Artikel dan UlasanTeknologi

11 Penyebab Layar Handphone Bergaris dan Goyang

×

11 Penyebab Layar Handphone Bergaris dan Goyang

Sebarkan artikel ini
Layar Handphone Bergaris dan Goyang
11 Penyebab Layar Handphone Bergaris dan Goyang

PENANUSANTARA.ID – Masalah umum yang sering di alami pengguna handphone adalah masalah pada layarnya. Layar handphone saat ini menjadi bagian yang paling rentan mengalami kerusakan. Salah satu masalah tampilan handphone yang paling sering terjadi adalah layar Handphone bergaris dan goyang.

Ternyata ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Ingin tahu ? Baca artikel di bawah ini smpai akhir.

11 Penyebab Layar Handphone Bergaris dan Goyang 

Saat mengalami layar handphone bergetar, tidak jarang layar handphone juga ikut bergaris. Terkadang ada garis yang memanjang dari bawah ke atas atau sebaliknya. Bahkan beberapa pengguna juga pernah mengalami layar yang kadang berwarna hijau, biru, dan merah dengan kata lain sudah berwarna pelangi. Nah, dalam hal ini penyebab layar handphone bergaris dan goyang biasanya di sebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

1. Handphone Terjatuh dan Layar Pecah

Saat handphone kamu terjatuh dan mengalami benturan pada layar, kerusakan seperti ini bisa saja terjadi. Misalnya layar rusak atau retak, padahal sudah pakai tempered glass. Meskipun tidak terlihat secara fisik, namun ini bisa menghilangkan kerusakan internal dan menjadi penyebab layar hanphone bergaris dan goyang yang akan mengganggu kamu.

Apabila kerusakan yang terjadi semakin parah kamu sebaiknya serahkan pada teknisi handphone profesional dan biarkan mereka yang memperbaikinya. Jangan coba-coba memperbaikinya sendiri, ya. Karena jika kamu salah mengambil langkah, maka bukan tidak mungkin kerusakan nya akan semakin fatal dan tidak bisa lagi di perbaiki.

2. Layar Handphone Tertekan

Penyebab layar handphone bergaris dan goyang juga seringkali tidak di sadari oleh pengguna. Saat ini masih banyak pengguna yang kerap memasukkan handphone ke dalam saku celana jeans ketat. Dimana hal ini akan membuat layar handphone stres dan berisiko rusak.

Meskipun peristiwa layar tertekan ini biasa terjadi, risiko kerusakan umumnya tetap sulit untuk di perbaiki. Mungkin kamu tidak akan langsung melihat layar handphone yang pecah, tapi perlahan kamu akan merasakannya sendiri.

Misalnya layar handphone kamu yang sulit merespon saat di sentuh. Atau bisa jadi layar handphone kamu akan bergerak sendiri bahkan tanpa di sentuh sekalipun.

3. Konektor atau Soket Layar Longgar

Jika kamu melihat layar handphone tiba-tiba bergetar, jangan langsung matikan layarnya. Selain itu jangan juga terburu-buru mengganti layar handphone jika kamu tidak tahu persis di mana letak kerusakannya.

Saat handphone kamu mengalami crash, kemungkinan besar layar akan baik-baik saja dan tidak rusak. Namun di dalamnya, sering kali soket layar kendor dan menyebabkan layar handphone bergoyang. Cara mengatasi layar handphone yang goyang akibat masalah ini tentunya adalah dengan memasang soket yang benar.

4. Kerusakan Charger

Jika masalah ini hanya terjadi pada saat charging, maka cara mengatasi layar handphone yang bergaris dan goyang adalah dengan mengganti charger dengan yang lebih baik. Penyebab layar hanphone bergaris dan goyang juga bisa di sebabkan karena penggunaan charger yang kurang baik.

Umumnya, goncangan layar handphone hanya akan terjadi saat mengisi daya. Dan saat tidak mengisi daya layar umumnya berfungsi dan layar baik-baik saja.

Hal tersebut terjadi karena adanya arus listrik yang tidak sesuai dari charger ke handphone untuk melakukan pengisian daya. Bisa jadi karena chargernya rusak, atau malah karena kualitasnya kurang bagus. Jadi kamu sebaiknya segera mengganti charger dan pastikan memilih charger yang asli, ya!

