Artikel dan UlasanEdukasiKesehatanRagam

5 Cara Mengatasi Rasa Cemas Tanpa Efek Samping

×

5 Cara Mengatasi Rasa Cemas Tanpa Efek Samping

Sebarkan artikel ini
Mengatasi Rasa Cemas
5 Cara Mengatasi Rasa Cemas Tanpa Efek Samping

PENANUSANTARA.ID – Setiap manusia pasti pernah merasakan cemas, untuk itu Anda harus mengetahui beberapa cara mengatasi rasa cemas berikut ini.

Tekanan hidup sehari-hari dapat membuat Anda stress sehingga Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi rasa cemas. Anda tidak sendiri karena mayoritas orang dewasa mengalami gangguan dalam hal kecemasan yang tinggi.

Tips Jitu Mengatasi Rasa Cemas

Banyak cara mengatas rasa cemas dengan mudah, tanpa harus menjalani pengobatan medis. Cara-cara tersebut adalah:

1.     Berteriak Sekuat Tenaga

Cara ini cukup ampuh dimana banyak orang memilih untuk pergi ke pantai atau gunung untuk berteriak sekencang-kencangnya. Metode ini sudah sering disarankan puluhan tahun lalu.  Memang, hal ini tidak mudah karena seringkali seseorang sudah diajar untuk tidak berteriak sejak kecil.

Cara ini menjadi pelepasan emosi yang sehat dalam lingkungan yang terkendali.  Semakin Anda melawan kecemasan, semakin cepat Anda terlepas dari rasa cemas. Lakukan apa yang Anda inginkan tanpa merugikan orang lain seperti mencorat coret kertas atau kanvas, berlatih tinju dan apapun.

2.     Tambahkan Aktivitas

Saat sedang cemas, mungkin Anda berpikir bahwa olahraga tidak berguna.  Padahal, olahraga justru akan membuat Anda semakin cepat menghilangkan rasa cemas tersebut. Aktivitas fisik meningkatkan kadar endorfin dan serotonin sehingga tubuh merasa lebih ringan.

Saat tubuh merasa ringan, Anda akan memiliki sudut pandang yang lebih jernih. Olahraga juga dapat mengalihkan pikiran dari masalah.  Lakukan minimal tiga puluh menit aktivitas fisik, meskipun ringan, selama  tiga sampai lima hari seminggu maka Anda pun akan merasakan hasilnya.

3.     Lupakan Kafein

Memang, secangkir kopi, cokelat, atau teh cukup ampuh dalam mengatasi rasa cemas. Namun, jika kafein adalah pilihan utama, maka Anda salah langkah.  Kafein dapat memberi sentakan pada sistem saraf yang dapat meningkatkan tingkat energi.

Namun saat Anda berada di bawah tekanan, justru kegugupan dapat memicu serangan kecemasan. Anda cukup mengonsumsi kopi menjadi satu atau dua cangkir sehari. Pilih minuman yang lebih sehat seperti jus atau teh herbal yang tidak mengandung kafein untuk menjaga tubuh Anda supaya selalu sehat.

4.     Tidur Cukup atau Sedikit Lebih

Banyak workaholic yang bangga dengan jam tidur kurang dari enam jam. Padahal, hal ini justru akan merugikan mereka.  Apapun kondisi Anda, manusia membutuhkan tidur supaya organ tubuh berfungsi dengan baik.

Perlu diketahui bahwa kurang tidur dalam jangka waktu lama justru membuat seseorang mengalami kecemasan lebih parah. Bantulah diri Anda sendiri untuk tetap sehat dan tidak cemas. Anda tidak hanya membuat tubuh lebih sehat dan bangun dengan lebih bugar.

Sulit tidur dapat diatasi dengan mengisi waktu dengan kegiatan yang menarik seperti membaca buku atau yoga sebelum tidur. Hindari obat tidur karena Anda justru menambah beban tubuh. Minumlah susu hangat sebelum tidur sehingga tubuh menjadi rileks.

5.     Makan Teratur

Tidak sedikit orang yang makan lebih banyak saat cemas. Namun, ada juga beberapa orang yang tidak nafsu makan saat sedang cemas. Padahal, keduanya harus sama-sama dihindari. Gula darah turun saat Anda tidak makan dimana hal ini menyebabkan pelepasan hormon stres yang disebut kortisol.

5 Cara Mengatasi Rasa Cemas Tanpa Efek Samping
Ilustrasi

Namun, bukan berarti semua harus dimakan.  Hindari makanan manis dan makanan instan. Konsumsi protein tanpa lemak, buah-buahan, sayuran, dan lemak sehat. Makanlah lebih sering dengan porsi kecil sehingga Anda tidak akan mengudap makanan ringan yang mengandung gula atau garam tinggi.

Banyak orang memilih untuk berobat secara medis dalam mengatasi rasa cemas. Beberapa jenis obat dapat meredakan kecemasan kendati tidak akan tahan lama.  Justru, efek samping menghantui seperti ketidaknyamanan, rasa lapar berlebihan dan dada berdebar-debar.