Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Manajemen Papuma Abaikan Pihak Desa Sumberejo

Manajemen Papuma Abaikan Pihak Desa Sumberejo Foto : Istimewa
JEMBER, PENA NUSANTARA - Wana wisata Papuma yang dikelola oleh Kantor Bisnis Manajemen (KBM) Perhutani belakangan diketahui ternyata belum bersinergi dengan Desa Sumberejo, Ambulu yang menjadi akses masuk ke lokasi wisata tersebut.

Kepala  Desa Sumberejo, Riono saat dikonfirmasi media ini membenarkan pihak manajemen Papuma tidak pernah mengajaknya berkoordinasi. Dikatakan Riono, secara geografis Pantai Papuma memang masuk wilayah Kecamatan Wuluhan tetapi, untuk akses masuk ke lokasi wisata tetap melalui Kecamatan Ambulu, khususnya Desa Sumberejo.

"Kami tidak pernah diajak bicara secara resmi dengan pihak Papuma terkait akses yang melalui wilayah Desa Sumberejo. Kami tidak pernah mendapatkan apapun dari pihak Papuma bahkan surat yang kami kirim setahun lalu tidak ada tanggapan sama sekali," tuturnya.

Pantai  Papuma merupakan salah satu destinasi terbaik di Jember tidak heran jika masa liburan tiba wisatawan lokal maupun luar kota membludak di sana. Kendati demikian, Desa Sumberejo sebagai wilayah yang menjadi akses langsung ke Papuma tidak pernah mendapatkan imbas secara ekonomi.

Sementara , Harno perwakilan Papuma menyatakan tidak mengetahui mengenai masalah akses jalan tersebut. "Kalau akses jalan saya kurang tahu karena saya di Papuma baru mulai tahun 2017 sampai sekarang. Sedangkan pembuatan jalan waktu masih dikelola Perhutani KPH Jember," katanya.

Soal  kontribusi, Harno menyebut pihaknya sudah berkontribusi kepada Pemkab Jember sesuai aturan yang berlaku. "KBM bayarnya pajak ke Pemda 10% dari harga tiket masuk dan 20% dari tiket kendaraan sesuai Perda Kabupaten Jember. Kalau CSR saya kurang tahu yang atur pusat," jelasnya.

Termasuk pajak air tanah dan hotel Harno mengaku setiap bulan membayar ke Pemda Jember hampir setiap tahun tidak kurang dari 400 juta.

Tidak  adanya sumbangsih Manajemen Papuma terhadap Desa Sumberejo mendapat tanggapan dari Hendri seorang pegiat wisata setempat. Pria yang akrab disapa Duro ini menyayangkan sikap pihak Papuma yang seharusnya melakukan peningkatan sarana prasarana wisata khususnya di Sumberejo.

"Perhutani sebagai pengelola Papuma seharusnya meningkatkan sarana prasarana. Terus hasilnya ke mana hasil penarikan retribusi tiket selama ini, masa cuma di bawa ke (Perhutani) Surabaya saja," jengahnya.

Hendro  menambahkan, Papuma berlokasi di Kabupaten Jember jadi sudah sepantasnya harus dikembalikan untuk daerah minimal ke Desa Sumberejo Ambulu yang jadi akses menuju ke Papuma.


Lakukan Monev, DPMD Jember Pastikan Proyek Desa Selesai 31 Desember
Jumat, 22-12-2017 - 18:06:57

Lakukan Monev, DPMD Jember Pastikan Proyek Desa Selesai 31 Desember

JEMBER, PENA NUSANTARA - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan Pemerintah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember melakukan monitoring dan . . .
Pemerintahan | 218 Kali dibaca
Dua Kandidat Bersaing Rebut Jabatan Kasun di Desa Sukoreno
Kamis, 21-12-2017 - 16:54:18

Dua Kandidat Bersaing Rebut Jabatan Kasun di Desa Sukoreno

JEMBER PENA NUSANTARA - Kekosongan jabatan Kepala Dusun (Kasun) Krajan Lor di Desa Sukoreno, Kecamatan Umbulsari, membuat pemerintah desa setempat . . .
Pemerintahan | 355 Kali dibaca
Kirab Tumpeng Palawija Ramaikan Hari Jadi Desa Pujer Baru
Minggu, 30-07-2017 - 16:01:00

Kirab Tumpeng Palawija Ramaikan Hari Jadi Desa Pujer Baru

BONDOWOSO, PENA NUSANTARA – Arak-arakan tumpeng yang terbuat dari palawija meramaikan hari jadi Desa Pujer Baru, Kecamatan Maesan, . . .
Citizen Reporter | 736 Kali dibaca
Kirana, Kreasi Seni Karya Sman 1 Jember
Jumat, 11-11-2016 - 00:00:00

Kirana, Kreasi Seni Karya Sman 1 Jember

Jember, PN - Hajatan kreasi seni dua tahunan kemBali digelar oleh SMAN 1 Jember. Acara yang bernama KIRANA (Kibaran Seni . . .
Headline | 488 Kali dibaca
Top