Teknologi

7 Cara Meningkatkan Keamanan Siber Perusahaan

×

7 Cara Meningkatkan Keamanan Siber Perusahaan

Sebarkan artikel ini
7 Cara Meningkatkan Keamanan Siber Perusahaan
7 Cara Meningkatkan Keamanan Siber Perusahaan

Keamanan siber perusahaan harus terus terpantau demi melindungi bisnis dari berbagai kerugian yang dapat di timbulkan oleh serangan hacker.

Pasalnya Semakin banyak perusahaan yang menggunakan teknologi digital untuk mengelola bisnisnya, jumlah serangan siber yang dilakukan oleh hacker juga semakin meningkat.

Adapun langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk melindungi data sensitif perusahaan Anda adalah dengan meningkatkan kesadaran keamanan sambil memahami risiko yang dapat ditimbulkan oleh serangan dunia maya.

Sekarang jenis malware terus berkembang pesat. Hacker pun terus meningkatkan kemampuannya dalam melakukan serangan mulai dari phishing dan DDoS.

Di sisi lain, jika sebuah perusahaan tidak menerapkan semacam strategi keamanan dunia maya, itu menjadi sasaran empuknya.

Harus di ingat, perusahaan harus memperhatikan cybersecurity tidak hanya untuk melindungi data sensitif yang mereka miliki tetapi juga untuk melindungi data pelanggan.

Hal ini tidak serta merta karena etika bisnis tetapi juga di jelaskan dalam Peraturan Pemerintah Indonesia. Perusahaan Anda dapat di kenakan sanksi atau tindakan hukum jika Anda tidak melindungi data Anda dengan baik.

Mengingat hal itu, berikut adalah 7 cara meningkatkan keamanan siber yang harus dipantau oleh perusahaan jika  ingin melindungi aset bisnis dengan baik.

Cara Meningkatkan Keamanan Siber Perusahaan

Keamanan siber merupakan sebuah praktik untuk melindungi komputer, perangkat seluler, sistem elektronik, dan jaringan dari serangan dunia maya yang membahayakan.

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat dipertimbangkan untuk membantu menerapkan strategi Keamanan siber perusahaan Anda.

1. Perhatikan Tingkat Kesiapan Perusahaan

Perusahaan harus menyadari berbagai risiko yang mungkin terjadi. Untuk menghindari serangan siber yang tidak terprediksi ini Anda harus meningkatkan tingkat kesiapan. Hal ini penting di lakukan untuk memastikan keamanan bisnis.

Perlu Anda ketahui bahwa jumlah serangan dunia maya telah meningkat selama beberapa tahun terakhir. Jika sebuah perusahaan tidak mampu melindungi bisnisnya, kemungkinan besar akan menjadi korban pelanggaran data yang dapat merusak reputasinya dan menyebabkan kerugian finansial.

Bukan hanya itu, perusahaan juga membutuhkan tingkat kesiapan yang baik untuk tetap aman dari serangan siber.

2. Mendeteksi Perangkat Yang Tidak Di Kenal Di Jaringan Internal

Adanya perangkat atau data yang tidak di kenal pada jaringan internal dapat menjadi sebuah ancaman bagi keamanan sebuah perusahaan.

Harus Anda ketahui jika setiap workstation dari berbagai jenis usaha, baik itu rumah sakit, bank atau sejenisnya, bisa juga untuk menyimpan berbagai data penting. Kehadiran perangkat yang tidak dikenal pasti akan membahayakan data bisnis Anda.

Oleh karena itu, perusahaan harus secara teratur mendeteksi perangkat yang tidak dikenal di jaringan internal mereka. Selain itu, perusahaan juga harus mengambil langkah-langkah keamanan untuk melindungi diri mereka sendiri.

3. Perhatikan Upaya Penyusupan

Untuk melindungi perusahaan dari pelanggaran data, perusahaan harus menghindari upaya infiltrasi oleh hacker. Karena iu ada beberapa strategi keamanan siber untuk perusahaan yang bisa Anda terapkan seperti :

  • memantau jaringan untuk upaya penyusupan.
  • memiliki strategi untuk menangani respons insiden.
  • melakukan analisis ancaman dunia maya yang rinci.
  • memastikan tidak ada kerentanan dalam sistem jaringan.

4. Periksa Waktu Rata-Rata Untuk Mendeteksi Dan Merespons

Memeriksa waktu rata-rata untuk mendeteksi dan merespon harus di lakukan. Hal ini perlu di perhatikan karena waktu deteksi dan respons yang lama dapat memberi banyak waktu bagi hacker untuk menggali sistem lebih dalam.

