Ekonomi & Bisnis

10 Tips Menabung yang Baik, Yuk Simak!

×

10 Tips Menabung yang Baik, Yuk Simak!

Sebarkan artikel ini
Tips Menabung yang Baik
Tips Menabung yang Baik

PENANUSANTARA.ID –  Sebagian banyak orang sulit menemukan tips menabung yang baik, mudah dan tepat di terapkan secara konsisten. Alhasil, seringkali sulit memenuhi kebutuhan mendadak akibat ketidakmampuan mengelola keuangan dengan bijak.

Meski menabung memiliki banyak manfaat, tapi tetap saja banyak orang yang belum mampu menabung dengan konsisten. Nah untuk menghindari hal itu alangkah baiknya kamu menyimak ulasan di bawah ini.

10 Tips Menabung Yang Baik

Ada beberapa tips menabung yang bisa kamu pilih dan terapkan, salah satunya dengan menabung dan berinvestasi. Namun, tingkat kedisiplinan dalam menetapkan tujuan dan memantau tabungan juga sangat di anjurkan untuk meningkatkan aset. Untuk lebih jelasnya berikut ini 10 tips menabung yang baik anti gagal yaitu:

1.      Tips Menabung Dengan Menetapkan Tujuan

Tips menabung pertama yang harus kamu lakukan adalah menetapkan tujuan. Mengapa demikian? Sebab, tips menabung yang benar adalah jika kamu mengetahui apa yang ingin di capai dari menabung, berapa banyak, dan kapan target tabungan akan tercapai.

Kamu dapat menetapkan tujuan tabungan jangka pendek atau jangka panjang. Karena tabungan jangka pendek bagus untuk dana darurat, elektronik, atau liburan. Sedangkan tabungan jangka panjang bisa di gunakan untuk pendidikan, pensiun atau membeli rumah dengan DP.

2.      Tetapkan Target Dan Batas Waktu Menabung

Sebelum kamu mulai menabung, kamu juga harus menetapkan tujuan tertentu. Kamu bisa mulai dengan sesuatu yang di sukai, seperti menabung untuk perjalanan, membeli kendaraan atau gadget baru.

Namun agar lebih fokus, tips terbaik untuk menabung uang adalah dengan menetapkan tujuan sesuai jangka waktu untuk mencapainya. Misalnya, kamu bisa menetapkan tujuan jangka pendek seperti membeli sepeda motor baru dengan uang tunai yang harus di capai dalam waktu maksimal 2 tahun saja.

Atau, kamu mau mencapai tujuan jangka panjang untuk membeli rumah secara tunai yang harus di dapatkan dalam waktu maksimal 9 tahun. Dengan begitu, kamu akan memiliki fokus dan tujuan yang jelas, sehingga tidak mudah tergoda oleh hal-hal yang tidak berguna.

Dengan tujuan untuk mencapai sesuatu yang di inginkan, sedikit demi sedikit timbul keinginan untuk belajar bagaimana menerapkan tabungan yang baik untuk jangka pendek terlebih dahulu.

3.      Buat Rencana Anggaran

Pengeluaran yang besar merupakan salah satu hal yang membuat banyak orang gagal menyisihkan uang untuk menabung. Oleh karena itu, kamu harus membuat rencana anggaran bulanan untuk mengendalikan pengeluaran.

Ingat, sisihkan sebagian tabungan di awal sebelum memutuskan anggaran belanja. Dengan cara ini, Anda bisa yakin

4.      Pisahkan Rekening Tabungan Dan Operasional

Selanjutnya yang juga harus di terapkan dalam mempelajari tips menabung yang benar untuk masa depan adalah dengan membuka rekening baru yang khusus di gunakan untuk menyimpan tabungan. Seperti yang telah di bahas sebelumnya, kegiatan menabung yang baik tidak hanya sekedar menyimpan uang yang tersisa setiap bulan.

Oleh karena itu, membuka rekening khusus untuk tabungan merupakan tips yang paling efektif agar tabungan tidak tercampur dengan dana untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, kamu juga akan lebih mudah mengatur kebutuhan berdasarkan alokasi dana.

Selain itu, banyak layanan perbankan kini juga menyediakan rekening tabungan khusus dengan berbagai keuntungan, seperti setoran awal rendah atau bebas biaya administrasi bulanan.

