Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

HSN 2019, Ribuan Santri MWCNU Balung Gelar Apel dan Kirab Akbar

HSN 2019, Ribuan Santri MWCNU Balung Gelar Apel dan Kirab Akbar Foto : Istimewa
JEMBER, PENA NUSANTARA - "Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia" menjadi tema dalam Apel dan Kirab Santri dan Pelajar NU Ma'arif sewilayah MWCNU Kecamatan Balung pada Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019. Ribuan orang dilibatkan pada HSN tahun kelima ini di Lapangan Orora Ruang Terbuka Hijau (RTH) alun-alun Balung, Senin (21/10/2019).

Ahmad Jamaluddin Ketua Panitia Apel dan Kirab HSN mengatakan, hari santri di Balung dikemas dengan menggelar apel akbar dengan tujuan untuk mempererat hubungan emosional sesama warga. "Tujuannya untuk menunjukkan kebersamaan, warga islam itu besar juga banyak dan insyaallah NU (Nahdlatul Ulama) bisa jadi organisasi yang bisa mengayomi warga," tuturnya. 

Tidak hanya kalangan santri yang mengikuti apel akbar tersebut, masyarakat dan tokoh lintas agama turut diundang agar keberagaman tidak lagi menjadi perbedaan tetapi bisa menjadi satu dalam bingkai bhinneka tunggal ika.

"Tujuan utamanya menciptakan kerukunan dan kebersamaan biar tidak ada saling caci, tidak ada ujaran kebencian baik dan yang ada di sini lebih-lebih yang ada di luar Jawa. Karena kita tahu di Jawa mayoritas islam tapi saudara kita di luar sana juga banyak kebetulan menjadi minoritas di wilayah itu. Dengan mengayomi di sini otomatis mereka saudara kita di luar Jawa juga terayomi oleh yang mayoritas," jelas Jamaluddin yang menyebut apel dan kirab santri di Balung diikuti 6 ribuan orang. 

Seorang santri yang mengikuti apel dan kirab akbar salah satunya adalah Abdussalam. Pengusaha properti yang baru-baru ini mendaftar sebagai bakal calon Bupati Jember lewat Partai NasDem itu mengatakan, hari santri merupakan bentuk apresiasi pemerintah Indonesia terhadap peran dan jasa santri selama ini. 

Tahun 2019 HSN genap berusia lima tahun. HSN ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015 melalui Keppres nomor 22 tahun 2015. Penetapan HSN setiap tanggal 22 Oktober tersebut  adalah  bentuk penghargaan pemerintah terhadap peran para santri dalam memperjuangkan dan mengisi kemerdekaan Indonesia. 

Cak Salam sapaan akrab Abdussalam berharap para santri bisa menjadi agen perdamaian sesuai dengan tema Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia. "Karena kita memiliki aset luar biasa yaitu Indonesia dengan keberagamannya itu bisa bersatu yang ini tidak dimiliki bangsa lain. Dan dengan keberagaman itu Indonesia bisa damai dan aman sejahtera," katanya.


Hut 121 Bank Bri Aceh Tamiang Gelar Berbagai Acara
Senin, 19-12-2016 - 00:00:00

Hut 121 Bank Bri Aceh Tamiang Gelar Berbagai Acara

Pena Nusantara, Aceh - Kompak. Ratusan orang (peserta) serentak memakai baju berwarna putih dan oranye bertuliskan 121 Bank BRI. Memeriahkan . . .
Headline | 123 Kali dibaca
Ribuan Buruh Tani Gelar Aksi Di Depan Pemkab Jember
Selasa, 27-09-2016 - 00:00:00

Ribuan Buruh Tani Gelar Aksi Di Depan Pemkab Jember

Jember -Ribuan pria wanita dari yang muda sampai lanjut usia, se-Kabupaten Jember yang tergabung dalam Serikat Tani Independen (SEKTI), turun . . .
Headline | 259 Kali dibaca
Top