Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Perkuat Sektor Pertanian Pemdes Tanggul Kulon Tanam Bunga Pengusir Hama

Perkuat Sektor Pertanian Pemdes Tanggul Kulon Tanam Bunga Pengusir Hama Foto : Istimewa
JEMBER, PENA NUSANTARA - Ada yang berbeda dalam kegiatan kerjabakti di sepanjang jalan area persawahan di Dusun Krajan, Desa Tanggul Kulon. Tidak hanya pemerintah desa dan petani setempat, TNI dari Yonif Raider 515/UTP, Dinas Pertanian Jember, dan Muspika Kecamatan Tanggul kompak membersihkan rumput liar di bahu sungai Bondoyudo. Tujuannya, untuk menanam bunga berwarna-warni, mulai dari bunga kenikir, bunga matahari, dan lain-lain.

"Bunga-bunga ini ditanam bukannya tanpa alasan, bunga ini bisa mengusir hama pada tanaman padi," tutur Sujianto Petugas Pengamat Hama dan Penyakit Tanaman Kecamatan Tanggul. Selasa, (12/02).

Bunga ini dinamakan tanaman refugia. Memang fungsinya sebagai pengendali hama. Selain bisa mengusir hama, bunga  ini juga sedap dipandang mata. Bahkan, bisa juga dijadikan latar swafoto yang menarik.

"Tanaman refugia ini sebagai penarik serangga musuh alami dan serangga hama tanaman untuk tinggal di bunga-bunga ini," jelasnya.
Ia juga menjelaskan dengan adanya tanaman refugia ini diharapkan, populasi hama yang biasanya menyerang tanaman padi langsung menurun drastis.

"Setelah ditanami bunga-bunga ini mampu mengurangi hama tanaman padi, yang biasanya sering nyemprot pakai pestisida setelah ada tanaman refugia ini akan jarang menggunakannya," terangnya.

Menurutnya, perawatan tanaman refugia ini tergolong mudah, bibit yang didapat langsung disemai kemudian ditanam di pinggir jalan atau di pematang sawah. Sembari sesekali diberi pupuk dan disiram pasti tumbuh.

"Hasilnya akan sangat dirasakan petani," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tanggul Kulon Arifin Wahyuono mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas pihaknya dengan stakholder yang ada baik di tingkat kecamatan, Pemkab, Pemprov maupun pusat.

"Alhamdulillah, ini adalah bentuk sinergitas untuk membangun desa kami lebih sejahtera dan berketahanan pangan yang baik," tuturnya.
Refugia ini kata Kades Arifin, selain untuk keindahan juga berfungsi menghalau hama, hal ini akan sangat bermanfaat bagi petani di desanya.

"Jika hama berkurang penggunaan pestisida juga berkurang, diharapkan dengan cara ini petani akan tangguh menghadapi berbagai bentuk hama, juga menekan pengeluaran petani untuk pembelian obat pestisida. Akhirnya petani akan sejahterah, ketahanan pangan negara akan kuat," pungkasnya.


Kampung Sakinah ada di Tanggul Kulon, Warga Menyambut Gembira
Jumat, 12-07-2019 - 15:00:00

Kampung Sakinah ada di Tanggul Kulon, Warga Menyambut Gembira

JEMBER, PENA NUSANTARA - Program Kampung Binaan Keluarga Sakinah dari Kementerian Agama Kabupaten Jember, melalui KUA Tanggul bekerjasama dengan Muspika . . .
Headline | 130 Kali dibaca
Linmas Desa Tanggul Kulon Gelar Apel Siaga Pemilu
Jumat, 12-04-2019 - 13:00:00

Linmas Desa Tanggul Kulon Gelar Apel Siaga Pemilu

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kurang dari 5 hari lagi pemungutan suara Pilpres, Pileg dan DPD akan dilaksanakan. Satuan anggota Perlindungan . . .
Headline | 167 Kali dibaca
Musrenbang Desa Tanggul Kulon Fokuskan Pembangunan Infrastruktur
Jumat, 18-01-2019 - 16:10:00

Musrenbang Desa Tanggul Kulon Fokuskan Pembangunan Infrastruktur

JEMBER, PENA NUSANTARA - Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) Desa Tanggul Kulon Kecamatan Tanggul Tahun Anggaran 2018 dilaksanakan pada . . .
Headline | 257 Kali dibaca
Desa Wonoasri  Dapat Penghargaan Desa Tangguh Bencana dari Pemprov Jatim
Selasa, 16-10-2018 - 23:00:00

Desa Wonoasri Dapat Penghargaan Desa Tangguh Bencana dari Pemprov Jatim

JEMBER, PENA NUSANTARA - Satu desa dari Kabupaten Jember menciptakan prestasi luar biasa. Ya, Desa Wonoasri, Kecamatan Tempurejo kemarin dinobatkan . . .
Headline | 320 Kali dibaca
Top