Artikel dan UlasanEdukasiNewsTeknologi

3 Cara Scan Foto Menggunakan Hp Android

×

3 Cara Scan Foto Menggunakan Hp Android

Sebarkan artikel ini
Scan Foto Menggunakan Hp Android
3 Cara Scan Foto Menggunakan Hp Android

PENANUSANTARA.ID – Scan Foto Menggunakan Hp Android, Selain dokumen, kegiatan scan kini juga bisa di gunakan untuk memindai foto. Biasanya scan ini dilakukan untuk mengubah foto cetak menjadi bentuk digital.

Ini terjadi apabila file foto digital yang di cetak hilang atau foto tersebut adalah foto lama yang tidak dapat terdeteksi oleh file digital. Untuk sebagian orang, scan foto online di lakukan mereka yang memiliki foto Polaroid.

Namun tidak memilikinya dalam foto digital di perangkat Android mereka. Dengan melakukan cara scan foto ini, maka format cetak foto dapat di ubah menjadi file digital.

Dengan kemajuan teknologi, ada beberapa cara untuk mengkonversi foto cetak menjadi foto digital. Untuk ulasan lengkapnya simak artikel mengenai cara scan foto di bawah ini.

3 Cara Scan Foto Menggunakan Hp Android

Saat ini, ada banyak cara untuk memindai foto. Mulai dari yang menggunakan printer sampai yang hanya menggunakan perangkat Andriod.

Jika Anda tidak mau repot pergi ke tempat percetakan hanya untuk melakukan scan foto ini, maka Anda bisa melakukan cara scan foto dengan menggunakan perangkat Android Anda. Berikut tutorial lengkap mengenai cara scan foto di Hp Android yang bisa Anda lakukan:

1.      Menggunakan Photoscan By Google

Cara scan foto pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan PhotoScan by Google. Berikut cara lengkapnya.

  • Cari dan unduh aplikasi PhotoScan di hp Android Anda.
  • Jika proses instalasi aplikasi selesai, selanjutnya buka aplikasi PhotoScan.
  • Saat Anda membuka aplikasi untuk pertama kali, Anda harus mengizinkan aplikasi untuk mengakses File Storage.
  • Kemudian pastikan background objek berbeda dengan foto yang ingin di scan.
  • Nah jika sudah selesai, Anda bisa langsung melakukan scan dengan mengarahkan kamera hp ke foto yang di cetak.
  • Anda dapat memotret langsung dengan presisi, atau menggunakan fitur “Anti Glare”.
  • Jika menggunakan fitur “Anti Glare”, saat Anda mengarahkan kamera ke objek yang dicetak, akan muncul 4 titik.
  • Lalu cara mengambil gambarnya silahkan geser arah kamera hp ke setiap sudut tempat, secara berurutan. Mulai dari kiri atas, kanan atas, kanan bawah, kiri bawah (ikuti tanda panah di panduan kamera).
  • Setelah poin keempat selesai, hp akan langsung mengambil gambar.
  • Tunggu beberapa saat, hingga foto terkoreksi secara otomatis.

2.      Menggunakan Google Drive

Anda pasti tidak menyangka bahwa Google Drive memiliki fitur pemindaian foto, teks, atau gambar, bukan? Nah, untuk cara scan foto dicatak di Google Drive menjadi file digital sebenarnya sangat mirip dengan PhotoScan by Google. Berikut adalah cara untuk memindai foto di Google Drive:

  • Buka aplikasi Google Drive di hp Android Anda.
  • Kemudian klik tombol ‘Tambah’ di kanan bawah yang ditandai dengan ikon tombol ‘+’
  • Selanjutnya, klik opsi ‘Pindai’ dengan logo kamera.
  • Arahkan kamera ke objek foto yang ingin dipindai.
  • Kemudian ambil gambar, dengan mengklik tombol jepret.
  • Simpan gambar yang sudah di ambil.

3.      Cara Scan Foto di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Untuk cara scan foto tanpa aplikasi ini di lakukan dengan memanfaatkan fitur pada kamera hp standar pada setiap hp Android Anda. Untuk setiap hp, fitur pemindaian biasanya di beri nama berbeda.