5. Pelindung Layar Rusak

Saat menggunakan pelindung layar seperti tempered glass atau hydrogel, sentuhan tangan kamu akan melewati pelindung tersebut. Artinya, layar handphone merespon sentuhan dari pelindung layar yang kamu pasang.

Jangan panik jika layar handphone kamu tiba-tiba bergetar dan bergaris, karena aksesori ini bisa saja jadi penyebabnya. Jika tempered glass retak atau rusak maka kamu harus segera menggantinya dengan yang baru agar layar handphonemu bisa berfungsi seperti semula.

6. Layar Panas

Idealnya, kamu harus menghindari menggunakan handphone kamu saat sedang mengisi daya. Saat di charge, suhu baterai handphone dan semua komponennya akan naik, termasuk suhu layarnya. Saat terkena panas yang berlebihan, layar mungkin tidak merespons sentuhan dengan baik. Parahnya, layar bisa bergerak sendiri atau goyang tanpa di sentuh sama sekali.

7. Kerusakan Baterai

Teorinya kurang lebih sama dengan menggunakan charger yang jelek. Baterai merupakan komponen utama dalam memberikan daya pada handphone. Cara mengatasi layar handphone goyang akibat masalah ini tentunya dengan mengganti baterai dengan yang baru.

Hal ini terjadi karena baterai tidak dapat menyuplai daya ke handphone sesuai dengan kapasitas normalnya. Mungkin terlalu banyak atau bahkan kurang. Akibatnya, layar tidak berfungsi dengan baik dan menyebabkan layar handphone bergetar.

8. CPU dan RAM Over

Tanpa di sadari, kamu mungkin sering memaksa handphone kamu lebih keras daripada kapasitas dan daya tampungnya. Misalnya menggunakan handphone untuk bermain game dengan grafis tinggi dan juga membutuhkan performa CPU yang tinggi.

Ini selalu berisiko menyebabkan CPU dan RAM rusak dan tidak bisa berfungsi dengan baik. Selain itu CPU dan RAM yang rusak juga bisa menjadi penyebab layar handphone bergaris dan goyang yang harus kamu waspadai.

9. Bug di Perangkat Lunak

Kamu juga tidak boleh melupakan satu hal ini. Ini semua karena kinerja handphone juga di dukung oleh software dan hardware yang saling bekerja sama. Dan software bisa menjadi salah satu penyebab layar hanphone bergaris dan goyang yang kamu alami.

hampir semua merk handphone  biasanya menawarkan banyak pembaruan untuk setiap penggunanya. Namun terkadang, ada bug yang terlewatkan dan tidak di sadari oleh developer. Dan inilah yang menyebabkan layar handphone berguncang. Jika seperti ini kamu bisa mengupdate software atau menggantinya dengan handphone baru juka kerusakan sudah sangat parah dan tidak bisa lagi di perbaiki

10. GPU Handphone Rusak

Salah satu penyebab layar handphone bergaris dan goyang adalah karena kerusakan pada GPU handphone. GPU adalah komponen handphone yang mengontrol pengaturan layar.

Apabila GPU handphone kamu rusak, maka tampilan layar akan mengalami masalah. Biasanya berupa garis vertikal atau horizontal yang muncul dan mengganggu aktivitasmu.

11. Perangkat Lunak Masalah

Tidak hanya perangkat keras tetapi perangkat lunak di handphone bisa menjadi penyebab masalah ini. Pembaruan sistem atau aplikasi yang tidak kompatibel dapat menyebabkan layar mogok. Perangkat lunak yang rusak dapat mengganggu kinerja tampilan handphone dan perangkat keras lainnya.

Layar handphone yang rusak sangat sulit di perbaiki. Biasanya jika tampilan layar handphone bermasalah, solusi satu-satunya adalah mengganti layar handphone dengan yang baru.

Sebaiknya mulai sekarang kamu harus mulai mengurangi dan mencegah faktor-faktor yang menjadi penyebab layar handphone bergaris dan goyang yang telah di jelaskan di atas agar layar handphone kamu tidak mengalami masalah. Semoga bermanfaat, terimakasih.