus mengembangkan kapasitas perangkat desa, salah satunya yaitu melalui pelatihan pengelolaan anggaran dengan aplikasi Sistem . . .
Headline | 185 Kali dibaca
Kementrian Desa Punya SIPEDE untuk Pengawasan Pengelolaan DD
Selasa, 02-10-2018 - 13:00:00

Kementrian Desa Punya SIPEDE untuk Pengawasan Pengelolaan DD

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kementerian Desa menyiapkan SIPEDE sebuah aplikasi berbasis online untuk pemantauan dan monitoring pengelola Dana Desa (DD) . . .
Citizen Reporter | 167 Kali dibaca
Top