Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Perangkat dan Pendamping Desa Serentak Selesaikan IDM 2019

Perangkat dan Pendamping Desa Serentak Selesaikan IDM 2019 Foto : Istimewa
JEMBER, PENA NUSANTARA - Sejumlah perangkat dan pendamping desa menyelesaikan pemutakhiran data Index Desa Membangun (IDM) tahun 2019 sesuai permintaan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). 

Kementerian meminta pemutakhiran IDM tersebut dalam penginputan yang dilakukan secara online melalui website yang telah disediakan. Untuk itu, 226 desa di Jember telah melakukan pemutakhiran yang dimulai sejak beberapa hari lalu dan, hari ini Minggu (15/9/2019) merupakan batas akhir penginputan. 

Fityatur Rohmah salah seorang operator Desa Rowotamtu, Rambipuji mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk finalisasi dalam pemutakhiran IDM 2019 yang dilakukan serentak di Jember. "Kegiatan ini dilakukan secara bersama karena hari ini merupakan batas waktu yang ditentukan oleh kementerian," ucapnya. 

Fitya menyampaikan, dirinya bersama rekan-rekannya se-Kecamatan Rambipuji hari ini bakal lembur bersama dengan tujuan semua desa se-kecamatan bisa selesai bersamaan.

Di samping itu, selain menuntaskan agenda pemutakhiran data hal ini juga sekaligus sebagai sarana untuk berdiskusi terkait beberapa kegiatan di desa. Mulai dari penganggaran sampai dengan penatausahaan serta pengelola keuangan desa di tahun 2019.

"Lembur bersama ini juga dilakukan berupa diskusi kecil terkait tata kelola keuangan ADD, DD dan BGH tahun 2019," ungkapnya.

Kegiatan pemutakhiran IDM hari terakhir ini melibatkan Pendamping Lokal Desa (PLD), pendamping desa tingkat kecamatan, serta pendamping kabupaten untuk memberikan fasilitasi terhadap sejumlah perangkat dalam tata cara penginputan data secara online.


Penempatan Tugas Pendamping Desa Program DMIJ Plus Terintegrasi, Bupati Inhil: Jangan Cengeng
Rabu, 02-01-2019 - 18:05:00

Penempatan Tugas Pendamping Desa Program DMIJ Plus Terintegrasi, Bupati Inhil: Jangan Cengeng

INHIL, PENA NUSANTARA - Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan meminta agar para pendamping desa program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) . . .
Pemerintahan | 227 Kali dibaca
Bupati Faida Targetkan Puskesmas Merah Putih Selesai 2019
Jumat, 07-12-2018 - 16:50:00

Bupati Faida Targetkan Puskesmas Merah Putih Selesai 2019

JEMBER, PENA NUSANTARA - Untuk memberikan pelayanan kesehatan secara optimal sekaligus menjamin kesehatan masyarakat di wilayah kecamatan dan desa, Bupati . . .
Headline | 384 Kali dibaca
Permudah Administrasi dan Persempit Penyelewengan, Desa Pelajari Siskeudes
Senin, 01-10-2018 - 19:00:00

Permudah Administrasi dan Persempit Penyelewengan, Desa Pelajari Siskeudes

JEMBER, PENA NUSANTARA - Sesuai surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dipemasdes) . . .
Citizen Reporter | 240 Kali dibaca
Terkait GTT dan PTT, Dispendik Jember Targetkan Selesai Juli 2018
Minggu, 24-06-2018 - 21:00:00

Terkait GTT dan PTT, Dispendik Jember Targetkan Selesai Juli 2018

JEMBER, PENA NUSANTARA - Plt Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Pemkab Jember Muhammad Ghozali menargetkan, apa yang dialami Guru Tidak Tetap . . .
Headline | 1431 Kali dibaca
Top