Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Wartani Desak Pemkab Jember Jalankan Perpres No. 86 2018

Wartani Desak Pemkab Jember Jalankan Perpres No. 86 2018 Yateni (baju putih)

JEMBER, PENA NUSANTARA – Jokowi telah menandatangani Perpres Nomor 86 Tahun 2018. Namun, Wadah Aspirasi Warga Petani (Wartani) menilai pemerintah daerah Jember tidak begitu aktif dalam menjalankan amanat presiden tersebut. Wartani pun mendesak pemerintah daerah untuk aktif menyelesaikan sengketa tanah yang melibatkan petani di Curahnongko, Kecamatan Tempurejo.

“Kami mendorong pemerintah daerah untuk pro aktif dalam menyelesaikan masalah tanah antara petani Curahnongko dengan PTPN XII seluas 332 hektare,” tutur Ketua Wartani, Yateni saat jumpa pers di  Kaliwates, Sabtu (16/).

Yateni menyebut, pemerintah daerah cenderung pasif bahkan diam. Padahal kata dia, pemerintah daerah bisa bergerak dengan pedoman Perpres No 86 tersebut.

“Dengan adanya Perpres ini kami berharap pemerintah daerah yang menguasai daerah pro aktif karena dalam Perpres itu yang menjadi ketua tim adalah bupati. Jadi mau tidak mau harus pro aktif,” tandasnya.

Sejauh ini Yateni melihat tidak ada perkembangan yang dilakukan pemerintah daerah Jember dalam penyelesaian sengketa tanah. Oleh sebab itu, Wartani akan berkirim surat kepada Presiden Jokowi untuk menindaklanjuti dengan intervensinya agar bupati dan gubernur lebih pro aktif.

“Makanya kami (akan) berkirim surat ke presiden agar presiden mengingatkan ke pemerintah daerah agar pro aktif menyelesaikan kasus ini,” katanya.

Ke depannya, jika surat yang dikirmnya tidak mendapat tanggapan, Yateni berkoar Wartani akan berangkat ke Jakarta untuk menemui presiden secara langsung.

Yateni berharap, presiden bisa turun tangan langsung ke Curahnongko untuk membagikan sertifikat tanah kepada masyarakat seperti yang biasa ia lakukan di beberapa daerah di Indonesia. Menurutnya, dengan seperti itu di samping bisa menyelesaikan masalah, adanya sertifikat juga sebagai bentuk pengakuan secara hukum.



Warga Arjasa Jember Temukan Kerangka Tak Utuh
Minggu, 10-03-2019 - 20:00:00

Warga Arjasa Jember Temukan Kerangka Tak Utuh

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kerangka manusia yang tidak lengkap ditemukan oleh warga desa Kemuning Lor, Arjasa pada Sabtu (9/03/2019) kemarin . . .
Headline | 171 Kali dibaca
Harapan Besar Wabup Jember kepada BMT NU
Sabtu, 16-02-2019 - 20:00:00

Harapan Besar Wabup Jember kepada BMT NU

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kiprah Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Nahdlatul Ulama dalam membantu pelaku usaha kecil menengah mendapat apresiasi . . .
Headline | 148 Kali dibaca
Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemkab Jember Sosialisasikan UU RI Nomor 7 2017
Kamis, 13-12-2018 - 17:00:00

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemkab Jember Sosialisasikan UU RI Nomor 7 2017

JEMBER, PENA NUSANTARA - Pemkab Jember melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) melaksanakan Sosialisasi Undang-undang Republik Indonesia Nomor 7 . . .
Headline | 344 Kali dibaca
Percepat Proses Perizinan Pemkab Jember Siapkan Program OSS
Senin, 10-12-2018 - 16:00:00

Percepat Proses Perizinan Pemkab Jember Siapkan Program OSS

JEMBER, PENA NUSANTARA - Pemerintah Kabupaten Jember melakukan sosialisasi Online Single Submission (OSS) dan PP 24 Tahun 2018, di Aula . . .
Headline | 263 Kali dibaca
Top