Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Pilkades Suren Terapkan Extra Time 1 Jam

Pilkades Suren Terapkan Extra Time 1 Jam Para Calon Kepala Desa Suren Menandatangani Berita Acara pada saat perpanjangan waktu

JEMBER, PENA NUSANTARA – Di dunia persepakbolaan istilah extra time sudah tidak asing lagi. Ya, tambahan waktu di luar jam normal itu diberlakukan jika sampai batas waktu akhir pertandingan tidak ditemukan pemenangnya. Rupanya, extra time juga diberlakukan pada saat pelaksaan Pilkades Suren, Kecamatan Ledokombo.

Bedanya, extra time di Suren diterapkan lantaran tingkat partisipasi pemilih tidak memenuhi kuorum atau batas minimal kehadiran. Sampai dengan penutupan pemungutan suara jam 2 siang (waktu normal), pemilih yang menggunakan hak pilihnya tidak sampai 5000 orang.

Lantaran tidak sampai 2/3 (batas kuorum) dari jumlah total daftar pemilih tetap sebanyak 8200 orang, panitia pilkades menambah waktu pemungutan suara selama 1 jam. “Sebenarnya tadi sudah 4790 karena tidak sampai 5400 sekian maka diadakan perpanjangan sampai jam 3,” kata Ali Rachmatulloh, Ketua Panitia Pilkades Suren. Kamis (5/9/2019)

Dalam beberapa pelaksanaan pemilihan politik Desa Suren dikenal dengan tingkat partisipasi warganya yang rendah. Beberapa faktor disebut Ali menjadi penyebab. “Ada sebagian masyarakat yang bekerja di gudang dan itu tidak mendapat libur dari pihak gudang. Ada juga bekerja di Bali. Ada juga anak usia SMA SMK itu masih ada di pondok. Kemarin itu dianjurkan bisa diajak pulang untuk pencoblosan ini, kemungkinan belum ada izin dari pesantren,” tuturnya.

Untuk memenuhi kuorum, selama perpanjangan waktu tersebut pihak panitia melakukan berbagai upaya seperti penjemputan di beberapa wilayah. Sayangnya, sampai habis masa tambahan waktu jumlah pemilih tidak sampai 5000 orang. Kendati demikian, setelah melalui kesepakatan bersama dengan para calon kades, penghitungan tetap dilakukan karena jumlah pemilih sudah lebih dari 50 persen, sebanyak 4923.

Hasilnya, calon kades nomor urut 03 Mohammad Tahe keluar sebagai pemegang suara terbanyak dengan jumlah 1476. Sementara 3 pesaingnya, Santono di urutan kedua dengan 883 suara. M. Fauzan meraup 703 suara dan, posisi buncit ada Endra Kasmiyanto dengan perolehan 266 suara. Sementara suara tidak sah mencapai 1595.

 



Pilkades Balung Lor, dari Desak-desakan sampai Tambahan Waktu
Kamis, 12-09-2019 - 22:40:00

Pilkades Balung Lor, dari Desak-desakan sampai Tambahan Waktu

JEMBER, PENA NUSANTARA – Partisipasi pemilih di Desa Balung Lor, Kecamatan Balung untuk mengikuti pemilihan . . .
Headline | 137 Kali dibaca
Hari H Pilkades Industri Bobbin Tidak Liburkan Karyawan
Senin, 15-07-2019 - 19:00:00

Hari H Pilkades Industri Bobbin Tidak Liburkan Karyawan

JEMBER, PENA NUSANTARA - Jelang pelaksanaan Pilkades serentak di Jember pada September mendatang jajaran Muspika Arjasa mengunjungi pabrikan tembakau Industri . . .
Headline | 99 Kali dibaca
Polres Lumajang Terjunkan Anggota Bersenjata di Kecamatan
Sabtu, 20-04-2019 - 19:00:00

Polres Lumajang Terjunkan Anggota Bersenjata di Kecamatan

LUMAJANG, PENA NUSANTARA - Ada yang berbeda dari situasi di Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) hari ini, Sabtu (20/4). Semua PPK . . .
Headline | 117 Kali dibaca
Bondet Tewaskan Warga Sumberbaru Jember
Rabu, 12-12-2018 - 10:00:00

Bondet Tewaskan Warga Sumberbaru Jember

JEMBER, PENA NUSANTARA - Jangan sekali-kali membuat atau merakit bondet (mercon) kalau tidak ingin bernasib sama seperti Suartik warga Dusun . . .
Headline | 412 Kali dibaca
Top