Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Jaga Keselamatan Awak dan Penumpang Polres Jember Adakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Jaga Keselamatan Awak dan Penumpang Polres Jember Adakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Sosialisasi dan Bakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan di Tawang Alun
JEMBER, PENA NUSANTARA - Sejumlah awak bus antar kota mulai dari sopir, kernet, dan kondektur di Terminal Tawang Alun Jember menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes urine gratis, Rabu (8/5). 

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo disela kegiatan mengatakan, pemeriksaan ini merupakan rangkaian dari sosialisasi dan bakti sosial dalam rangka Operasi Keselamatan Lalu Lintas yang digelar oleh Polres Jember sejak tanggal 29 April sampai dengan 12 Mei 2019. Tujuannya, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. 

"Dengan demikian kami memberikan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para pengemudi karena membawa kendaraan dalam kondisi yang tidak prima bisa mengakibatkan kecelakaan," ujarnya. 

Selain itu tes urine juga dilakukan oleh tim kesehatan kepolisian untuk mendeteksi adanya penyalahgunaan narkoba oleh pengemudi. "Kami juga mendeteksi tes urine apakah ada kemungkinan para pengemudi kendaraan ini menggunakan narkoba atau tidak karena itu pun membahayakan penumpang atau kendaraan lainnya," imbuhnya. 

Kapolres menyebut, dari hasil pemeriksaan terhadap 30 sopir sebelum keberangkatan tidak ditemukan adanya kandungan bahan kimia berbahaya. "Tidak ditemukan ada yang positif, negatif semua," ucapnya. 

Tidak hanya melakukan pemeriksaan kepada awak bus saja, dalam sosialisasi dan bakti sosial yang bekerjasama dengan UPT Terminal Tawang Alun, dan Kementerian Perhubungan itu juga dilakukan pengecekan terhadap sejumlah armada bus.

Kapolres menyatakan, ada konsekuensi jika ditemukan kendaraan tidak laik jalan memaksa untuk melanjutkan perjalanan. "Apabila kendaraan itu tidak laik maka kendaraan akan dipulangkan tanpa membawa penumpang," tegasnya. 

Kapolres mengimbau kepada pengendara dan pengguna jalan agar memerhatikan faktor-faktor utama keselamatan saat berada di jalan seperti tidak mengoperasikan handphone saat berkendara dan memakai helm standar SNI.

Di tempat yang sama, Kepala UPT Terminal Tawang Alun, Samson Wahyu menegaskan keselamatan adalah tujuan utama. Tidak hanya awak yang diperiksa tapi juga kendaraannya. 

"Tidak manusianya saja tetapi fisik bus juga kita cek. Setiap bus yang berangkat dari Tawang Alun dicek penuh karena merupakan tujuan untuk keselamatan," kata dia.


Berjalan Kaki Kapolres Jember Patroli Bangunkan Warga Sahur
Jumat, 10-05-2019 - 11:00:00

Berjalan Kaki Kapolres Jember Patroli Bangunkan Warga Sahur

JEMBER, PENA NUSANTARA - Patroli sahur tidak menggunakan kendaraan. Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo memimpin langsung patroli dengan berjalan kaki . . .
Headline | 145 Kali dibaca
Tekan Angka Kecelakaan Polres Jember Kampanyekan Keselamatan Berkendara
Minggu, 20-01-2019 - 15:00:00

Tekan Angka Kecelakaan Polres Jember Kampanyekan Keselamatan Berkendara

JEMBER, PENA NUSANTARA - Dari data yang dikeluarkan Korlantas Polri korban akibat kecelakaan lalu lintas didominasi oleh kalangan milenial. Alhasil, . . .
Headline | 160 Kali dibaca
Menyasar Kampus, Satlantas Polres Jember Beri Pemahaman Berlalulintas
Sabtu, 12-01-2019 - 22:00:00

Menyasar Kampus, Satlantas Polres Jember Beri Pemahaman Berlalulintas

JEMBER, PENA NUSANTARA - Unit Dikyasa Satlantas Polres Jember memberikan pelatihan tentang cara berlalulintas yang baik melalui Pendidikan masyarakat (Dikmas) . . .
Headline | 176 Kali dibaca
Penjelasan Kasatlantas Jember Tentang Syarat Tes Kesehatan SIM
Sabtu, 05-01-2019 - 23:47:00

Penjelasan Kasatlantas Jember Tentang Syarat Tes Kesehatan SIM

JEMBER, PENA NUSANTARA - Tes kesehatan merupakan salah satu syarat mutlak selain ujian praktik dalam mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) . . .
Headline | 545 Kali dibaca
Top