Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Alami Peningkatan Kini PDAM Jember Peringkat 6 Nasional Kinerja Terbaik

Alami Peningkatan Kini PDAM Jember Peringkat 6 Nasional Kinerja Terbaik -
JEMBER, PENA NUSANTARA - Dalam 3 tahun terakhir kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jember mengalami tren yang positif. Hal itu membuat rating badan usaha milik daerah tersebut melonjak drastis dari tahun-tahun sebelumnya. 

Direktur PDAM Jember Ady Setiawan saat jumpa pers Jumat (6/12) siang mengatakan, PDAM Jember mendapatkan skor 4.07 dalam kategori PDAM Sangat Sehat berdasarkan hasil audit kinerja yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Timur melalui Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) yang kemudian dilaporkan ke Kementerian PUPR.

Dengan skor tersebut kata Ady, secara nasional PDAM Jember menempati peringkat 6 kinerja terbaik se-Indonesia. Sebelumnya, pada 2017 PDAM Jember berada di peringkat 17 dan pada 2018 bertengger di peringkat 12. 

"Tetapi untuk kluster kategori menengah atau dengan jumlah pelanggan 20 ribu sampai 50 ribu PDAM Jember berada di peringkat 1 secara nasional se-Indonesia," ucapnya bangga.

Ady mengungkapkan, setiap tahun BPKP melakukan audit terhadap PDAM di seluruh Indonesia. Beberapa yang menjadi penilaian di antaranya adalah aspek keuangan, bagaimana return of Investment-nya atau biaya operasional dan tingkat penagihannya.

"Kemudian, ada aspek pelayanan termasuk di dalamnya pertumbuhan pelanggan, dan kualitas daripada airnya. Terakhir, ada aspek sumber daya manusia meliputi jumlah sertifikasi terhadap karyawan," terangnya.

Dengan torehan yang dicapai tersebut tidak lantas membuat PDAM Jember jumawa. Ady menyebut, tantangan ke depannya semakin berat apalagi di musim kemarau.

"Tantangannya ke depan di musim kemarau ini kami mengalami degradasi sumber mata air yang luar biasa hampir 50 persen, sehingga saya juga mohon maaf melalui kesempatan ini kepada pelanggan PDAM khususnya di cluster area Patrang yang hingga saat ini di musim kemarau kita lakukan penggiliran," katanya. 

Untuk mengatasi krisis air, rencananya PDAM Jember akan melakukan investasi dengan adanya sumber-sumber baru baik melalui Spam regional di Waduk Candik di Bondowoso atau bekerjasama dengan Taiwan Water Corp agar pelanggan di wilayah yang kekurangan air pada saat kemarau bisa teratasi.


Aksi Ratusan Santri di Jember Mengecam Fadli Zon
Minggu, 10-02-2019 - 14:00:00

Aksi Ratusan Santri di Jember Mengecam Fadli Zon

JEMBER, PENA NUSANTARA - Sebuah puisi karya Fadli Zon memantik reaksi keras dari kalangan umat islam di Indonesia. Bahkan, di . . .
Headline | 502 Kali dibaca
Klub Penerbangan Indonesia Dukung Jember Kembangkan Olahraga Dirgantara
Rabu, 28-11-2018 - 20:00:00

Klub Penerbangan Indonesia Dukung Jember Kembangkan Olahraga Dirgantara

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kesuksesan Kabupaten Jember menggelar Kejurnas Terbang Layang di Bandara Notohadinegoro beberapa waktu lalu rupanya menarik perhatian . . .
Headline | 301 Kali dibaca
Peran Orang Tua dan Peringatan Hari Lansia Nasional di Jember
Sabtu, 30-06-2018 - 11:00:00

Peran Orang Tua dan Peringatan Hari Lansia Nasional di Jember

JEMBER, PENA NUSANTARA - Rangkaian kegiatan Pemkab Jember selama sebulan dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni berakhir hari . . .
Headline | 341 Kali dibaca
Penerimaan Selain Amnesty Pajak, Kanwil DJP Jatim III Raih Peringkat 2 Nasional
Kamis, 22-02-2018 - 16:01:42

Penerimaan Selain Amnesty Pajak, Kanwil DJP Jatim III Raih Peringkat 2 Nasional

JEMBER, PENA NUSANTARA – Prestasi bidang perpajakan diperoleh Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III. Di tingkat . . .
Peristiwa | 238 Kali dibaca
Top