Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Desa Kini Harus Gunakan Aplikasi Dalam Pengajuan Dana

Desa Kini Harus Gunakan Aplikasi Dalam Pengajuan Dana Jery Candra memberikan panduan kepada perangkat desa se-Kecamatan Mayang
JEMBER, PENA NUSANTARA - Pengajuan Dana Desa (DD) saat ini sudah menggunakan aplikasi online. Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) namanya. Pihak Desa menggunakan aplikasi tersebut untuk input kegiatan pada dokumen anggaran pendapatan dan belanja desa atau APBDes. 

Jery Candra salah satu Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) mengatakan, penggunaan aplikasi tersebut guna menertibkan administrasi yang ada. Semua desa di Jember telah menggunakan Siskeudes. Kata dia, aplikasi ini memudahkan para aparatur desa dalam melakukan pengajuan anggaran. 

"Semua desa di Kecamatan Mayang khususnya dalam pengajuan anggaran sudah siap menggunakan aplikasi Siskeudes," terangnya, saat memberikan materi panduan kepada seluruh desa di Kecamatan Mayang, Jumat (15/3) di aula kecamatan. 

Selain sudah berbasis online, fitur yang tersedia pada aplikasi ini rupanya juga memudahkan desa dalam pengelolaan keuangan secara tertib dan tertata. "Kelengkapan fitur yang berada di aplikasi tersebut sangat lengkap. Mulai dari pengelolaan keuangan, perencanaan serta buku pembantu pajak yang dikemas secara tematik," imbuh Jery.

Sri Minarni selaku Bendahara Desa Sumber Kejayan menyatakan, adanya aplikasi Siskeudes telah membantu dirinya sebagai pengelola keuangan seperti dalam melakukan pemungutan pajak PPN maupun PPH secara otomatis. 

"Saya merasa dimudahkan dalam hal perpajakan, sebab pemotongan pajak saat ini bisa dilakukan secara otomatis," ungkapnya. 

Sebagai seorang PDP, Jery Candra tidak sendiri dalam memberikan pendampingan kepada desa. Ada Muhammad Ervan dan Maimun sebagai Pendamping Lokal Desa (PLD).

Dalam kegiatannya memberikan panduan itu bendahara, sekretaris desa, serta operator desa se-Kecamatan Mayang terlihat kompak dalam menjalankan aplikasi Siskeudes.

"Penginputan tersebut untuk dijadikan sebuah persyaratan dalam pengajuan anggaran tahap pertama," katanya.


Cakades di Jember Dilaporkan ke Polisi Atas Dugaan Pencurian Kayu
Sabtu, 07-09-2019 - 13:00:00

Cakades di Jember Dilaporkan ke Polisi Atas Dugaan Pencurian Kayu

JEMBER, PENA NUSANTARA – Calon Kades (petahana) Rambigundam, Mangsur harus berurusan dengan kepolisian setelah dilaporkan . . .
Headline | 583 Kali dibaca
Jember Darurat Sampah, WCDI Siapkan Aksi Dalam Waktu Dekat
Rabu, 07-08-2019 - 18:00:00

Jember Darurat Sampah, WCDI Siapkan Aksi Dalam Waktu Dekat

JEMBER, PENA NUSANTARA - Seperti tak berujung, permasalahan sampah terus-menerus menjadi topik hangat yang selalu diperbincangkan. Berbagai upaya bahkan sudah . . .
Headline | 340 Kali dibaca
Cakades Harjomulyo Dilaporkan ke Polisi Atas Dugaan Pemalsuan Dokumen
Senin, 29-07-2019 - 21:00:00

Cakades Harjomulyo Dilaporkan ke Polisi Atas Dugaan Pemalsuan Dokumen

JEMBER, PENA NUSANTARA - Tensi pertarungan Pilkades di Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo sedikit memanas. Pasalnya, salah satu bakal calon kepala . . .
Headline | 671 Kali dibaca
Drainase Buruk Jalan Provinsi Kerap Tergenang Air
Selasa, 26-03-2019 - 12:10:00

Drainase Buruk Jalan Provinsi Kerap Tergenang Air

JEMBER, PENA NUSANTARA - Buruknya drainase di jalur Provinsi Jawa Timur yang menghubungkan Jember-Lumajang tepatnya di Desa Mojosari dan Desa . . .
Headline | 128 Kali dibaca
Top