Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Direktur PMD Pimpin Rapat Sinkronisasi Konsultan Desa

Direktur PMD Pimpin Rapat Sinkronisasi Konsultan Desa Foto : Istimewa
JEMBER, PENA NUSANTARA - Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kementerian Desa PDTT, M. Fachri S.STP memimpin rapat koordinasi dan sinkronisasi internal antara Konsultan Program Pembangunan dan Pemberdayaan (KN-P3MD) dengan Konsultan Nasional Program Inovasi Desa (KN-PID) di Kantor KN-P3MD di Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (12/5) petang. 

Rapat yang dikemas dengan berbuka puasa bersama itu membahas 3 hal mendasar yaitu tentang Dana Desa (DD), Program Pendampingan Desa, dan Program Inovasi Desa (PID) yang berada di bawah kewenangan Direktorat PMD. 

M. Fachri mengingatkan seluruh jajaran KN-P3MD maupun KN-PID untuk memperhatikan progres (tahapan) pencairan DD di 33 provinsi. Kendala desa katanya, perlu diurai dalam pengelolaan maupun pelaporan DD. Apa yang menjadi kendala desa harus bisa dipetakan sehingga progres dan capaian DD sesuai dengan harapan. 

"Regulasi yang dipedomani desa apakah peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) atau Peraturan Menteri Desa (Permendesa) ke depan semoga lebih sinkron. Harapannya, batawasan kewenangan dan kebermanfaatan regulasi lebih besar lagi," ujar M. Fachri didampingi Kasubdit PKMD Nursaid, PL-KN P3MD Sukoyo, dan PL-KN PID Rusdin M. Nur. 

Lebih lanjut M. Fachri mengatakan, keberadaan DD harus dibarengi dengan gerakan desa untuk berinovasi sehingga semangat UU Desa No. 6/2014 untuk mewujudkan desa maju, demokratis, sejahtera, dan mandiri bisa tercapai dengan mulus. Tanpa adanya dana desa kata dia, akan sulit rasanya melihat perkembangan dan kemajuan di desa seperti yang terlihat sekarang ini. 

"Alhamdulillah berkat Dana Desa muncul semangat desa untuk berinovasi. Dengan inovasi, kedaulatan ekonomi, sosial, dan politik di desa semakin baik," ucapnya.


Jember Makin Ramai Destinasi Wisata
Sabtu, 15-12-2018 - 15:00:00

Jember Makin Ramai Destinasi Wisata

JEMBER, PENA NUSANTARA - Pengelola tempat wisata dituntut untuk mampu menciptakan beragam inovasi agar objek wisata yang dikelolanya menarik minat . . .
Headline | 607 Kali dibaca
Top