Pada hp Vivo, fitur pemindaian dalam kamera di sebut ‘Dokumen’. Di telepon lain disebut ‘PPT’. Jadi, Anda bisa menggunakan fitur kamera untuk memindai file atau foto lama, agar tidak hilang dan bisa di cetak ulang kapan saja. Cara menggunakan fitur ‘Dokumen’ atau ‘PPT’ untuk memindai foto/gambar cukup sederhana, yaitu:

  • Buka kamera internal hp Anda.
  • Pilih tab Lainnya.
  • Kemudian pilih opsi ‘PPT’ atau ‘Dokumen’.
  • Ketuk tombol logo lingkaran untuk mengambil gambar.
  • Kemudian pemindaian di lakukan secara otomatis, tanpa perlu mengaturnya secara manual.
  • Lihat hasilnya di galeri/album hp. Atau bisa langsung melihat previewnya di sebelah tombol jepret kamera.

Aplikasi Alternatif Untuk Cara Scan Foto

Selain menggunakan cara scan foto yang telah di bahas di atas, Anda juga bisa melakukan pemindaian ini menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia di play store. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan.

CamScanner

Aplikasi Digital CamScanner adalah aplikasis gratis yang dapat Anda unduh dari Google Play Store dan App Store. Aplikasi ini juga mendapat rating tinggi dengan nilai 4.7. CamScanner adalah aplikasi yang di kembangkan oleh pengembang INTSIG Information Co., Ltd.

Seperti yang telah di sebutkan, aplikasi ini menyediakan fitur untuk mengubah hard copy menjadi soft copy. Aplikasi CamScanner ini memiliki banyak fitur scan yang akan membuat foto terpindai dengan lebih baik. Jadi Anda dapat dengan mudah menyimpan foto yang dipindai dalam format dokumen apa pun.

Adobe Scan

Aplikasi selanjutnya adalah dengan menggunakan Adobe Scan yang memiliki rating cukup tinggi dengan skor 4,9 Google Play Store. Aplikasi ini juga di kembangkan oleh developer Adobe Inc. Umumnya Adobe Scan adalah aplikasi yang bisa mengubah dokumen hard file menjadi soft file dalam format yang di inginkan dengan sangat mudah.

Oleh karena itu, aplikasi ini juga sangat penting untuk di gunakan bagi Anda yang berkutat dengan urusan fotografi. Uniknya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan Grayscale atau bisa menggunakan warna hitam putih.

Swift Scan Photo

Aplikasi Swift Scan Photo gratis ini dapat di gunakan siapa saja. Selain bisa memindai dokumen, aplikasi ini juga bisa di gunakan untuk memindai kode QR.

Aplikasi ini memiliki fitur lengkap seperti memindai dokumen dengan kualitas tinggi, berbagi file melalui email, dan mengunggah ke berbagai penyimpanan cloud. SwiftScan adalah hasil dari pengembang Maple Media LLC dan memiliki rating 4,6 dari Google Play Store.

Photomyne Foto

Keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi Photomyne Foto ini adalah kemampuannya untuk memindai banyak foto dalam satu kali pindaian. Aplikasi Photomyne ini bisa melakukan pemindaian cepat dan mengidentifikasi gambar secara terpisah.

Aplikasi ini pasti bisa menjadi salah satu penghemat waktu yang ideal saat mencoba mendigitalkan gambar yang di temukan ke dalam album multi-halaman yang berisi foto cetak. Dengan demikian Anda tidak perlu takut keeilangan semua foto-foto itu lagi.

Penutup

Sekarang mencetak ulang foto lama sudah mulai di tinggalkan, dan yang harus Anda lakukan hanyalah melakukan scan foto dan meyimpannya di perangkat Android Anda.

Cara scan foto ini bisa Anda lakukan untuk memindai dan menyimpan foto cetak yang sudah jadi lalu menyimpannya di HP Android manapun, mulai dari HP Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, bahkan Redmi.