Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

AWPI Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Bandar Lampung

AWPI Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Bandar Lampung UKW AWPI di Bandar Lampung
JEMBER, PENA NUSANTARA - Usianya masih sangat muda. Baru lahir pada 29  November 2014. Dibanding dengan saudara tuanya. Seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Jarak usia mereka terpaut jauh.

Meski masih baru sebagai wadah organisasi wartawan. Namun, Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) kini telah melebarkan sayapnya di beberapa provinsi. 

Terbaru, pada 1 April 2019 kemarin mereka menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Seperti organisasi kewartawanan lainnya UKW merupakan tolok ukur. Tujuannya, menciptakan jurnalis yang profesional dan berintegritas.

Bekerjasama sama dengan Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS), Dewan Pers, dan Media Harian Haluan Lampung AWPI menggelar UKW. Dilaksanakan selama 3 hari di Hotel Yunna Bandar Lampung. UKW AWPI mendapat atensi dari Dewan Pers. Terlihat, ada perwakilan Dewan Pers Ahmad Djauhar. Sosok penentu lulus tidaknya registrasi organisasi pers maupun media pers itu didapuk untuk memberikan sambutan. 

Kesuksesan AWPI dalam melaksanakan uji kompetensi mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Umum DPP AWPI, Raharjo. Usia memang masih seumur jagung. Tetapi kesuksesan menggelar UKW patut diacungi jempol. Hal ini kata Raharjo, bisa menjadi motivasi bagi AWPI wilayah lain. Terutama untuk Jawa Timur. Jika memungkinkan kata dia, di Jawa Timur akan diadakan juga UKW. Menurutnya, UKW bagi wartawan sangat penting. 

"Wartawan baru bisa disebut wartawan jika sudah lulus UKW. Lewat UKW kita bisa menciptakan wartawan yang benar berkompeten dan berintegritas," tutur Owner Media Pena Nusantara. 

Kendati demikian, Raharjo tidak mengesampingkan wartawan tanpa UKW. Banyak yang berkompeten menurutnya, namun belum beruntung. Tidak bisa mengikuti UKW. Bisa karena faktor tidak menemukan wadah (organisasi) yang tepat atau faktor lain.


Warga Pemula Dominasi Perekaman e-KTP di Desa Jubung
Selasa, 16-10-2018 - 12:00:00

Warga Pemula Dominasi Perekaman e-KTP di Desa Jubung

JEMBER, PENA NUSANTARA - Dispendukcapil Pemkab Jember kembali melakukan on the spot atau jemput bola dengan membuka pelayanan administrasi kependudukan . . .
Headline | 414 Kali dibaca
Jember Kembali Gelar Kompetisi Marching Band Tingkat Internasional
Kamis, 26-10-2017 - 09:54:16

Jember Kembali Gelar Kompetisi Marching Band Tingkat Internasional

JEMBER, PENA NUSANTARA – Akhir pekan ini, event spektakuler Jember Open Marching Competition (JOMC) International kembali digelar di Kabupaten Jember. . . .
Seni dan Budaya | 504 Kali dibaca
WHO Kepincut Komitmen Bupati Faida di Bidang Kesehatan
Jumat, 08-09-2017 - 09:00:00

WHO Kepincut Komitmen Bupati Faida di Bidang Kesehatan

JEMBER, PENA NUSANTARA – Perwakilan organisasi kesehatan dunia, World Health Organization [WHO] kemarin siang menemui Bupati Jember, dr. Hj. Faida, . . .
Kesehatan | 441 Kali dibaca
Angin Kencang, Potensi Kebakaran Hutan dan Lahan Meningkat
Rabu, 02-08-2017 - 16:55:00

Angin Kencang, Potensi Kebakaran Hutan dan Lahan Meningkat

BONDOWOSO, PENA NUSANTARA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, mengingatkan masyarakat agar waspada pada kemungkinan bencana kebakaran yang potensinya . . .
Peristiwa | 337 Kali dibaca
Top