Teknologi

5 Cara Agar Instagram Tidak Mudah Di Hack

×

5 Cara Agar Instagram Tidak Mudah Di Hack

Sebarkan artikel ini
5 Cara Agar Instagram Tidak Mudah Di Hack
5 Cara Agar Instagram Tidak Mudah Di Hack

5 Cara agar instagram tidak mudah di hack – Baru-baru ini akun Instagram banyak di retas. Seperti yang di alami aktor Korea Lee Do Hyun beberapa waktu silam. Akun Instagram Lee Do Hyun di retas pada 24 Agustus 2022. Pengikutnya terkejut saat memposting foto dan teks aneh.

Saat di hack, sang hacker mengunggah foto seekor tikus dengan tulisan yang berarti “milik robot”.  Mengingat kejadian itu, kami akan memberikan kepada kamu 5 cara agar akun instagram tidak di hack di bawah ini supaya hal itu tidak terjadi lagi.

5 Cara Agar Instagram Tidak Mudah Di Hack

Cara membedakan akun instagram tidak di hack itu mudah. Namun banyak orang yang tidak mengetahui bahwa akun instagramnya telah di retas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang suka mencari masalah.

Tentunya hal ini sangat merugikan pemilik akun Instagram asli, baik dari segi privasi data maupun file yang akan atau telah di posting ke akun Instagram tersebut.

Untuk itu, bagi kamu pengguna media sosial Instagram perlu mengetahui cara ampuh untuk melindungi akun Instagram pribadi kamu agar tidak di retas oleh pihak yang tidak di inginkan seperti di bawah ini:

1.      Cara Agar Akun Instagram Tidak Di Hack Menggunakan Kata Sandi Yang Rumit

Cara pertama supaya akun instagram tidak di hack oleh orang lain ialah dengan membuat password kamu serumit mungkin. Pastikan kata sandi yang kamu buat tidak dapat di tebak oleh orang lain.

Karena kebiasaan buruk yang di miliki banyak orang adalah membuat kata sandi menggunakan tanggal lahir atau nama objek atau orang yang terkait dengan pemilik akun Instagram. Meskipun cara ini berbahaya karena memilih kata sandi seperti itu lebih cenderung di bobol oleh hacker yang tidak bertanggung jawab, termasuk akun Instagram pribadi.

Maka dari itu gunakanlah kata sandi yang paling rumit untuk mengamankan akun Instagram. kamu dapat melakukannya dengan menggabungkan huruf kecil dan huruf besar, atau kamu bahkan dapat menambahkan angka agar lebih rumit dan sulit di tebak oleh orang lain. Tentu saja, ini akan sangat mengamankan akun Instagram pribadi kamu.

2.      Cabut Akses Dari Aplikasi Pihak Ketiga Yang Mencurigakan

Cara melindungi akun instagram tidak di hack adalah dengan mencabut akses ke aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan. Saat ini, banyak pengguna Instagram menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memberikan fitur tambahan pada akun Instagram mereka.

Contohnya termasuk aplikasi yang secara otomatis menjadwalkan postingan, mengunduh video di Instagram, atau aplikasi lain. Jika kamu juga sedang menggunakannya, kamu perlu memastikan bahwa aplikasi tersebut benar-benar aman dan kamul.

Hal ini di perlukan karena jika aplikasi tidak aman dan menjadi sasaran hacker. Aplikasi instagram ini juga telah mengingatkan pengguna untuk berhati-hati saat memutuskan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Untuk mengelola aplikasi pihak ketiga, kamu dapat membuka profil IG di komputer dan masuk ke menu pengaturan.

Kemudian klik “Aplikasi yang Di izinkan”. Di sini kamu akan menemukan daftar aplikasi yang memiliki izin untuk mengakses profil kamu. Jika kamu melihat aktivitas yang mencurigakan, kamu mencabut akses dari aplikasi.

