Artikel dan UlasanEdukasiNewsRagamTeknologi

12 Macam Jenis AI Masa Depan, Yuk Simak Apa Saja

×

12 Macam Jenis AI Masa Depan, Yuk Simak Apa Saja

Sebarkan artikel ini
Jenis AI
12 Macam Jenis AI Masa Depan, Yuk Simak Apa Saja

PENANUSANTARA.ID – Jenis AI Masa Depan. Akhir-akhir ini ada beberapa macam jenis AI yang bermunculan, Hal ini di sebabkan karena pesatnya perkembangan teknologi digital untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari. Dimana sekarang ini konsep kecerdasan buatan atau AI sering di terapkan dalam kehidupan digital.

Kecerdasan buatan atau AI merupakan suatu bentuk kecerdasan buatan dari mesin yang di rancang secara khusus. Di mana mesin-mesin tersebut dapat berpikir seperti manusia pada umumnya, misalnya dapat meniru cara kerja dan berperilaku yang tidak wajar.

Kecerdasan buatan atau AI juga merupakan suatu ilmu atau pengetahuan yang dapat mempelajari berbagai ide untuk membuat sebuah komputer. Ilmu ini mempunyai fokus utama dalam merancang sistem agar dapat di rancang seperti kecerdasan manusia.

Pada proses awal, sistem dapat mencari informasi, kemudian mengolah data dan informasi yang di peroleh untuk sampai pada kesimpulan tertentu.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 12 macam jenis AI Masa Depan yang kini sudah mulai bermunculan:

12 Macam Jenis AI Masa Depan

1. Artificial Narrow Intelligence

Sebagai salah satu jenis jenis AI yang paling umum dalam kehidupan manusia saat ini, Artificial Narrow Intelligence memiliki fungsi yang terbatas karena hanya di rancang untuk tugas-tugas yang lebih cepat namun dengan kualitas yang baik.

Penerapan kecerdasan buatan jenis ini sangat membantu kehidupan manusia dan telah di terapkan di berbagai sektor kehidupan. Misalnya saja untuk merekomendasikan produk sampai hingga perkiraan cuaca.

2. Artificial General Intelligence

Jenis jenis AI ini merupakan sebuah konsep yang di gambarkan sebagai suatu sistem yang bekerja pada tingkat kognitif yang sama dengan manusia. Sistem ini mencakup pemrosesan bahasa, pemrosesan gambar, dan bahkan fungsi pengambilan keputusan.

Dengan teknologi dan inovasi, penerapan Artificial General Intelligence masih sangat jauh dari kata selesai. Hal ini karena sistem kecerdasan buatan jenis ini memerlukan ribuan Artificial Narrow Intelligence untuk bekerja sama dan terus berintegrasi. Namun, bukan berarti tidak ada proses penelitian yang bisa mengarah ke arah tersebut, ya.

3. Artificial Super Intelligence

Jenis kecerdasan buatan yang ketiga adalah artificial super intelligence. Jika artificial general intelligence secara kognitif mirip dengan manusia, maka sistem yang di gunakan dalam Artificial Super Intelligence dapat melampauinya.

Misalnya, sistem dapat menghasilkan keputusan, berpikir rasional, dan menghasilkan temuan. Yang membuatnya mirip dengan kecerdasan buatan pada umumnya adalah kecerdasan buatan super mempunyai konsep dasar.

Namun ketika manusia sudah berhasil mengembangkannya, ini merupakan terobosan baru di mana para ilmuwan bisa membuat teknologi menjadi lebih cepat daripada sebelumnya.

4. Self Aware

Salah satu jenis jenis AI yang ada pada level tertinggi karena sistemnya memiliki kemampuan untuk mempersepsikan sesuatu dan memiliki inderanya sendiri adalah Self Aware. Mesin dengan kesadaran diri tingkat tinggi ini dapat memahami lingkungan sekitar.

Lalu mengumpulkan data yang di gunakan untuk membuat kesimpulan tentang perasaan orang lain. Sejauh ini belum ada penemu yang mampu menciptakan mesin atau kecerdasan dengan Self Aware ini, lho.

5. Theory Of Mind

Jenis kecerdasan buatan berikutnya adalah Theory Of Mind. Kelihatannya memang sedikit mirip dengan Self Aware, dan jenis AI yang satu ini juga masih belum ada samapi sekarang ini.

Dengan tipe ini, mesin memiliki kecerdasan emosional untuk mengingat emosi dan perilaku manusia dengan mengumpulkan data saat berinteraksi dengan manusia. Tipe ini juga dapat memiliki kemampuan mengambil keputusan yang tepat seperti halnya manusia.

