Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

WCDI 2019, Bupati Jember: Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi?

WCDI 2019, Bupati Jember: Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi? Foto : Istimewa
JEMBER, PENA NUSANTARA - Bertepatan dengan Hari Perdamaian Internasional, World Clean Up Day 2019 digelar pada 21 September 2019 bertemakan ‘Clean Up for Peaceful Indonesia’.  Di Jember, kegiatan WCDI 2019 dilaksanakan di 3 titik, yakni di jembatan Kaliwates, pasar buah Balung dan Tanoker Ledokombo. 

Diawali dengan registrasi peserta yang dimulai pada pukul 06.00 WIB pagi dan dilanjut dengan acara seremonial. Dalam sambutannya, dr. Hj Faida, MMR selaku Bupati Jember mengapresiasi inisiatif generasi muda di Jember yang peduli akan kebersihan lingkungannya.

“Hari ini saya yakini sukses bukan karena saya, tetapi jika anak muda yang di depan dan kita mendukung perjuangannya bersama” ucap Faida. 

Tak ingin generasi muda hanya ikut-ikutan, bupati imbau agar mereka melakukan kegiatan kebersihan dengan penuh kesadaran dari diri masing-masing.

“Kita semua harus ambil bagian dalam  membersihkan lingkungan kita, membersihkan sampah dan peduli kebersihan dunia yang dimulai dari lingkungan terdekat” tegasnya.

Bupati menilai jika bersih-bersih adalah hal yang mudah, tetapi ketika kegiatan bersih-bersih dijadikan sebagai tanggung jawab bersama maka inilah bentuk kemajuan perubahan  budaya. Ia mencontohkan kebiasaan buang sampah sembarangan dengan tumpukan sampah yang berada di bawah jembatan Kaliwates, padahal di sekitar lokasi tersebut sudah disediakan TPS bagi warga setempat. Maka dari itu, masyarakat yang peduli lingkungan ini yang nantinya mampu mendukung lahirnya Perda sampah di Kabupaten Jember. 

Sedikit dijelaskan oleh Bupati, bahwa Perda sampah nantinya juga akan mengatur tentang pemberian sanksi bagi siapa saja yang membuang sampah sembarangan di Jember. Tak hanya berupa uang, namun juga ada sistem OTT dengan memasukkan mereka ke kelas manajemen sampah yang akan dituntun oleh aktivis lingkungan.

“Jika lahirnya Perda ini dengan dukungan masyarakat, maka ketika terlahir, diimplementasikannya juga akan mendapat dukungan penuh dari masyarakat,” katanya.

Dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Jember ditunjukkan dengan keikutsertaan seluruh jajaran forkopimda dan  pemberian fasilitas yang dibutuhkan. Bupati menghimbau agar masyarakat mampu menjaga lingkungannya sendiri. “Ini lingkungan kita, ini bumi kita , ini tempat tinggal kita, kalau bukan kita yang peduli lalu siapa lagi?” kata Bupati. 

Parmuji, selaku leader WCDI Kabupaten Jember mengaku bersyukur dengan dukungan dari pemerintah yang akhirnya bisa menjadi suntikan semangat untuk masyarakat agar lebih cinta lingkungan. Dirinya juga menyampaikan jika nanti para relawan WCDI ini akan dilatih supaya bisa menjadi bagian dari tim yang mampu mengedukasi masyarakat tentang tata cara pengelolaan sampah.

”Harapannya adalah relawan bisa dikemas menjadi tim edukasi kepada masyarakat,” akunya.

Kurang lebih 80 komunitas di Jember dan ratusan relawan perorangan tergabung dalam aksi bersih-bersih terbesar di dunia ini. Dari informasi yang didapatkan, lebih dari 10 ton sampah berhasil dikumpulkan dalam kegiatan WCDI 2019.

Sebagai bukti keikutsertaan para relawan, panitia WCDI mempersilahkan mereka untuk memposting di media sosial masing-masing  dengan hashtag #kami13juta, #Jemberbersihmakinsuka serta tak lupa menandai akun @wcdid_jatim_jember.


Bupati Inhil dan Kapolda Riau Bagikan 500 Sertifikat Tanah Gratis
Jumat, 12-04-2019 - 21:20:00

Bupati Inhil dan Kapolda Riau Bagikan 500 Sertifikat Tanah Gratis

INHIL, PENA NUSANTARA - Bupati Indragirihilir, HM Wardan bersama Kapolda Riau, Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo membagikan 500 sertifikat tanah . . .
Headline | 220 Kali dibaca
Bupati Jember Melalui Dipemasdes Lakukan Percepatan Penyaluran DD Tahap 3
Jumat, 07-12-2018 - 14:00:00

Bupati Jember Melalui Dipemasdes Lakukan Percepatan Penyaluran DD Tahap 3

JEMBER, PENA NUSANTARA - Akhir November kemarin Dana Desa tahap 3 telah disalurkan dari rekening kas uang negara (RKUN) ke . . .
Citizen Reporter | 289 Kali dibaca
Semarakkan UMKM Batik Jember, OJK Helat Fashion Show Siswa SLB
Minggu, 02-12-2018 - 07:00:00

Semarakkan UMKM Batik Jember, OJK Helat Fashion Show Siswa SLB

JEMBER, PENA NUSANTARA - Dalam rangka memeriahkan Semarak UMKM Batik Jember, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan Fashion Show batik di . . .
Headline | 231 Kali dibaca
Wakil Bupati Jember Buka Job Fair Jember 2018
Senin, 05-11-2018 - 22:00:00

Wakil Bupati Jember Buka Job Fair Jember 2018

JEMBER, PENA NUSANTARA - Berkurangnya pengangguran menjadi salah satu barometer kesuksesan pemerintahan. Upaya penurunan angka pengangguran perlu sinergi dengan semua . . .
Headline | 244 Kali dibaca
Top