Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Jember Darurat Sampah, WCDI Siapkan Aksi Dalam Waktu Dekat

Jember Darurat Sampah, WCDI Siapkan Aksi Dalam Waktu Dekat Salah satu kegiatan WCDI Jember
JEMBER, PENA NUSANTARA - Seperti tak berujung, permasalahan sampah terus-menerus menjadi topik hangat yang selalu diperbincangkan. Berbagai upaya bahkan sudah dilakukan untuk mengatasi masalah sampah dilingkungan sekitar. Kota Jember rupanya juga tak luput dari tumpukan sampah yang sangat memprihatinkan. 

Berbekal kesadaran serta keinginan menjadikan Jember sebagai kota bebas sampah, beberapa insan peduli lingkungan bergabung ke dalam gerakan sosial berskala internasional yakni World CleanUp Day. 

World CleanUp Day merupakan aksi sosial global yang bertujuan untuk memerangi limbah padat global, termasuk puing-puing laut. Kegiatan bersih-bersih di dunia pertama kali dilaksanakan pada 15 September 2018 secara serentak di 155 negara. Menjadi kebanggan tersendiri,saat Indonesia ternyata menjadi negara dengan relawan kebersihan terbanyak yang berhasil memobilisasi 7,6  juta partisipan. 

Dari berbagai pertimbangan serta hasil survei ternyata menunjukkan bahwa Jember juga  termasuk daerah darurat sampah. Oleh karena itu, WCDI Jember akhirnya dibentuk pada 21 Juli 2019 untuk menciptakan Jember bersih nan asri.

“Jember juga merupakan daerah yang darurat sampah, karena itu gerakan WCDI harus ada di Jember,” ungkap Vellya, Sekretaris Umum WCDI Jember.
 
Vellya mengatakan, jika dirinya bersama rekan-rekan relawan lain terus berinovasi untuk menciptakan generasi yang peduli lingkungan. Bukan hanya bersih-bersih sampah, namun relawan WCDI Jember juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara merawat lingkungan.

“Nantinya masyarakat akan diimbau untuk tidak buang sampah sembarangan serta ada edukasi untuk bisa mengelola sampah mereka sendiri,” ujarnya. 

WCDI akan kembali menggelar aksi bersih-bersih dunia pada tanggal 21 September 2019 mendatang, yang juga dilakukan secara serentak di 158 negara. Kabarnya tahun ini Indonesia akan melibatkan 13 juta relawan kebersihan yang dikampanyekan melalui tagar #kami13juta.

“Agenda terdekat ya nanti di tanggal 21 September, untuk WCDI Jember kita memilih bantaran sungai sebagai target lokasi,”  jelasnya.

Tak hanya itu, WCDI Jember juga akan terus terlibat aktif  dalam berbagai event yang diselenggarakan di Kota Jember. Dengan berperan aktif di berbagai event, mereka berharap bisa memperbaiki citra kota Jember yang penuh dengan sampah setelah kegiatan berlangsung.
 
Vellya juga mengumumkan jika saat ini WCDI Jember sedang melakukan Open Recruitment ke-II. Masih ada kesempatan bagi siapapun yang ingin bergabung dalam tim relawan WCDI Jember. Open Recruitment ke-II ini akan dibuka hingga tanggal 20 Agustus 2019 dan bagi yang ingin mendaftar bisa mengakses link pendaftaran di http://bit.ly/WCDIJember.  

Tidakada batasan usia bagi mereka yang ingin bergabung bersama WCDI Jember. Hal ini dimaksudkan untuk menanamkan nilai pedulli lingkungan mulai dari anak-anak hingga yang sudah lanjut usia.


Desa Kini Harus Gunakan Aplikasi Dalam Pengajuan Dana
Sabtu, 16-03-2019 - 10:00:00

Desa Kini Harus Gunakan Aplikasi Dalam Pengajuan Dana

JEMBER, PENA NUSANTARA - Pengajuan Dana Desa (DD) saat ini sudah menggunakan aplikasi online. Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) namanya. Pihak . . .
Headline | 170 Kali dibaca
Jember Makin Ramai Destinasi Wisata
Sabtu, 15-12-2018 - 15:00:00

Jember Makin Ramai Destinasi Wisata

JEMBER, PENA NUSANTARA - Pengelola tempat wisata dituntut untuk mampu menciptakan beragam inovasi agar objek wisata yang dikelolanya menarik minat . . .
Headline | 607 Kali dibaca
Bupati Jember: Silahkan Periksa Siapa Saja, Pungli Sudah Waktunya Dihabisi
Kamis, 01-11-2018 - 12:00:00

Bupati Jember: Silahkan Periksa Siapa Saja, Pungli Sudah Waktunya Dihabisi

JEMBER, PENA NUSANTARA - Pasca terjadinya Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan tim Saber Pungli kepada beberapa Pejabat dan PNS . . .
Headline | 362 Kali dibaca
Top