5.      Hindari Pengeluaran Yang Tidak Perlu

Mungkin tanpa di sadari, seringkali uang yang kita keluarkan untuk hal-hal yang tidak perlu dan produktif. Maka dari itu kamu harus menghindari pengeluaran seperti ini.

Tujuannya agar kamu bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk di tabung atau untuk keperluan lain yang lebih berguna lainnya. Ada beberapa tips untuk mencegah belanja seperti ini, yaitu:

  • Lakukan aktivitas atau cari produk murah seperti yang ada di pasar malam atau pasar murah lainnya
  • Jika tidak penting, sebaiknya hindari mengenakan biaya langganan atau keanggotaan tertentu
  • Memasak sendiri di rumah atau mencari restoran yang menawarkan promo
  • Lakukan beberapa pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk membeli sesuatu

6.      Gunakan Promo Atau Diskon

Tips lain untuk menyimpan uang dan menyisihkannya sebagai tabungan adalah melalui promosi atau diskon. Jadi carilah promosi dan diskon khusus untuk apa yang kamu butuhkan. Jangan membeli sesuatu yang tidak kamu butuhkan hanya karena sedang obral.

7.      Lunasi Utang Dulu

Sebelum mulai menabung, pastikan utang kamu lunas terlebih dahulu. Karena pada dasarnya, kamu tidak akan bisa leluasa menyisihkan uang saat memiliki kewajiban melunasi utang. Karena hutang yang di lunasi juga dapat mencegah kamu mengeluarkan biaya tak terduga di masa depan seperti bunga.

8.      Bawa Bekal Dari Rumah

Biaya konsumsi merupakan salah satu pengeluaran yang paling mahal dan sering menghabiskam uang saku atau gaji. Kamu hanya dapat membeli makanan murah untuk menghemat biaya. Namun, kebersihan dan kesehatan makanan yang kamu beli tidak terjamin.

Tips lain untuk menghemat biaya konsumsi adalah memasak dan membawa makanan sendiri dari rumah. Dengan tips ini, kamu dapat menghemat uang sekaligus dan memastikan makanan kamu tetap sehat.

9.      Cobalah Berinvestasi

Bagaimana tips menabung yang benar dan cepat? Yaitu dengan mencoba berinvestasi. Kamu sebenarnya bisa menyimpannya di rekening bank atau bahkan rekening tabungan. Namun, nilai uang bisa turun karena inflasi.

Selain itu, kamu juga akan di kenakan biaya administrasi jika melakukan setoran bank. Lain halnya jika kamu menabung melalui instrumen investasi, karena nilai tabungan kamu akan terus meningkat atau setidaknya tetap terjaga dan tidak berkurang. Ada beberapa instrumen investasi yaitu saham, reksa dana, obligasi, dll.

10. Cari Penghasilan Tambahan

Terakhir, tips bagus untuk menabung  untuk masa depan adalah menciptakan penghasilan. Jika uang kamu sedikit,  akan sulit mengumpulkan uang untuk tabungan atau kebutuhan lainnya.

Solusinya adalah mencari penghasilan tambahan dengan berbagai cara. Kamu dapat bekerja paruh waktu atau lepas, menjalankan bisnis, menjadi pembuat konten, dan lainnya. Kamu dapat menggunakan penghasilan tambahan ini untuk di tabung dan sebagian di gunakan untuk pengeluaran sehari-hari.

Kesimpulan

Mulai menabung ada baiknya di terapkan di awal. Pasalnya, menabung bisa menjadi sarana belajar disiplin dan hemat. Selain itu, dengan menabung kamu juga bisa belajar menghargai uang.

Dengan apresiasi kamu yang meningkat terhadap uang, kamu dapat mengelola uang kamu dengan lebih baik dan dapat menggunakannya saat di butuhkan. Ini dia tips menabung yang benar agar kamu bisa memiliki tabungan untuk masa depan.

Selain menerapkan langkah-langkah di atas, yang perlu kamu lakukan saat menabung adalah konsisten dalam mencapai tujuan. Sehingga, kamu tidak mudah tergoda untuk mengambil keputusan tanpa pertimbangan matang.

Semoga informasi tips menabung yang di berikan di atas dapat bermanfaat terimakasih.