Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Kades Kaliwining Dicurhati Warganya Soal Pembangunan Pasar

Kades Kaliwining Dicurhati Warganya Soal Pembangunan Pasar Kepala Desa Kaliwining Syamsul Arifin Bercengkrama dengan ibu-ibu di pasar
JEMBER, PENA NUSANTARA - Syamsul Arifin, Kepala Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji terlihat turun ke lapangan usai dilantik pada Oktober kemarin. Sejumlah masyarakat menyampaikan langsung curahan hatinya kepada Syamsul salah satunya mengenai rehabilitasi pasar di desa setempat. 

Syamsul mengatakan, dengan sisa anggaran yang ada di tahun 2019 ini pihaknya akan berupaya mewujudkan impian warga untuk membangun dan memperbaiki pasar yang selama ini menjadi sumber mengais rezeki. 

Ada beberapa keinginan warga yang menurut Syamsul masih belum tercover via anggaran tahun 2019. "Salah satu dari keinginan tersebut ialah pembangunan pasar di Dusun Gayam. Sebab pasar yang ada saat ini adalah sarana untuk roda ekonomi bagi warga," ucapnya saat ditemui di sela kegiatan, Senin (9/12). 

Untuk merealisasikan janjinya, Syamsul akan menggunakan anggaran bagi hasil pajak (BGH) yang bersumber dari APBD Kabupaten Jember. "Kebetulan sekali ada anggaran yang pengalokasiannya juga diperuntukkan untuk pembangunan pasar dan itu juga menjawab dari keinginan masyarakat," katanya. 

Syamsul mengungkapkan, anggaran yang disiapkan sebesar 98 juta."Pembangunan pasar dalam aturan di Perbup 75 tentang alokasi pembangunan yang bersumber dari BGH harus melibatkan konsultan perencanaan, dan hal itu juga sudah kami lakukan dengan konsultan khusus di bidang perencanaan untuk membuat spek kegiatan pembangunan dan anggarannya sebesar 98 juta," terangnya. 

Selain masalah pasar, target yang akan disasar Syamsul adalah pembangunan jalan lingkungan serta jalan poros yang menjadi akses transportasi untuk kegiatan perekonomian warga. Pembangunan tersebut terletak di beberapa dusun salah satunya Dusun Loji dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD).

"Pemdes Kaliwining di tahun 2020 akan memaksimalkan pembangunan, baik di bidang infrastruktur maupun sumber daya manusia, serta menjamin kesejahteraan sesuai dengan visi misinya. Wujud pembangunan infrastruktur di antaranya pembangunan jalan, saluran drainase, serta pembangunan tembok penahan tanah serta saluran irigasi untuk pertanian. Sementara untuk pembangunan SDM bagi warga melalui pemberian pelatihan seperti pelatihan ekonomi kerakyatan, pelatihan bagi kepala rumah tangga perempuan, pelatihan kepemudaan karang taruna dan lain sebagainya," jelasnya.

Diluar itu, tahun 2020 untuk konvergensi pencegahan stunting juga akan lebih dimaksimalkan, sebab hal tersebut juga menjadi program nasional.

“Pencegahan stunting salah satu prioritas penggunaan DD tahun 2020. Dan pengalokasian tersebut juga diwajibkan karena sebagai bahan persyaratan dalam pengajuan DD tahap tiga di tahun mendatang, hal tersebut dikarenakan pentingnya sebuah penanganan terkait penyakit kronis ini di Indonesia dan di mulai dari desa,” tandasnya.


APAPO Hindarkan Warga dari Calo Pelayanan Paspor
Kamis, 24-01-2019 - 23:40:00

APAPO Hindarkan Warga dari Calo Pelayanan Paspor

JEMBER, PENA NUSANTARA - Pelayanan paspor yang dikenal susah dan rumit, kini bukan lagi menjadi masalah. Kantor Imigrasi Kelas II . . .
Headline | 250 Kali dibaca
Gaji Kapolres Lumajang Diserahkan kepada Warga Penangkap Begal
Kamis, 24-01-2019 - 19:00:00

Gaji Kapolres Lumajang Diserahkan kepada Warga Penangkap Begal

LUMAJANG, PENA NUSANTARA - Komitmen Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MH MM untuk memberikan gajinya selama . . .
Headline | 930 Kali dibaca
Kakek Giri Terharu Saat Komunitas BG Membangun Rumahnya
Senin, 05-03-2018 - 16:36:05

Kakek Giri Terharu Saat Komunitas BG Membangun Rumahnya

JEMBER, PENA NUSANTARA- Kepedulian terhadap kaum dhuafa, terus ditunjukkan oleh Komunitas Media Sosial (Medsos) Berita Gumukmas (BG) di Kabupaten Jember, . . .
Inspirasi | 425 Kali dibaca
IKA UR Diharapkan Berkontribusi dalam Pembangunan di Desa-Desa
Rabu, 17-01-2018 - 14:17:48

IKA UR Diharapkan Berkontribusi dalam Pembangunan di Desa-Desa

INDRAGIRI HILIR, PENA NUSANTARA - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Riau, HM Wardan, berharap keberadaan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA . . .
Peristiwa | 208 Kali dibaca
Top