Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Sejumlah Desa di Jember Percepat Pengajuan Pencairan DD Tahap 3

Sejumlah Desa di Jember Percepat Pengajuan Pencairan DD Tahap 3 Suasana Kantor Desa Rowotamtu
JEMBER, PENA NUSANTARA - Pemerintah pusat telah mencairkan anggaran Dana Desa (DD) tahap ketiga Kabupaten Jember yang saat ini berada di rekening kas umum RKUD kabupaten. Sejumlah desa pun bersiap mengajukan pencairan tahap ketiga kepada pemda setempat agar penyerapan realisasi segera dilakukan mengingat bulan ini memasuki fase akhir tahun dan pembangunan harus segera diselesaikan. 

Rowotamtu, menjadi salah satu desa di Kecamatan Rambipuji yang melakukan pengajuan tersebut. Sejumlah perangkat kompak bekerjasama sama membuat dokumen pengajuan yang akan dibawa ke kecamatan untuk diverifikasi sebelum masuk ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispemasdes) Pemkab Jember. 

Ketua Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD) Jainuri mengatakan, saat ini dirinya bersama bendahara serta Kaur yang masuk keanggotaan PPKD sedang melakukan penyusunan dokumen pengajuan DD tahap 3 yang ditujukan ke kecamatan dan Dispemasdes. 

Pengajuan yang dilakukan Desa Rowotamtu tidak hanya DD saja namun kata Jainuri, anggaran yang lain pun juga ikut diajukan mengingat agar di akhir tahun ini seluruh anggaran segera terserap semuanya dan direalisasikan sesuai belanja yang ada di dokumen APBDes 2019. 

"Anggaran yang kami ajukan saat ini selain DD tahap 3 juga mengajukan belanja rutin berupa Siltap perangkat dan operasional yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (DD)," katanya saat wawancara, Rabu (30/10). 

Setelah semua pengajuan dari 2 sumber anggaran di atas telah masuk ke rekening kas desa (RKDes) maka pihaknya bersama PPKD melanjutkan pengajuan kembali untuk anggaran pajak. "Dana pajak yang kita ajukan meliputi bagi hasil (BGH) retribusi sama BGH pajak," jelasnya. 

Jainuri berharap, pengajuan yang telah dilakukan Desa Rowotamtu bisa segera dicairkan agar kegiatan pembangunan lanjutan di desa segera diselesaikan.

"Jika di akhir tahun kegiatan pembangunan desa kami selesai, maka kami bisa segera membuat dokumen pertanggungjawaban pengguna anggaran selama tahun 2019," pungkasnya.


Kapolres Jember Raih Penghargaan Polisi Teladan
Senin, 09-09-2019 - 11:00:00

Kapolres Jember Raih Penghargaan Polisi Teladan

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo kembali mendapatkan penghargaan prestisius di jajaran Polda Jawa Timur. Perwira menengah . . .
Headline | 448 Kali dibaca
Cakades di Jember Dilaporkan ke Polisi Atas Dugaan Pencurian Kayu
Sabtu, 07-09-2019 - 13:00:00

Cakades di Jember Dilaporkan ke Polisi Atas Dugaan Pencurian Kayu

JEMBER, PENA NUSANTARA – Calon Kades (petahana) Rambigundam, Mangsur harus berurusan dengan kepolisian setelah dilaporkan . . .
Headline | 657 Kali dibaca
Berjalan Kaki Kapolres Jember Patroli Bangunkan Warga Sahur
Jumat, 10-05-2019 - 11:00:00

Berjalan Kaki Kapolres Jember Patroli Bangunkan Warga Sahur

JEMBER, PENA NUSANTARA - Patroli sahur tidak menggunakan kendaraan. Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo memimpin langsung patroli dengan berjalan kaki . . .
Headline | 275 Kali dibaca
Kapolres Jember Raih Penghargaan di Ajang PWI Award
Kamis, 28-03-2019 - 18:00:00

Kapolres Jember Raih Penghargaan di Ajang PWI Award

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kerjasama dan komunikasi yang baik memang menjadi kunci utama sebuah keberhasilan. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh . . .
Headline | 166 Kali dibaca
Top