6. Limited Memory

Jenis AI Limited Memory mengacu pada kecerdasan buatan yang mengandalkan ingatan dan pengalaman masa lalu untuk menginformasikan keputusan di masa depan. Contoh penerapan kecerdasan buatan untuk Limited Memory adalah aplikasi kendaraan yang menggunakan teknologi self-driving.

Kamu bisa melihat contoh penerapannya pada mobil yang berpindah jalur secara otomatis. Keputusan yang akan datang ini menggunakan data jangka pendek yang tidak di simpan secara permanen.

7. Reactive Machine

Mesin reaktif atau Reactive Machine merupakan kecerdasan buatan paling dasar dalam teknologi AI. Mesin ini dapat secara otomatis merespons dan mengidentifikasi keadaan dalam berbagai situasi. Contoh penggunaan kecerdasan buatan ini adalah ketika superkomputer IBM menciptakan mesin bermain catur.

8. Symbol-Manipulating AI

Jenis AI ini mengacu pada kecerdasan buatan yang bekerja dengan simbol-simbol abstrak. Sedangkan informasi yang di olah menjadi sebuah simbol sehingga menghasilkan sebuah simbol baru yang dapat di baca oleh pengguna atau pengembang sistem.

9. Neural AI

Jenis Neural AI di kenal sebagai AI paling populer di kalangan peneliti komputer di akhir tahun 80an. Neural AI ini dapat mengirimkan pengetahuan ke neuron buatan dan koneksinya seperti otak yang di rekonstruksi.

10. Expert System (Sistem Pakar)

Sistem komputer yang dapat meniru atau menyamai kemampuan seorang pakar adalah Expert System. Pakar yang di maksud di sini adalah orang-orang yang mempunyai keahlian khusus dan mampu memecahkan permasalahan yang tidak dapat di lakukan oleh orang biasa. Kecerdasan buatan atau AI pada sistem pakar mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Terbatas pada bidang keahlian tertentu
  • Dapat menimbulkan ketidakpastian pada data
  • Mampu memberikan beberapa alasan yang di ajarkan dengan cara yang dapat di mengerti
  • Berdasarkan aturan atau ketentuan tertentu
  • Dirancang untuk di kembangkan secara bertahap untuk menghasilkan informasi yang lebih baik dan akurat
  • Mekanisme kognisi dan penalaran berbeda
  • Outputnya merupakan sebuah saran

11. Computer Vision

Jenis jenis AI yang lainnya adalah Computer vision. Dimana AI ini merupakan pengembangan kemampuan teknologi informasi yang dapat membaca objek data yang di lihat menggunakan perangkat yang terhubung.

Salah satu contoh penerapan computer vision yang paling sederhana adalah dalam bentuk barcode pada label makanan atau ponsel yang menyimpan data dan menghasilkan pesanan. Untuk mempercepat transaksi bisa di lakukan dengan menggunakan objek data yang dapat di baca.

Di bawah ini beberapa fungsi penggunaan computer vision dalam bidang teknologi sebagai salah satu cabang dari kecerdasan buatan (AI).

  • Dapat memperoleh informasi lebih detail dari gambar (visi)
  • Dapat mengidentifikasi objek sebagai data
  • Meningkatkan kualitas gambar
  • Memberikan pengalaman unik dapat membuat visualisasi produk menjadi lebih menarik
  • Bayangan komputer dan visi komputer yang tepat akan memberi akurasi yang lebih baik

12. Natural Language Processing (NLP)

Salah satu cabang AI yang berhubungan dengan interaksi antara mesin dan manusia menggunakan bahasa natural adalah Natural Language Processing. Apa itu bahasa natural? Itu adalah bahasa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang kamu tahu, data teks dan bahasa padat memiliki konten dan ukuran yang berbeda, sehingga lebih kompleks daripada data tabel biasa. Di NLP, kamu akan menemukan analisis sintaksis, yang merupakan teknik kunci yang di gunakan untuk menyelesaikan urutan kata dalam sebuah kalimat untuk menciptakan makna tata bahasa.

Kesimpulan

Ada banyak ragam jenis-jenis AI yang memiliki fungsi spesifik dan independen, berdasarkan program apa yang di jalankan pengguna pada sistem komputerisasi termasuk virtual reality, mobil pintar, chatbots dan banyak lagi.

Walau sangat rumit, namun bukan tidak mungkin mengembangkan AI menjadi jauh lebih canggih lagi. Peluang pengembangan jenis jenis AI ini masih terbuka lebar sehingga menjadikan manusia masih bisa menciptakan AI melebihi kapasitasnya.

Demikian ulasan mengenai 12 Macam Jenis AI Masa Depan, semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

(*/Siska)