Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Meski Didemo Panitia Tolak Pemilihan Ulang Pilkades Sumberlesung

Meski Didemo Panitia Tolak Pemilihan Ulang Pilkades Sumberlesung Ratusan massa cakades Sumberlesung melakukan demonstrasi di depan Balai Desa (foto : Didik Sujoko)
JEMBER, PENA NUSANTARA - Deklarasi damai penyelenggaraan pilkades yang diikuti seluruh calon kepala desa (cakades) beberapa waktu lalu rupanya tidak mempan mengantisipasi gejolak di bawah. Ratusan warga Desa Sumberlesung, Kecamatan Ledokombo Senin (9/9/2019) pagi melakukan unjuk rasa di depan Balai Desa menolak hasil keputusan pemilihan kepala desa yang digelar Kamis (5/9/2019) kemarin. 

Ratusan massa simpatisan cakades nomor urut 1 Hj. Siti Kholifah menduga ada kecurangan dalam pelaksanaan pilkades gelombang pertama tersebut. Koordinator aksi, Hendro Handoko mengaku sebelumnya telah berupaya melakukan koordinasi dengan pihak panitia namun hasilnya buntu. 

"Kami mewakili timses nomor urut satu tidak menerima hasil dari pilkades kemarin karena terlalu banyak kejanggalan dan kecurangan," tuturnya. 

Timses cakades nomor urut 1 ngotot untuk dilakukan pemilihan ulang. Salah satu kejanggalan menurut mereka terjadi pada saat pencoblosan. Warga wajib membawa KTP, tanpa kartu identitas tersebut panitia menolak. Namun faktanya, ketika warga kembali dengan membawa KTP, panitia pilkades tetap menolak.

"Panitia mengatakan tidak bisa ikut mencoblos karena sudah ada yang mencoblos, ini kan sudah tidak benar. Jadi kami meminta dilakukan pemilihan ulang bukan penghitungan ulang karena pemilihan ulang harga mati bagi kami," tandasnya. 

Salah seorang timses lainnya menyebut, dalam pelaksanaan pilkades tidak hanya terjadi kecurangan tetapi juga ketidaknetralan dalam tubuh panitia. "Tim panitia ada yang berasal dari keluarga cakades nomor urut dua, mulai dari orang tuanya, istrinya, dan anaknya," terang Hodri. 

Sementara, Ketua Panitia Pilkades Sumberlesung menyatakan tidak bisa memenuhi tuntutan dari warga pendukung cakades nomor urut 1 soal pemilihan ulang. Nanok Sugiharto menegaskan, pihak panitia sudah melakukan tugasnya sesuai dengan tahapan tahapan yang telah ditentukan. 

Ditolaknya tuntutan warga akhirnya tidak bisa mengganggu gugat hasil Pilkades Sumberlesung yang dimenangkan oleh sang petahana, Sumardi. Perolehan suaranya terpaut tipis dibandingkan cakades nomor urut 1 Hj. Siti Kholifah dengan selisih 74 suara.


Bupati Faida Pantau Pilkades di Balung Lor
Kamis, 12-09-2019 - 18:00:00

Bupati Faida Pantau Pilkades di Balung Lor

JEMBER, PENA NUSANTARA – Pelaksanaan Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap II digelar di wilayah . . .
Headline | 41 Kali dibaca
Isu Ijazah Palsu Kandidat Jelang Pilkades Sumber Pinang Pakusari
Jumat, 12-07-2019 - 13:00:00

Isu Ijazah Palsu Kandidat Jelang Pilkades Sumber Pinang Pakusari

JEMBER, PENA NUSANTARA - Jelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Jember pada September 2019 terselip pergunjingan di . . .
Headline | 474 Kali dibaca
Isi Kekosongan Jelang Pilkades Serentak, Wabup Jember Lantik 25 Pj Kades
Jumat, 24-05-2019 - 19:00:00

Isi Kekosongan Jelang Pilkades Serentak, Wabup Jember Lantik 25 Pj Kades

JEMBER, PENA NUSANTARA - Sejumlah posisi kepala desa yang lowong akhirnya terisi setelah Wakil Bupati Jember Abdul Muqiet Arief melantik . . .
Headline | 404 Kali dibaca
Merasa Ditipu, Oknum Politisi NasDem Dilaporkan ke Polres Jember
Selasa, 12-03-2019 - 19:00:00

Merasa Ditipu, Oknum Politisi NasDem Dilaporkan ke Polres Jember

JEMBER, PENA NUSANTARA - Sejumlah warga dari berbagai desa di Kecamatan Mumbulsari, Jember mendatangi Mapolres Jember Selasa (12/2) siang. Mereka . . .
Headline | 688 Kali dibaca
Top