Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Polisi Mulai Panggil Saksi dalam Perkara Dugaan SK Pengganti Ijazah Palsu Cakades Harjomulyo

Polisi Mulai Panggil Saksi dalam Perkara Dugaan SK Pengganti Ijazah Palsu Cakades Harjomulyo Foto : Istimewa
JEMBER, PENA NUSANTARA – Perkara laporan dugaan surat keterangan pengganti ijazah palsu milik Kartono, Calon Kepala Desa Harjomulyo, Silo memasuki babak baru. Saksi mulai dipanggil oleh penyidik Satreskrim Polres Jember untuk diminta keterangan. Salah satu saksi yang telah memberikan keterangan adalah Riyanto.

Riyanto yang dipanggil oleh penyidik pada Kamis (15/8) siang memberikan sejumlah keterangan di antaranya terkait surat keterangan pengganti ijazah yang dilampirkan Kartono pada pendaftaran Pilkades serentak Kabupaten Jember tahun 2019 di Desa Harjomulyo. Selain itu kata dia, penyidik juga menanyakan kronologi penemuan nomor induk siswa 443 di SDN Harjomulyo 03 (dulu SDN Karangharjo 05) atas nama Kartono yang diragukan keabsahannya.

“Lumayan banyak pertanyaan (penyidik), satu terkait nomor induk, terus yang kedua terkait dengan persyaratannya (mendaftar Pilkades), terus yang ketiga terkait keabsahan ijazahnya, terus juga saksi-saksinya, terus yang melayangkan surat pengganti ijazah itu siapa itu yang ditanyakan,”

“Saya ceritakan terkait dengan nomor induknya itu memang, sesuai dari yang ditemukan tim kami kemarin bahwa nomor induk 443 itu ada di nomor urut (buku) 01-203. Ternyata dengan nomor induk yang 443 asli itu kepunyaan M. Halil, dan beliaunya pegang ijazah aslinya,” terangnya.

Usai menjalani panggilan penyidik yang pertama, Riyanto mengatakan penyidik Satreskrim Polres Jember masih akan memanggil saksi-saksi lain untuk mendalami perkara tersebut. Tidak menutup kemungkinan kata dia, Kartono Cakades Harjomulyo yang juga incumbent tersebut akan dipanggil kepolisian.

“Tahapan selanjutnya saya tidak tahu siapa yang dipanggil sebagai saksi, kemungkinan iya (Kartono) dipanggil,” katanya.

Pada hari yang sama, Kasat Reskrim Polres Jember AKP Yadwivana Jumbo saat dikonfirmasi belum bisa memberikan statement terkait perkembangan selanjutnya perkara tersebut karena berkas masih di meja penyidik.

Dihubungi via seluler Senin (19/8) siang, mantan Kasat Reskrim Polres Malang Kota tersebut menyatakan, akan memanggil 2 saksi lagi yang namanya terdapat di buku induk tersebut. 

"Sore ini rencana ambil keterangan 2 saksi lagi, saksi yang tercantum dalam buku induknya," kata AKP Yadwivana Jumbo tanpa menyebut nama saksi-saksi yang dipanggil.


Diduga Menikah Lagi, Istri Perangkat Desa Datangi Kantor Desa Balung Kulon
Senin, 10-04-2017 - 00:00:00

Diduga Menikah Lagi, Istri Perangkat Desa Datangi Kantor Desa Balung Kulon

Jember, Pena Nusantara - Rusmini, warga Desa Balung Kulon, Kecamatan Balung didampingi saudaranya, Hari Senin (10/4/2017) siang mendatangi Kantor Desa . . .
Headline | 663 Kali dibaca
Top