BeritaEdukasiRagam

Antisipasi Kenakalan Remaja dan Balap Liar, Polres Situbondo Gencarkan Program Police Goes To School

×

Antisipasi Kenakalan Remaja dan Balap Liar, Polres Situbondo Gencarkan Program Police Goes To School

Sebarkan artikel ini
Police Goes To School
Police Goes to School digelar di SMAN 1 Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo, Kamis (16/11/2023). (doc. humas)

SITUBONDO – Antisipasi kenakalan remaja dan balap liar di kalangan pelajar, Polres Situbondo Polda Jatim menggelar program Police Goes to School. Unit Kamsel Satlantas turun ke sekolah-sekolah untuk memberikan edukasi agar para pelajar terhindar dari tindakan negatif atau melanggar hukum.

Kali ini program Police Goes to School digelar di SMAN 1 Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo, Kamis (16/11/2023). Kegiatan ini dalam rangka edukasi pelajar tentang pentingnya tertib berlalu lintas dan penekanan tentang larangan membawa kendaraan bagi pelajar yang masih dibawah umur serta mencegah aksi balap liar.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kasat Lantas AKP Yudho menyampaikan program Police Go To School ini memang rutin dilaksanakan sebagai upaya pre-emtif yang dilakukan oleh Satlantas Polres Situbondo sebagai upaya mencegah aksi balap liar yang rata-rata dilakukan oleh remaja atau pelajar.

Saat kegiatan Police Goes to School, Polisi menyampaikan sejumlah materi, antara lain soal ketentuan perundang-undangan. Seperti terkait perilaku etika berlalulintas di jalan raya, tindak kekerasan atau tawuran, aksi balap liar serta tata cara pengurusan SIM bagi yang sudah cukup umur.

“Dalam sosialisasi ini kami memberikan pendidikan para siswa-siswi untuk menjauhi hal yang melanggar hukum, tertib berlalu lintas dan sopan santun di jalan. Kalau belum punya SIM, para pelajar dilarang membawa kendaraan dulu,” ucap AKP Yudho.

Lebih lanjut, AKP Yudho mengimbau para pelajar atau pemuda disarankan tidak keluar rumah larut malam apabila tidak ada hal penting. Polres Situbondo dan Polsek Jajaran akan melakukan patroli untuk mengimbau para pelajar atau pemuda segera kembali ke rumah.

“Kami akan terus meningkatkan upaya preemtif dan preventif Kepolisian untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas seperti aksi balap liar, khususnya yang melibatkan para pelajar sekolah,” kata AKP Yudho.

Usai kegiatan pembinaan, Satlantas Polres Situbondo juga menyiapkan helm dan tas sekolah bagi siswa siswi yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar ataupun memberikan masukan-masukan kepada Kepolisian.

(*/Humas)