Stop Press :
  • Bupati Jember, Faida, melantik 34 pejabat administrator dan pengawas di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin 7 Mei 2018
  • Redaksi dan seluruh kru penanusantara.id mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)

Masjid Roudhotul Muchlisin, Jadi Ikon Wisata Religi Kota Jember

629 Kali dibaca | Sabtu, 03-06-2017 - 04:50:45
Masjid Roudhotul Muchlisin 1 Foto Dok. Pena Nusantara

Masjid Roudhotul Muchlisin 1 Foto Dok. Pena Nusantara

  • Masjid Roudhotul Muchlisin 1 Foto Dok. Pena Nusantara

    Masjid Roudhotul Muchlisin 1 Foto Dok. Pena Nusantara

  • Masjid Roudhotul Muchlisin 2 Foto Dok. Pena Nusantara

    Masjid Roudhotul Muchlisin 2 Foto Dok. Pena Nusantara

  • Masjid Roudhotul Muchlisin 3 Foto Dok. Pena Nusantara

    Masjid Roudhotul Muchlisin 3 Foto Dok. Pena Nusantara

  • Masjid Roudhotul Muchlisin 4 Foto Dok. Pena Nusantara

    Masjid Roudhotul Muchlisin 4 Foto Dok. Pena Nusantara

Jember, Pena Nusantara, Memasuki bulan suci Ramadhan sebagian umat Islam ada kaum muslimin yang memilih aktivitas safari selama bulan Ramadhan. Melakukan perjalanan secara safari dari masjid satu ke masjid lainnya pada sejumlah kota.

Salah satu yang menjadi jujukan para kaum muslimin adalah masjis Roudhotul Muchlisin di Jember.  Sebenarnya ini bukan masjid baru. Masjid Roudhotul Muchlisin di Jl Gajah Mada, Kaliwates, Kota Jember ini sudah lama berdiri. Hanya, sekarang sudah dirombak total. Tampilannya baru dan mentereng. Masjid yang diresmikan secara simbolis pada 15 Mei ini selalu dipadati jamaah dan pengunjung yang ingin tahu kemegahannya. Maka tak bisa dipungkiri masjid ini menjadi satu destinasi wisata religi di kota suwar suwir ini.

Memang tak dipungkiri, setelah memulai proses rehab pada 2014 lalu, bangunan yang awalnya hanya berlapis semen kini menjadi ikon destinasi wisata religi baru di Jember. Ini disebabkan desainnya yang megah dan futuristik, tak sama dengan masjid-masjid pada umumnya.

Sekretaris Takmir Masjid Roudhotul Muchlisin Drs H Mahrus MPd menuturkan, desain ini meniru masjid-masjid yang ada di Turki. Terdapat untaian ayat- ayat suci Alquran yang terpampang di setiap sisi dindingnya yang didominasi warna kuning dan jingga. “Di dinding barat lantai bawah ada Surat Ar-Rahman dan Al-Waqi’ah serta Asmaul Husna di setiap sisi dinding. Sementara di atas terdapat tulisan surat-surat pendek,” ujarnya.

Pilar-pilarnya pun dihiasi ornamen layaknya sebuah istana. Di beberapa sudut, jajaran kitab suci Alquran tertata rapi. Tak hanya itu, persis di depan pintu masuk terdapat air mancur dengan hiasan lampu warna warni.  Tidak heran jika tempat ini menjadi sasaran swafoto bagi pengunjung yang datang dari berbagai lokasi.


Top