Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Gandeng Primagama, Al-Qodiri IV Gelar Try Out dengan 676 Pelajar dari 5 Kecamatan

Gandeng Primagama, Al-Qodiri IV Gelar Try Out dengan 676 Pelajar dari 5 Kecamatan Suasana Try Out di ruang kelas Ponpes Nurul Chotib Al-Qodiri VI
JEMBER, PENA NUSANTARA - Uji coba ujian atau Try Out, yang diselenggarakan oleh Ponpes Nurul Chotib Al-Qodiri IV menarik animo puluhan Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dari 5 kecamatan di wilayah Jember bagian barat.

Sebanyak 36 SD/MI dari kecamatan Tanggul, Jombang, Kencong, Semboro, dan Sumberbaru itu mengirimkan 676 pelajar dalam try out yang dilaksanakan selama 2 hari sejak 4-5 November 2019 di Ponpes Nurul Chotib, Wringinagung, Jombang, Jember.

Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Qodiri IV Hermin mengungkapkan, meski baru pertama kali diselenggarakan oleh pihaknya tetapi, kegiatan yang bekerjasama dengan lembaga kursus Primagama tersebut sangat diminati. Dia mengaku jumlah pelajar yang terdaftar melebihi ekspektasinya bahkan, melampaui kuota yang disediakan. 

Sejatinya kata Hermin, pendaftaran untuk mengikuti Try Out dibuka sejak 7 September - 25 Oktober 2019 namun, ia terpaksa menutupnya lebih awal karena jumlah pendaftar yang membeludak. "Karena kuotanya sudah penuh. Kami awalnya  menyediakan kuota 500 peserta saja. Kalau dilanjutkan (buka pendaftaran) bisa mencapai seribuan pendaftar," tutur wanita yang telah mengabdi di Ponpes Nurul Chotib Al-Qodiri IV selama 18 tahun itu.

Hermin menjelaskan, kegiatan uji coba ujian ini sangat penting bagi siswa dalam rangka menyongsong ujian semester dan ujian lain ke depannya. Untuk itu, dengan mengikuti Try Out ini bisa menjadi tolok ukur sampai mana kompetensi masing-masing. 

Melalui kegiatan ini Hermin ingin menunjukkan kepada masyarakat utamanya agar merubah pola pikirnya bahwa lembaga pendidikan swasta maupun madrasah di desa bisa bersaing dengan sekolah-sekolah negeri yang lain. Dia meyakini, sekolah swasta yang ada di desa juga bisa memiliki prestasi yang membanggakan.

Di tempat yang sama, Ika Setia seorang staf bidang akademik Primagama mengatakan, ujian uji coba tersebut dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam menyelesaikan soal-soal ujian sebenarnya yang notabene materinya sebagian besar disertakan dalam try out kali ini. 

Untuk diketahui, kegiatan uji coba ujian bagi SD/MI ini merupakan rangkaian acara Dies Natalis ke 29 Ponpes Nurul Chotib Al-Qodiri IV Jember yang akan digelar pada 10 November 2019 esok.


Tidak ada artikel terkait

Top