Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Tak Lagi Menjabat, Mantan Kades Kamal Serahkan Sejumlah Aset Desa

Tak Lagi Menjabat, Mantan Kades Kamal Serahkan Sejumlah Aset Desa Achmad Sakip Zaenori, Kapolsek AKP Eko Basuki, Camat Arjasa Herwan, Danramil Arjasa Lettu Inf Teguh, Sekdes Kamal (kiri-kanan)
JEMBER, PENA NUSANTARA - Achmad Sakip Zaenori menyerahkan seluruh aset desa pasca dirinya tidak lagi menjabat sebagai Kepala Desa Kamal. Penyerahan aset tersebut dilakukan dalam acara Serah Terima Aset Desa di Balai Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, pada Senin (15/7) siang. 

Pada acara serah terima sekaligus pamitan itu Achmad Sakip mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh perangkat yang selama ini bersama-sama mengabdi kepada desa juga kepada Muspika Arjasa. 

Pengembalian aset desa ini kata Achmad Sakip, merupakan sebuah tanggung jawab kewajiban bagi kades yang telah habis masa jabatannya.

"Semua yang berhubungan dengan desa itu harus diserahkan kepada Pj yang ditunjuk oleh kecamatan. Semua tanggungan yang diserah terimakan mantan kades ini merupakan bentuk rasa tanggung jawab kepada pemerintah," tuturnya. 

Intinya, lanjut dia, mantan kades tidak boleh memegang aset-aset desa. "Aset desa ini berupa macam-macam. Berupa anggaran, inventarisasi, juga dokumen-dokumen penting itu tidak boleh dipegang mantan kades dan harus dikembalikan ke pemerintah desa diserah terimakan kepada Sekdes," imbuhnya. 

Habisnya masa jabatan Achmad Sakip Zaenori tidak terlepas dari bakal dilaksanakannya Pilkades serentak di Jember yang akan digelar pada September 2019. Dalam kontestasi Pilkades Achmad Sakip mengaku siap untuk mencalonkan diri kembali sebagai kades untuk kali kedua. 

Achmad Sakip menyebut, alasan dia mencalonkan kembali karena masih ada program-program sebelumnya (saat menjadi kades) yang belum terselesaikan. Rasa tanggung jawabnya kepada desa pun menjadi motivasi kuat untuk mengikuti Pilkades. 

"Banyak sektor-sektor yang masih belum terselesaikan mengingat waktu masa jabatan kades ini 6 tahun. Yang jelas saya katakan itu kurang. Jadi RPJMDes kita ini belum selesai 100 persen," jelasnya. 

Di tempat yang sama, Camat Arjasa Herwan A. Darmanto mengatakan, saat ini penyerahan aset desa diserah terimakan kepada Sekdes karena Penjabat (Pj) Kepala Desa Kamal belum dilantik oleh Bupati Jember.  

"Semua yang berhubungan dengan desa itu harus diserahkan kepada Sekdes sementara PJ. Kades belum dilantik," ujarnya.

Sementara itu, menjelang pelaksanaan Pilkades di Kamal, Herwan meminta masyarakat untuk menjaga stabilitas desa agar tetap aman.


Pembangunan di Desanya Pesat, Kades Kramat Sukoharjo Ucapkan Terimakasih Pada Bupati
Rabu, 05-12-2018 - 15:00:00

Pembangunan di Desanya Pesat, Kades Kramat Sukoharjo Ucapkan Terimakasih Pada Bupati

JEMBER, PENA NUSANTARA - "Kramat yang Sekarang Bukanlah Kramat Yang dulu" begitu kalimat yang diungkapkan salah satu warga Desa Kramat . . .
Headline | 488 Kali dibaca
Lakukan Pungli, Mantan Kabid di Dinas Pendidikan Jember Ditahan
Senin, 24-09-2018 - 22:00:00

Lakukan Pungli, Mantan Kabid di Dinas Pendidikan Jember Ditahan

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kejaksaan Negeri Jember melakukan eksekusi atau penahanan terhadap Heri Yudi (54th) setelah pegawai Perpustakaan . . .
Headline | 583 Kali dibaca
Kajari Imbau Kades di Jember Tak Ragu Gunakan Dana Desa
Kamis, 24-08-2017 - 19:00:00

Kajari Imbau Kades di Jember Tak Ragu Gunakan Dana Desa

JEMBER, PENA NUSANTARA – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jember, Ponco Hartanto, mengimbau para kepala desa (Kades) di kabupaten setempat tak . . .
Pemerintahan | 245 Kali dibaca
Tim Saber Pungli Ciduk Kades Dan 5 Perangkat Desa
Selasa, 21-02-2017 - 00:00:00

Tim Saber Pungli Ciduk Kades Dan 5 Perangkat Desa

Pena Nusantara, Situbondo - Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Kabupaten Situbondo, Senin (20/2) kemarin sekitar pukul 14.00 WIB mengamankan salah . . .
Headline | 327 Kali dibaca
Top