Artikel dan UlasanEkonomi & Bisnis

8 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil, Pas Untuk Ibu Rumah Tangga

×

8 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil, Pas Untuk Ibu Rumah Tangga

Sebarkan artikel ini
Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil
Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil – Bosan setelah mengerjakan pekerjaan rumah? Nah, bagi kamu yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, menjalankan bisnis merupakan salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa jenuh. Tertarik? Simak ulasannya ini sampai akhir, ya!

8 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

1. Menjadi Dropshipper

Ide bisnis rumahan pertama yang bisa kamu coba adalah menjadi dropshipper. Seperti yang di ketahui bersama, kini keberadaan e-commerce sangat memudahkan siapa saja untuk memulai bisnis, bahkan dari rumah sekalipun.

Dropshipper adalah jenis bisnis dimana kamu hanya menyalurkan barang dari distributor ke konsumen. Untuk menjadi dropshipper pun sangat mudah, kamu bisa melihat trend barang yang kamu ingin jual, lalu mulailah menawarkannya kepada orang-orang di sekitar kamu.

Dengan menjadi dropshipper, kamu tidak perlu khawatir mengenai stok dan pengiriman barang, ini semua karena semuanya di tangani langsung oleh supplier kamu. Bisnis dropshipper ini menawarkan keuntungan yangsangat besar karena kemudahan dan kepraktisan nya.

Jika kamu ingin memulainya, maka segera cari supplier terpercaya dengan harga murah agar barang yang kamu jual bisa bersaing di pasaran.

2. Buka Jasa Catering Rumahan

Apakah kamu termasuk para ibu rumah tangga yang suka memasak dan mampu memasak makanan yang cocok di lidah semua orang? Jika demikian, maka hal itu bisa kamu jadikan peluang bisnis.

Dengan menerapkan ide bisnis rumahan yang satu ini, kamu tidak perlu memikirkan repotnya membuka restoran. Ini semua karena kamu hanya perlu menyediakan menu makanan berat untuk kebutuhan prasmanan seperti nasi bungkus, kue, kue kering, dll.

Untuk menjalankan bisnis yang satu ini kamu bisa memanfaatkan dapur pribadi di rumahmu dan mulai mempromosikannya dengan menawarkan menu favorit melalui media sosial dan orang terdekat seperti teman dan keluarga.

3. Bisnis Frozen Food

Frozen food atau makanan beku menjadi penyelamat bgi mereka malas memasak. Nah, hal ini bisa akmu jadikan peluang bisnis lho! Makanan jenis ini tahan lama, sehingga kamu hanya perlu menyediakan kulkas untuk menyimpan dan menjaga suhu makanan beku yang kamu jual.

Jenis frozen food yang bisa kamu jual berupa nugget homemade, pempek, risoles, irisan ayam, daging giling, dan pisang coklat yang siap di goreng. Nah, usaha membuat dan menjual frozen food ini bisa menjadi ide usaha yang ideal untuk kamu yang sudah menjadi ibu rumah tangga karena mudah di kerjakan dan bisa di gabungkan dengan tugas rumah tangga lainnya.

4. Membuat Kerajinan

Jika kamu seorang ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan membuat kerajinan tangan dari barang-barang yang sudah tidak terpakai, mungkin ide bisnis rumahan ini adalah salah satu ide yang paling tepat.

Tidak ada salahnya mencoba bisnis kerajinan dengan menggunakan barang-barang yang sudah kamu miliki dan memberikan nilai tambah pada barang tersebut. Contoh kerajinan tangan yang bisa di buat antara lain kado, karangan bunga, boneka kain, dll.

Modal utama untuk bisnis apa pun adalah kreativitas. Kreativitas akan berkembang dan meningkat seiring berjalannya waktu jika terus menerus di asah. Apalagi di jaman sekarang kamu bisa mengembangkan kreativitas dan bakat kamu dengan belajar melalui internet.

5. Bisnis Tanaman

Saat ini, gaya hidup minimalis sedang populer dan banyak di perbincangkan di media sosial. Salah satu aspek terpenting dari gaya hidup minimalis adalah menanam tanaman di rumah agar rumah lebih segar dan enak di pandang mata.

Peluang ini bisa kamu gunakan sebagai ide bisnis rumahan lain yang patut kamu coba. Apalagi jika kamu adalah salah satu dari banyaknya pecinta tanaman hias si indonesia. Kamu bisa menjual tanaman hias yang sedang trend dan populer.

Selain menjualnya secara ecer, kamu juga bisa menjual tanaman secara grosir untuk dekorasi rumah atau kantor. Ide bisnis yang satu ini relatif mudah dan tidak memerlukan banyak modal karena beberapa bibit tanaman hias mudah di dapatkan dengan harga yang murah meriah.

6. Menjadi Make-Up Artist (Mua)

Bisnis MUA adalah salah satu ide bisnis yang paling menjanjikan, baik kamu ingin menggunakannya sebagai bisnis utama atau sebagai bisnis sampingan. Pasalnya, di jaman sekarang ini make-up merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi, terutama bagi para wanita.

Jasa MUA kini di nilai sangat penting dalam berbagai acara seperti wisuda, prewedding, pemotretan, fashion show, pernikahan, dan berbagai gathering lainnya. Jika kamu ingin memulai bisnis MUA ini, tentunya kamu harus memiliki keahlian atau setidaknya kamu harus pandai merias wajah.

Jika kamu belum memiliki keahlian tersebut, kamu bisa mengasahnya melalui kursus atau lokakarya MUA, hingga YouTube, Instagram, dan TikTok.

7. Buka Jasa Laundry

Ide bisnis rumahan ini juga cocok untuk kamu ibu rumah tangga yang sudah terbiasa dengan tumpukan cucian. Bisinis ini akan laku keras jika kamu membukanya di dekat lingkungan dengan pekerja atau mahasiswa yang sering tidak sempat mencuci baju.

Ada beberapa pilihan layanan laundry seperti laundry baju, laundry boneka, laundry sepatu, dan lainnya. Jasa laundry pada umumnya di bagi menjadi tiga pekerjaan yaitu mencuci saja, menyetrika saja, atau mencuci dan menyetrika.

Dengan begitu, kamu dapat melayani pelanggan kamu sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Untuk membuka usaha ini, pastikan harga jasa yang kamu tawarkan terjangkau dan tidak jauh dari harga pasaran, Ya.

8. Rempah-Rempah Siap Pakai

Bumbu siap pakai kini semakin banyak dicari, terutama oleh orang-orang sibuk yang tidak sempat mengolah bahan-bahan dapur. Bagi kamu yang memiliki banyak waktu, kesempatan ini bisa kamu manfaatkan dengan membuka usaha bumbu masak siap pakai dari rumah.

Untuk memasarkannya, kamu bisa memanfaatkan platform pemasaran digital, khususnya media sosial. Kamu dapat membuat konten yang berhubungan dengan memasak atau kamu juga bisa membagikan resep agar orang dapat menggunakan produk yang kamu jual.

Dari semua ide bisnis rumahan di atas, manakah yang ingin kamu coba? Kamu bisa membandingkan dan mempertimbangkan semua ide bisnis rumahan ini sebelum memulai nya. Modal yang di butuhkan untuk memulai usaha di atas juga relatif kecil. Selamat mencoba.