3.      Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Otentikasi Dua Faktor atau Two-Factor Authentication adalah lapisan keamanan untuk akun IG kamu selain kata sandi dan nama pengguna kamu. Setelah kamu mengaktifkan fitur keamanan ini, IG akan mengirim SMS dengan kode ke ponsel kamu.

Kode ini berguna sebagai kode verifikasi. kamu hanya akan di izinkan masuk ke akun IG kamu setelah memasukkan kode yang di terima ke dalam sms yang telah di kirim. Jadi, jika seseorang mengetahui nama pengguna dan kata sandi yang kamu gunakan.

Orang tersebut tetap tidak dapat mengakses akun IG kamu karena pengguna tersebut tidak mengetahui kode untuk verifikasi. Untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka pengaturan di IG.
  • Pilih menu Keamanan.
  • Pilih Otentikasi Dua Faktor
  • Aktifkan verifikasi SMS agar kode verifikasi dapat di kirimkan ke nomor ponsel kamu.

4.      Ubah Kata Sandi Kamu Secara Berkala

Selain menggunakan kata sandi yang kuat cara agar akun instagram tidak di hack kamu juga harus mengganti kata sandi akun kamu secara berkala. Apalagi jika Instagram mengirimkan notifikasi untuk mengingatkan kamu untuk melakukannya. Dan juga, jangan pernah memberikan kata sandi kamu kepada seseorang yang tidak kamu kenal dan tidak percayai.

5.      Jangan “Simpan Password” Di Browser

Di antara banyak kerentanan yang memungkinkan hacker mengambil kendali akun Instagram seseorang, mereka sering mengambil cache atau hasil pencarian dan data seperti kata sandi yang di simpan di browser. Baik melalui akun hp maupun IG yang di buka di browser/laptop/PC.

Untuk alasan ini, saat kamu ingin masuk ke browser di perangkat apa pun, jadi jangan pernah mengklik pesan pop-up yang meminta kamu untuk menyimpan kata sandi. kamu dapat mengabaikan pesan tersebut atau mengklik tombol “Jangan sekarang”.

Cara agar akun instagram tidak di hack ini juga bisa di gunakan pada akun lain, baik itu akun media sosial atau detail login online banking, website/blog, situs belanja online dan online banking, aplikasi web tools. Dengan begini, akun IG kamu akan sedikit lebih aman dari serangan hacker.

Cara Menghindari Hacker

Tentu saja, saat kamu berada di media sosial instagram, kamu tidak bisa lepas dari berteman dengan orang asing. Sekarang, ketika kamu adalah teman dan kamu tidak dapat memilih antara teman baik dan teman buruk, kamu pasti akan terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak membawa kamu.

Kenali foto profil, status, dan foto mereka di timeline mereka terlebih dahulu. Jika mencurigakan, lebih baik unfollow karena bisa jadi mereka adalah dalang dari semua hacker di akun IG kamu. Agar akun kamu tetap aman dan terjamin, pilihlah teman yang menggunakan foto asli atau foto wajahnya agar tidak ada kecurigaan.

Kesimpulan

Itulah 5 cara agar akun instagram tidak di hack yang bisa kita sampaikan. Jadi sebenarnya cara di atas memang mudah dan sederhana untuk di lakukan, tapi bisa sangat mempengaruhi keamanan akun IG kamu.

Maka dari itu dengan sistem keamanan yang baik, kini kamu dapat berfokus pada berbagai strategi pemasaran media sosial untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan. Jika kamu memerlukan bantuan atau layanan untuk mengelola akun instagram bisnis kamu, untuk dapat meminta bantuan dari penyedia IG tersebut.

Karena aplikasi tersebut memiliki tim berpengalaman yang mampu memberikan solusi terbaik untuk lebih meningkatkan keterlibatan akun IG kamu. Jadi secara keseluruhan kita harap penjelasan di atas tentang 5 cara agar akun instagram tidak di hack dapat membantu kamu mengamankan instagram dengan benar.