Berita

Antisipasi Kemacetan PT. ASDP Siapkan Skema Jelang Angkutan Lebaran 1445H/2024M

×

Antisipasi Kemacetan PT. ASDP Siapkan Skema Jelang Angkutan Lebaran 1445H/2024M

Sebarkan artikel ini

LAMPUNG SELATAN – Dalam menghadapi angkutan lebaran (Angleb ) 1445 Hijriah Tahun 2024 PT. ASDP Indonesia Ferry ( Persero ) cabang Bakauheni mulai menyiapkan segala sesuatunya baik sarana dan prasarana seperti pada tahun tahun yang lalu guna antisipasi kemacetan dan kelancaran angkutan lebaran 2024.

Hal itu di sampaikan langsung oleh pihak ASDP Cabang Bakauheni dihadapan para awak media Nasional maupun lokal dan jurnalis online di ruang VIP ASDP Bakauheni melalui GM PT ASDP Indonesia ferry cabang utama Bakauheni Capt. Rudi Sunarko. Rabu (20/03/2024)

Pada kesempatan itu General Manager (GM) ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni Capt. Rudi Sunarko didampingi Humas ASDP Bakauheni Syaiful Harahap menjelaskan, terkait antisipasi cuaca ekstrim yang sudah dilakukan oleh pihak perusahaan.

“Kita sudah berkoordinasi dengan stakeholder terkait baik dari unsur TNI maupun Polri dan terutama BMKG yang mana dengan prediksi dari BMKG kapan akan terjadi cuaca ekstrem, kita menyiapkan kompetensi serta alternatif lain,” ucapnya.

Selain itu terang Capt. Rudi, untuk penumpang tentunya kita siapkan dermaga yang aman dan Alhamdulillah untuk di Bakauheni ini kan kondisinya cukup baik, mulai dari dermaga 1 sampai 7, karena disini tertutup terlindungi oleh pulau-pulau di pelabuhan Bakauheni, nah tentunya ini yang nanti menjadi antisipasi di Merak misalnya terjadi cuaca ekstrim di dermaga eksekutif nanti akan bisa dipindahkan ke Dermaga lain, misalnya ke Dermaga 2 pada Dermaga 4 itu yang terlindung nanti penumpang bisa diarahkan ke sana.

“Kami akan menerapkan Delaying system’ dan Buffer zone. Untuk melayani, antisipasi penumpukan dan kemacetan dan secara umum kami yakin pelaksanaan arus mudik tahun ini dapat berjalan dengan lebih baik dari sebelumnya.” ungkapnya.

Saat dibincangi para kuli tinta terkait tiket expired (hangus), Capt. Rudi Sunarko menegaskan, bisa kita lihat Halo first Manager ada cuaca ekstrem ada tanah longsor banjir dan semuanya itu sudah tercover, jadi di SOP ferizy tentunya tadi akan kita ada kebijakan ada bisa refund atau nanti ada kebijakan tadi saya bilang bisa tetap menyeberang.

“Itu beda-beda macam-macam yang penting ada buktinya, biasanya seperti kecelakaan dan lain sebagainya Itu bisa tercover. Kecuali kalau memang datangnya telat itu tadi salah dari customer itu sendiri,” Ucapnya menegaskan.

Dalam pada itu imbuh GM, Capt Rudi Sunarko, bahwa PT. ASDP Cabang Bakauheni telah menyiapkan 63 kapal di Angleb 1445 Hijriah tahun 2024. Dermaga Kita siapkan 7 baik di Merak maupun di Bakauheni yaitu untuk Express di dermaga eksekutif, 6 kapal yang di operasikan. Sedangkan dermaga reguler kita siapkan 57 kapal.

“Nanti kalau ada tambahan Expres 2 ya mungkin ada perubahan lagi, dimana ekspress 2 saat ini yang masih dalam status uji coba,” tutup nya GM ASDP Bakauheni Capt. Rudi Sunarko menerangkan. (Rusdi)