Ada banyak alasan mengapa keamanan siber membutuhkan waktu lama untuk mendeteksi dan merespon adanya virus yang menyerang data. Salah satunya karena kurangnya tenaga kerja atau sumber daya.

5. Perhatikan Sertifikat Ssl Yang Tidak Di Konfigurasi Dengan Benar

Jika perusahaan sedang mempertimbangkan untuk menggunakan jasa pembuatan website, maka Anda harus memperhatikan penggunaan sertifikat SSL yang benar. Memakai sertifikat SSL merupakan cara paling umum untuk menjaga situs web Anda dari hacker.

Sertifikat ini mengenkripsi data antara situs dan pengunjung, dan mencegah pihak ketiga mengakses informasi tersebut.

Akan tetapi, Jika sertifikat SSL tidak di gunakan dengan baik dan benar, data yang di kirim tidak akan dienkripsi dengan benar juga. Ini pada akhirnya dapat menyebabkan masalah pelanggaran data.

6. Periksa kerentanan keamanan dalam sistem

Perusahaan juga harus secara rutin melakukan uji penetrasi untuk mengetahui apakah ada kerentanan keamanan pada sistem atau jaringan yang mereka gunakan.

Anda juga harus tahu, setiap kerentanan keamanan dalam sistem mudah dieksploitasi oleh hacker. Jadi Anda juga harus berhati-hati sekaligus mencari solusi untuk menambal kerentanan keamanan yang Anda temukan.

Untuk membantu menerapkan langkah-langkah keamanan siber perusahaan ini, Anda dapat menggunakan layanan pengujian penetrasi kami.

Dengan menggunakan layanan ini, tim keamanan IT akan melakukan pengujian rutin untuk menilai tingkat keamanan siber pada sistem yang digunakan. Mereka juga akan memberi Anda saran terbaik untuk menambal kerentanan yang mereka temukan.

7. Implementasi Patch Keamanan

Tambalan atau tambalan keamanan adalah pembaruan yang dapat memperbaiki kerentanan keamanan yang di temukan di sistem atau software.

Ketika kerentanan keamanan ditemukan, perusahaan juga harus memasang tambalan keamanan segera setelah pengembang merilisnya. Jika tidak, sistem menjadi rentan terhadap serangan dunia maya yang dapat menyebabkan kerusakan parah.

Saat ini, kejahatan siber bukan hanya terjadi pada masyarakat akan tetapi juga bisa terjadi pada perusahaan dan pemerintah yang kini banyak menyimpan data dalam bentuk di gitalisasi.

Dampak Kejahatan Siber

Berikut beberapa dampak yang di akibatkan oleh kejahatan siber

Serangan Siber ​​Bisa Menghentikan Bisnis Anda

Pada dasarnya gangguan yang di sebabkan oleh siber bervariasi sifat dan cakupannya, mulai dari gangguan ringan hingga gangguan kegiatan usaha yang cukup parah.

Bukan hanya itu, beban kerja tim TI akan bertambah karena mereka harus fokus pada upaya pembersihan data dan memperbaiki sistem.

Reputasi Rusak

Serangan siber ini juga dapat menghancurkan kepercayaan para pelanggan, ,hilangnya kepercayaan pemegang saham, dan reputasi perusahaan secara menyeluruh.

Kerugian Yang Cukup Parah

Serangan siber bisa menyebabkan kerugian finansial yang sangat besar bagi bisnis. Kerugian ini dapat meningkatkan biaya operasional karena harus membayar sejumlah uang tebusan, dan mengurangi jumlah penjualan.

Hacker umumnya meminta uang tebusan terhadap perusahaan besar setelah data di ambil. Ini semua di sebut  virus ransomware, yaitu serangan malware yang bertujuan untuk mengunci perangkat komputer korban. Kemudian, hacker akan meminta uang tebusan untuk memulihkan akses yang di kunci tersebut.

Keamanan siber perusahaan juga harus menjadi hal yang penting untuk di prioritaskan. Selain untuk menjaga keamanan data sensitif perusahaan, hal ini juga penting untuk di lakukan demi menjaga reputasi bisnis Anda.

Beberapa strategi meningkatkan keberhasilan keamanan siber perusahaan di atas bisa Anda terapkan. Agar bisnis yang Anda geluti saat ini terpantau aman dan terhindar dari peretasan.