Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Helen, Jadi Designer Termuda Pada Ajang Fashion di Jember

Helen, Jadi Designer Termuda Pada Ajang Fashion di Jember Hellua Mukty Maria Gasperz (tengah)
JEMBER, PENA NUSANTARA - Event Jember Fashion Society (JFS) 2.0 menjadi ajang bagi para designer tingkat nasional menunjukkan kreativitasnya. Grand Final JFS yang digelar di Lippo Plaza Jember, Sabtu (7/9/2019) malam melibatkan sekitar 40 designer dan 80 orang model. 

Di antara puluhan designer tersebut, satu yang menjadi sorotan, Hellua Mukty Maria Gasperz. Perempuan asli Jember yang akrab disapa Helen ini baru berusia 16 tahun sehingga ia dinobatkan sebagai designer termuda pada ajang JFS. 

Lahir dari keluarga berdarah seni, Helen mengaku awalnya menggeluti dunia modelling sejak kecil. Putri dari pemilik brand Batik Notohadinegoro yang juga designer kenamaan Indi Naidha Wulandari itu kemudian mencoba merambah dunia designer. 

Grand Final JFS Sabtu malam menjadi ajang pembuktian baginya, dengan menampilkan karyanya sendiri. Tidak hanya sebagai designer, Helen juga menjadi model untuk kostumnya. 

"Pada malam hari ini saya selain sebagai designer juga tampil sebagai modelnya. Mungkin suatu saat nanti, kalau ada event lagi saya harus duduk untuk menonton, sehingga bisa melihat di mana letak kekurangan rancangan saya," ucapnya. 

Event JFS kali ini kata Helen, menjadi sarana baginya untuk belajar sekaligus menambah pengalaman. Busana dengan motif batik menjadi andalannya. Bukan tanpa alasan, Helen ingin menunjukkan kepada masyarakat, motif batik sangatlah beragam sehingga bisa dipakai kapan saja. 

"Batik itu bisa dipakai sehari-hari, tidak hanya saat kondangan saja. Terlebih motif untuk batik sangat beragam, sehingga kita tidak kekurangan ide," jelasnya. 

Tumbuh besar di kota dengan berbagai keanekaragaman yang dimiliki yang disebut Pandhalungan kata Helen, banyak memberinya inspirasi, sehingga membuatnya lebih mudah berinovasi.

"Di daerah lain motifnya tidak sebanyak di Jember. Kalau di Jember kita bisa membuat batik dengan berbagai motif seperti daun tembakau, pantai maupun dengan budaya lainnya, karena Jember adalah kota Pandhalungan," tandasnya. 

Ajang Jember Fashion Society 2.0 menurut Amir Siddiq Anshari merupakan event untuk mencari dan mengembangkan bakat designer Jember. "Hampir 60 persen peserta adalah designer lokal dan sisanya luar kota. Malam ini kita ada 40 designer dan 80 model. Kita juga mendatangkan designer bintang tamu yang rata-rata kelahiran Jember," kata Event Direktur Lippo Plaza Jember ini. 

Melihat antusiasme yang cukup tinggi dalam penyelenggaraan JFS kali ini, Amir berharap ajang semacam ini bisa menjadi agenda tahunan dan berkelanjutan. 

"Antusiasmenya cukup tinggi karena rata-rata designer itu belum pernah show di Jember, karena mereka tahu Jember itu kota kecil. Kami selaku penyelenggara berusaha semaksimal mungkin agar show ini diterima dan ke depannya ini menjadi event tahunan dan mendatangkan seluruh kota di Indonesia," katanya.


Cegah Korupsi Berkembang Roadshow KPK Datang ke Jember
Kamis, 29-08-2019 - 22:00:00

Cegah Korupsi Berkembang Roadshow KPK Datang ke Jember

JEMBER, PENA NUSANTARA - Dalam rangka mendorong perilaku anti korupsi dari kalangan anak-anak hingga dewasa, . . .
Headline | 69 Kali dibaca
Alfian Gerindra Capai Suara Tertinggi di Jember
Sabtu, 27-04-2019 - 11:00:00

Alfian Gerindra Capai Suara Tertinggi di Jember

JEMBER, PENA NUSANTARA - Alfian Andri Wiajaya SH caleg Dapil 1 dari Partai Gerindra sementara ini tercatat sebagai calon legislatif . . .
Headline | 246 Kali dibaca
Kota Cinema Mall, Suasana Baru Tempat Nongkrong di Jember
Kamis, 25-04-2019 - 20:10:00

Kota Cinema Mall, Suasana Baru Tempat Nongkrong di Jember

JEMBER, PENA NUSANTARA - Iklim investasi di Jember semakin bergairah. Terbaru, Bupati Jember Faida bersama Fokopimda meresmikan Kota Cinema Mall . . .
Headline | 520 Kali dibaca
INKINDO Jatim Siap Terlibat dalam Pembangunan di Jember
Rabu, 20-02-2019 - 20:30:00

INKINDO Jatim Siap Terlibat dalam Pembangunan di Jember

JEMBER, PENA NUSANTARA - Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR menerima kunjungan Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) di Pendopo Wahyawibawagraha, . . .
Headline | 194 Kali dibaca
Top