Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Polres Jember Ringkus 2 Pelaku Teror Pembakar Mobil

Polres Jember Ringkus 2 Pelaku Teror Pembakar Mobil Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo pimpin press conference (Foto : Doc Polres Jember)
JEMBER, PENA NUSANTARA - Polres Jember berhasil mengungkap kasus kebakaran mobil yang terjadi pada akhir April 2019 lalu. Kasus kebakaran mobil menjadi atensi kepolisian lantaran marak terjadi di sejumlah wilayah dan menjadi teror di tengah masyarakat. 

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo dalam press conference Selasa (14/5) siang, menyatakan telah menangkap 2 orang tersangka yang diduga terlibat dalam aksi teror pembakaran mobil di 3 TKP di wilayah Kecamatan Sukorambi. 

"Ini merupakan aksi teror karena perbuatan pelaku menimbulkan keresahan dan ketakutan," ucapnya di depan sejumlah media. 

Peristiwa pembakaran terjadi pada 26 dan 27 April 2019. TKP pertama yang dibakar adalah bengkel reparasi mobil kemudin kelas PAUD Al-Ikhlas, keduanya berada di Desa Jubung, Sukorambi. Terakhir, sebuah mobil di garasi di Desa Dukuhmencek, Sukorambi. 

"Dari kejadian mobil kebakaran kami melaksanakan upaya penyelidikan, olah TKP dan menggunakan tim Labfor Polda Jawa Timur. Dari hasil pendalaman dan pengembangan informasi di lapangan alhamdulilah pada 13 Mei 2019 atau 3 minggu setelah kejadian kami berhasil mengungkap hasil teror dengan 2 pelaku pembakaran mobil," terang Kapolres. 

Kedua orang yang berhasil ditangkap adalah Nurul Hidayat (32) warga Dusun Ampo, Dukuhmencek, Sukorambi dan Toyib bin Narto (40) warga Dusun Glengseran, Suci, Panti. Sementara, barang bukti yang bisa disita 2 unit motor R2 Honda Supra dan Yamaha Jupiter.

Kedua tersangka merupakan residivis pernah mendekam di penjara dalam kasus berbeda. Toyib pernah merasakan dinginnya jeruji besi pada tahun 2002 dalam kasus judi dan di tahun 2012 dalam kasus senjata tajam. Sedangkan Nurul pernah mendekam di penjara dalam kasus penyalahgunaan UU kesehatan atau farmasi. 

Kapolres mengatakan, polisi masih mendalami motif dasar dari kedua pelaku melakukan pembakaran. Sementara, polisi menyimpulkan motif pelaku membakar mobil yaitu tersangka Nurul ingin mencari perhatian masyarakat supaya lebih dipandang oleh perangkat desa yang dimungkinkan masih terkait dengan penyelenggaraan Pilkades serentak 2019 di Jember. 

Kedua tersangka kini harus menghadapi jeratan Pasal 187 jo 55 KUHP dengan ancaman 12 tahun penjara. "Barang siapa dengan sengaja menimbulkan kebakaran, bahaya bagi umum dan barang dapat dipidana 12 tahun penjara," kata Kapolres menandaskan.


Kapolres Jember Inisiasi Deklarasi Damai Pasca Pemilu
Jumat, 19-04-2019 - 23:50:00

Kapolres Jember Inisiasi Deklarasi Damai Pasca Pemilu

JEMBER, PENA NUSANTARA - Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 telah usai. Kini, masyarakat terutama peserta Pemilu menunggu hasil perolehan suara . . .
Headline | 153 Kali dibaca
Polres Jember Kawal Ketat Distribusi Logistik Pemilu
Selasa, 09-04-2019 - 21:00:00

Polres Jember Kawal Ketat Distribusi Logistik Pemilu

JEMBER, PENA NUSANTARA - Selasa (9/04) pagi tadi, pihak KPU dikawal Polres Jember melepas 6 truk pengangkut kotak suara dari . . .
Headline | 68 Kali dibaca
Kapolres Jember Raih Penghargaan di Ajang PWI Award
Kamis, 28-03-2019 - 18:00:00

Kapolres Jember Raih Penghargaan di Ajang PWI Award

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kerjasama dan komunikasi yang baik memang menjadi kunci utama sebuah keberhasilan. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh . . .
Headline | 74 Kali dibaca
Polres Jember Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019
Jumat, 22-03-2019 - 14:00:00

Polres Jember Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019

JEMBER, PENA NUSANTARA - Menjelang pemilu yang akan dilaksanakan serentak pada 17 April mendatang, Polres Jember menggelar apel sekaligus simulasi . . .
Headline | 67 Kali dibaca
Top