Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Polres Lumajang Terjunkan Anggota Bersenjata di Kecamatan

Polres Lumajang Terjunkan Anggota Bersenjata di Kecamatan Foto : ist
LUMAJANG, PENA NUSANTARA - Ada yang berbeda dari situasi di Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) hari ini, Sabtu (20/4). Semua PPK dijaga oleh aparat dari TNI dan Polri dengan menggunakan senjata laras panjang dibantu oleh Linmas dan satgas keamanan desa di bawah komando Kapolsek setempat.  

Sesuai instruksi Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban, para Kapolsek untuk menginap 24 jam di PPK selama kotak suara masih belum dikirim ke kantor KPU.

"Jadi tugasnya menjaga kotak suara dan mengamankan proses jalannya rekapitulasi pemungutan suara di PPK. Anggota bersenjata laras panjang saya perintahkan untuk menjaga PPK. Saya tidak ingin kecolongan. Jangan sampai ada orang - orang yang mencoba mengganggu jalannya proses rekapitulasi penghitungan suara. Jangan sampai ada orang yang berupaya melakukan sabotase ke gudang penyimpanan kotak suara. Siapapun yg berani mengganggu proses pemilu serentak ini akan saya tindak tegas. Team cobra sudah saya sebar ditiap PPK dan juga melakukan patroli secara rutin," ungkap Arsal.

"Selain petugas pengamanan yang khusus bertugas di PPK, saya juga buat 5 tim patroli sesuai dengan jumlah Rayon. Ada 5 rayon rute Patroli yaitu Rayon Utara, Rayon Selatan, Rayon Barat, Rayon Timur dan Rayon Tengah. Tiap rayon terdiri dari 26 personil yaitu 18 Anggota Polri, 4 TNI, dan 4 Satpol PP. Tugasnya melakukan Patroli sesuai dengan wilayah rayonnya. Dimana tiap rayon terdiri dari 5 sampai 6 PPK. mereka juga dipersenjatai lengkap," imbuh Arsal merinci.

Meski dijaga ketat aparat, masyarakat yang ingin melihat jalannya rekap tidak dilarang berada di PPK. Namun, setiap orang yang masuk area kecamatan harus di screening terlebih dahulu oleh pihak keamanan. Mereka juga wajib mengisi buku tamu dengan mencantumkan identitas. 

Hari ini semua PPK yang jumlahnya 21 PPK malaksanakan proses rekapitulasi pemungutan suara pemilu. Setiap PPK  membuat 4 kelompok proses rekapitulasi perhitungan suara, yang tiap kelompoknya terdiri dari 3 unsur, meliputi unsur penyelenggara yaitu Anggota Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) dan Sekretariatnya.

Unsur Pengawas yaitu Panitia Pengawas Desa (PPD) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara ( PTPS ) dan Unsur Saksi yaitu saksi yang diutus oleh masing - masing partai dimana tiap partai maksimal mengirim 2 orang saksi.


Pilkades Suren Terapkan Extra Time 1 Jam
Kamis, 05-09-2019 - 23:00:00

Pilkades Suren Terapkan Extra Time 1 Jam

JEMBER, PENA NUSANTARA – Di dunia persepakbolaan istilah extra time sudah tidak asing . . .
Headline | 226 Kali dibaca
Kapolres Lumajang Raih AWPI Award Sebagai Kapolres Sahabat Media
Kamis, 22-08-2019 - 19:00:00

Kapolres Lumajang Raih AWPI Award Sebagai Kapolres Sahabat Media

LUMAJANG, PENA NUSANTARA - Bertemakan Polri Garda Terdepan Mitra Media dan Pusat Informasi Masyarakat, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Wartawan . . .
Headline | 81 Kali dibaca
Polres Lumajang Bongkar Jaringan Jual Beli Motor STNK-an via Facebook
Selasa, 02-07-2019 - 16:00:00

Polres Lumajang Bongkar Jaringan Jual Beli Motor STNK-an via Facebook

LUMAJANG, PENA NUSANTARA - Tim Cobra Polres Lumajang berhasil membongkar jaringan jual beli motor bodong atau motor bermodal STNK via . . .
Headline | 152 Kali dibaca
Kapolres Lumajang Pimpin Gerebekan Rumah Begal
Jumat, 12-04-2019 - 10:00:00

Kapolres Lumajang Pimpin Gerebekan Rumah Begal

LUMAJANG, PENA NUSANTARA - Tim Cobra Sat Reskrim Polres Lumajang Jumat (12/4) tengah malam melakukan penggrebekan di salah satu rumah . . .
Headline | 152 Kali dibaca
Top