Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Tim Unej Serahkan 3000 Bibit Ikan Lele untuk Budikdamber di Gumukmas

Tim Unej Serahkan 3000 Bibit Ikan Lele untuk Budikdamber di Gumukmas Budidaya Ikan Dalam Ember
JEMBER, PENA NUSANTARA - Tim pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Baiq Lily Handayani, S.Sos, M.Sosio dari Prodi Sosiologi Fisip Universitas Jember, bersama dua rekannya Agustin Wulan Suci D, drg, MDSc dan Dini Kurniawati, S.Kep, Ns, M.Psi, M.Kep, Sp. Kep.Mat. melakukan pelatihan budidaya ikan dalam ember di Kecamatan Gumukmas, Jember.

Sasaran kegiatan tersebut adalah mantan penderita kusta dan keluarganya. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun ketahanan pangan keluarga dan kemandirian ekonomi penderita dan eks penderita kusta. 

Ditemui pasca kegiatan tersebut, Baiq Lily yang juga pengajar mata kuliah Masyarakat Minapolitan itu menjelaskan bahwa Budikdamber atau budidaya ikan dalam ember, memiliki banyak keuntungan di antaranya tidak memerlukan lahan yang luas. Peralatan dan bahan yang digunakan juga terjangkau yakni perkolam hanya membutuhkan biaya 130 ribu rupiah, bisa mendapatkan sayuran organik yang segar dan bisa panen ikan lele yang segar untuk tambahan gizi keluarga.

"Selain itu, keberadaan ikan dalam ember bisa mengurangi persebaran nyamuk serta air buangan dari kolam bisa digunakan untuk pupuk tanaman," terangnya, Rabu (30/10).

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Beberapa peserta secara aktif bertanya, baik mengenai jenis ikan yang bisa di budidayakan dalam ember, jenis sayuran yang bisa diletakkan diatas ember, maupun cara pemeliharaan ikan. 

“Kami hari ini menyerahkan 3000 bibit ikan lele, 30 ember ukuran 80 liter, 120 kg pakan, 34 bungkus arang, 450 gelas plastik untuk tempat sayuran, 200 meter kawat untuk menggantung gelas serta bibit kangkung untuk ditanam," kata pengajar mata kuliah Revolusi Biru ini. 

Lily menyatakan, kegiatan tersebut mendapat tanggapan yang positif dari pihak kecamatan di mana Camat Gumukmas ikut turun membagikan bibit. "Bapak Camat langsung mendampingi proses pembagian bibit tersebut. Beliau juga langsung berkoordinasi dengan bagian peternakan dan pertanian untuk keberlanjutan program tersebut," ucapnya.

Selain peserta dari penderita dan eks penderita kusta, alat dan bahan juga dibagikan kepada perwakilan PKK 8 desa dan kecamatan Gumukmas. Hal ini ditujukan untuk mengedukasi dan menstimulasi masyarakat sekitar untuk mau mencoba dan membudidayakan ikan dalam ember.


Netizen Heboh, Pertanyakan Bantuan Kementan RI yang
Selasa, 02-10-2018 - 11:00:00

Netizen Heboh, Pertanyakan Bantuan Kementan RI yang 'Dibagi Rata' di Gumukmas

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kementan RI menyalurkan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (#Bekerja) kepada Rumah Tangga Miskin(RTM) di Desa Karangrejo . . .
Headline | 384 Kali dibaca
Kementan Serahkan Bantuan Bibit Ayam Kampung di Jember
Kamis, 27-09-2018 - 10:00:00

Kementan Serahkan Bantuan Bibit Ayam Kampung di Jember

JEMBER, PENA NUSANTARA - Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Pusat Veteriner Farma (Ditjen PKH) Kementrian Pertanian kembali memberi bantuan . . .
Headline | 428 Kali dibaca
Top