Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Polres Gresik Putus Mata Rantai Perdagangan Satwa Lindung

Polres Gresik Putus Mata Rantai Perdagangan Satwa Lindung Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo memimpin pers rilis kasus satwa dilindungi
GRESIK, PENA NUSANTARA - Kepolisian Resort Gresik mengungkap 2 perkara pidana yang melibatkan satwa-satwa dilindungi. Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo dalam konferensi pers Selasa (08/10) siang mengatakan, kedua kasus tersebut bisa dibongkar jajaran Satreskrim dari adanya informasi di bawah. 

Kasus pertama dalam kepemilikan satwa dilindungi tanpa izin, polisi mengamankan seorang tersangka Dani Agus Saputra (31) warga Desa Golokan, Kecamatan Sidayu pada Selasa (10/09).

Satreskrim kata Kusworo, menerima informasi ada pihak yang memelihara satwa berupa merak hijau. Polisi kemudian melakukan penyelidikan di sebuah rumah milik Slamet Hariyanto. Di rumah tersebut petugas mendapati 5 ekor burung merak hijau dalam keadaan hidup di sebuah kandang di dalam rumah. Belakangan diketahui, binatang tersebut milik Dani Agus Saputra, menantunya. 

Pada kasus kedua, polisi mengungkap kasus jual beli satwa dilindungi dan mengamankan 2 orang penjualnya pada Selasa (17/9). "Anggota Reskrim Polres Gresik mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa di kawasan Menganti ada pihak yang memperjualbelikan burung jenis Takur Api dan Tangkar Uli Sumatera di pinggir jalan secara langsung yang mana kedua jenis burung tersebut adalah satwa yang dilindungi negara. Setelah dilakukan penyelidikan Satreskrim mengamankan 2 orang penjual beserta barang bukti guna penyidikan lebih lanjut," ungkap mantan Kapolres Jember ini. 

Seluruhnya, polisi mengamankan sejumlah satwa di antaranya 5 ekor Merak Hijau, 6 ekor burung Takur Api, dan 2 ekor burung Tangkar Uli Sumatera.

Sementara itu, Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wil II RM. Wiwied Widodo mengapresiasi upaya Polres Gresik dalam mengungkap kasus satwa-satwa yang dilindungi. "Terimakasih kepada Polres Gresik yang telah memutus mata rantai perdagangan satwa dilindungi," tuturnya. 

Ke depannya kata Wiwied, pihak BKSDA akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap sejumlah satwa tersebut dan akan dilepas jika sudah siap. 

"Barang bukti akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan melatih agar bisa beradaptasi dengan alamnya. Setelah siap, akan dilakukan pelepas liarkan," katanya.

Dalam kasus ini polisi bakal menjerat tersangka dengan Pasal 40 ayat 2 jo Pasal 21 ayat 2 huruf A UU RI No. 5 tahun 1990 tentang Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan ancaman hukuman paling lama 5 tahun dan denda paling banyak 100 juta rupiah.


Polres Jember Ringkus Kawanan Spesialis Rumah Kosong
Kamis, 07-03-2019 - 18:00:00

Polres Jember Ringkus Kawanan Spesialis Rumah Kosong

JEMBER, PENA NUSANTARA - Berawal dari kecurigaan warga, Polres Jember berhasil mengamankan 2 pelaku spesialis pembobol rumah kosong saat melancarkan . . .
Headline | 189 Kali dibaca
Polres Jember Tangkap Warga Bondowoso Jual Belikan Satwa Dilindungi
Kamis, 01-11-2018 - 15:30:00

Polres Jember Tangkap Warga Bondowoso Jual Belikan Satwa Dilindungi

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kepolisian Sektor Arjasa, Polres Jember bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jember berhasil . . .
Headline | 203 Kali dibaca
Polres Jember Kembali Buka Pasar Murah Ramadhan 2018
Kamis, 07-06-2018 - 13:00:00

Polres Jember Kembali Buka Pasar Murah Ramadhan 2018

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kepolisian Resort Jember kembali menggelar pasar murah ramadhan 2018, yang dibuka mulai tanggal 9-10 Juni, Sabtu . . .
Headline | 242 Kali dibaca
Polres Jember Gagalkan Perdagangan Puluhan Ribu Batang Rokok Ilegal
Kamis, 21-12-2017 - 17:42:18

Polres Jember Gagalkan Perdagangan Puluhan Ribu Batang Rokok Ilegal

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kepolisian Resor Jember mengamankan puluhan ribu batang rokok tanpa pita cukai beserta seorang pelakunya. Rokok ilegal . . .
Hukum Kriminal | 380 Kali dibaca
Top