Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Ruwatan Bumi Jember, Aksi Masyarakat Doakan Jember dari Nasib Buruk

Ruwatan Bumi Jember, Aksi Masyarakat Doakan Jember dari Nasib Buruk Foto : Istimewa

JEMBER, PENA NUSANTARA – Ruwatan Bumi Jember. Demikian nama gerakan yang akan digelar oleh masyarakat Jember dalam waktu dekat. Ruwatan yang merujuk pada sebuah ritual/proses untuk membuang sengkala atau nasib buruk atau hal negatif (seseorang/tempat) akan dilaksanakan pada Jumat, 23 Agustus 2019 di alun-alun Jember.

Inisiator Ruwatan Bumi Jember (RBJ) Miftahul Rahman mengatakan ruwatan atau selamatan bumi adalah tradisi yang terlupakan. Melihat situasi belakangan ini, ia merasa RBJ harus dilestarikan dan dilakukan agar warga Jember selamat dari mara bahaya.

“Supoyo bumine gak ngambul, wong Jember podo selamat dari segala mara bahaya (Supaya bumi tidak ngambek, orang Jember semua selamat dari segala mara bahaya),” ucap, tokoh masyarakat yang akrab disapa Memet ini.

Memet menilai, kondisi sosial dan politik di Jember kerap membuat masyarakat gaduh dan terpecah. Tidak lagi ada cara untuk meperbaiki dan menyatukan selain dengan cara melakukan ruwatan bersama-sama.

“Mulai zaman Pak Samsul (Bupati Jember) sampai sekarang dinamika kepemimpinan tak banyak (hanya) muter di konflik kekuasaan, terlepas suka tak suka. Yakin, siapa pun orang Jember baik yang dukung atau kontra kekuasaan tak ingin Jember gaduh. Semoga dengan Ruwatan Bumi Jember ini, buminya jadi akrab dengan manusianya. Begitu juga manusianya semoga sadar dengan amanahnya masing-masing,” ungkapnya.

Aksi ruwatan yang digagas Memet mendapat dukungan dari sejumlah tokoh masyarakat, aktivis, dan beragam komunitas lainnya. Mereka menyatakan siap berpartisipasi ikut dalam RBJ mendatang.

Memet menegaskan tidak ada tendensi politik dalam ruwatan kali ini. Kendati, pada tahun 2020 mendatang Kabupaten Jember akan menggelar pemilihan bupati. Memet mengaku tidak kebetulan saat ini dirinya melakukan ruwatan, sebelumnya ia pernah melakukan hal yang sama namun dalam skala kecil.

“Tidak cuma sekarang, setiap tahun ya mesti digelar acara doa bersama meskipun dalam skala kecil, karena memang kemampuannya kecil,” tuturnya.

Tidak adanya tendensi politik ditegaskan kembali oleh Memet. Dalam hal logistik misalnya, RBJ tidak menyediakan konsumsi makanan kepada peserta ruwatan massal tersebut. Semuanya diwajibkan membawa bekal sendiri-sendiri, tidak ada donatur dari siapa pun.

“Karena kami memang tidak ada ongkos. RBJ tidak menyiapkan apa-apa, teman-teman yang minat (hadir) ya bawa (bekal) sendiri dimakan bareng-bareng. Ini simbol kebersamaan, melarat atau kaya dipikul bersama,” tegasnya.

Meski tidak ada donatur dan peserta memakai modal sendiri-sendiri, Memet optimis acara Ruwatan Bumi Jember yang digelar Jumat (23/8) jam 10 pagi tersebut bisa menarik animo masyarakat yang peduli dengan kotanya. Bahkan, ia menyebut Bupati Faida dipersilahkan untuk ikut meski dirinya pesimis Bupati Jember tersebut akan hadir.

Sampai dengan hari ini, Memet memastikan RBJ akan diikuti ratusan orang dari berbagai kalangan. “Teman-teman yang berpartisipasi tercatat sedikitnya 500 orang sementara ini,” katanya.



Fun Colour Run Satukan Polri TNI dan Masyarakat Jember
Minggu, 07-07-2019 - 13:00:00

Fun Colour Run Satukan Polri TNI dan Masyarakat Jember

JEMBER, PENA NUSANTARA - Lippo Mall Plaza Jember ikut ambil bagian dalam memeriahkan Hari Bhayangkara ke 73 tahun 2019. Mall . . .
Headline | 103 Kali dibaca
Ratusan Juta Honor Saksi PAN Jember Diduga Digelapkan
Rabu, 24-04-2019 - 19:00:00

Ratusan Juta Honor Saksi PAN Jember Diduga Digelapkan

JEMBER, PENA NUSANTARA – Sejumlah calon legislatif dari Partai Amanat Nasional . . .
Headline | 580 Kali dibaca
Pemkab Jember Ajak Masyarakat
Jumat, 08-03-2019 - 23:00:00

Pemkab Jember Ajak Masyarakat 'Pinggiran' Berwisata Religi

JEMBER, PENA NUSANTARA - Selain terus melakukan banyak inovasi untuk menyejahterakan rakyatnya, kali ini Pemkab Jember mengadakan wisata religi untuk . . .
Headline | 172 Kali dibaca
Keren! Tukang Becak di Jember Sekarang Pakai Seragam
Minggu, 16-12-2018 - 13:00:00

Keren! Tukang Becak di Jember Sekarang Pakai Seragam

JEMBER, PENA NUSANTARA - Jangan kaget jika melintas di kawasan kota Jember anda akan melihat penampilan abang becak lain dari . . .
Headline | 420 Kali dibaca
Top